Nyeri Sendi Lutut

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu nyeri sendi lutut?

Nyeri sendi lutut adalah bagian dari gangguan muskuloskeletal.

Lutut adalah salah satu persendian terbesar dan paling rumit dalam tubuh. Sendi lutut menghubungkan antara tulang paha (femur) dengan tulang kering (tibia). Sendi lutut juga didukung oleh keberadaan tulang yang lebih kecil di samping tibia (fibula) dan tempurung lutut (patela).

Fungsi utama sendi lutut adalah sebagai poros sehingga rangka anggota gerak bawah tetap pada tempatnya dan kaki dapat bergerak fleksibel. Persendian lutut juga berfungsi untuk memberikan kestabilan dan menyokong berat tubuh manusia.

Nyeri sendi lutut bisa didefinisikan sebagai rasa sakit yang timbul pada satu atau beberapa area di persendian lutut akibat kerusakan, gangguan, atau masalah dari penggunaan repetitif, cedera, atau peradangan dalam tubuh.

Nyeri sendi lutut dapat membatasi gerakan tubuh dan mengganggu aktivitas harian Anda. Namun, masalah ini dapat diatasi dan dicegah dengan perawatan tertentu.

Seberapa umum masalah ini?

Nyeri sendi termasuk jenis sakit yang umum dan dapat terjadi pada setiap orang. Dilansir dari Hopkins Medicine, nyeri dapat berkaitan dengan penuaan, cedera (terkilir atau sobekan pada tulang rawan), dan tekanan berulang pada area lutut.

Pada kebanyakan kasus, nyeri hanya bertahan sementara dan terasa ringan sehingga dapat mereda sendiri. Ada pula beberapa kasus sakit sendi lutut yang termasuk nyeri kronis dan bertahan dalam waktu lama.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda dan gejala nyeri sendi lutut?

Nyeri sendi lutut adalah keluhan sakit yang muncul pada salah satu atau beberapa area lutut Anda.

Gejala yang bisa dirasakan di antaranya adalah:

  • Sakit atau nyeri lutut yang parah.
  • Kulit di sekitar area lutut menjadi kemerahan.
  • Lutut terasa hangat saat disentuh.
  • Merasa tidak mampu untuk meluruskan lutut sepenuhnya.

Intensitas nyeri dapat diperburuk oleh gerakan, tekanan, serta daya tahan tubuh saat melakukan aktivitas tertentu yang membuat persendian lutut menjadi semakin stres.

Sakit sendi lutut dapat juga dikaitkan dengan gejala seperti kekakuan dan/atau pembengkakan pada persendian yang terdampak.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Apabila Anda sudah mengalami gejala di atas dan aktivitas terhambat, tidak ada salahnya untuk pergi ke dokter.

Lalu, apabila gejala sakit sendi lutut yang dirasakan masih bertahan setelah satu minggu, sudah saatnya untuk dievaluasi oleh dokter sesegera mungkin.

Penyebab

Apa penyebab nyeri sendi lutut?

Ada beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab sendi lutut sakit, yaitu proses penuaan, cedera, atau tekanan berulang.

Namun, nyeri lebih umum disebabkan oleh cedera yang memengaruhi ligamen, bursae, atau tendon yang mengelilingi sendi lutut.

Cedera pada persendian lutut dapat merujuk pada kondisi:

Bursitis lutut

Cedera yang berdampak pada bursae (pelumas dan bantalan di sekitar sendi) dapat memicu peradangan pada persendian lutut.

Peradangan pada bursae disebut dengan bursitis. Hal ini dapat membuat tendon serta ligamen yang berada di atas persendian lutut jadi longgar kemudian bergeser.

Patellar tendinitis

Patellar tendinitis adalah peradangan akibat cedera pada tendon yang menghubungkan tempurung lutut (patella) ke tulang kering.

Tendon itu sendiri merupakan jaringan tebal berserat yang mengikat otot pada tulang di area lutut.

Loose body

Loose body adalah penyebab nyeri sendi lutut yang dipicu oleh cedera atau degenerasi pada tulang rawan.

Hal ini mengakibatkan potongan tulang atau tulang rawan pecah dan melayang di area persendian lutut sehingga menimbulkan nyeri saat digerakkan.

Dislokasi lutut

Dislokasi pada lutut dapat mebuat sendi terasa sakit.

Dislokasi adalah istilah yang menggambarkan pergeseran tulang dari sendi atau posisi seharusnya. Dalam beberapa kasus, tempurung lutut juga dapat bergeser.

Dislokasi lutut dapat mengganggu aliran darah ke kaki serta masalah lainnya. Kondisi ini merupakan keadaan darurat yang membutuhkan perawatan segera.

Kondisi medis terkait peradangan yang menjadi penyebab nyeri sendi lutut adalah:

Rheumatoid arthritis (rematik)

Rematik adalah bentuk arthritis (radang sendi) yang paling melemahkan.

Peradangan khas rematik tidak hanya dapat menyebabkan nyeri pada sendi lutut, tapi hampir semua persendian di tubuh.

Osteoarthritis lutut

Osteoarthritis lutut adalah pengapuran sendi yang terjadi akibat kerusakan pada tulang rawan yang seharusnya melindungi ujung-ujung tulang yang terhubung di persendian lutut.

Arthritis infeksi

Arthritis infeksi atau arthritis septik adalah infeksi yang terjadi di dalam sendi, menyebabkan bengkak dan nyeri. Infeksi pada persendian lutut juga dapat menyebabkan demam.

Anda memerlukan perawatan sesegera mungkin karena kondisi ini dapat merusak sendi. Anda mungkin juga membutuhkan operasi penggantian sendi.

Asam urat

Asam urat adalah peradangan yang terjadi ketika kristal asam urat menumpuk di area sendi Anda.

Walaupun kondisi paling umumnya terjadi di bagian jempol kaki, kondisi ini juga dapat terjadi di lutut.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko sendi lutut terasa sakit?

Sendi lutut merupakan salah satu sendi yang paling kuat dan paling penting di tubuh manusia. Kendati demikian, bukan berarti persendian lutut kebal terhadap gangguan.

Ada beberapa faktor risiko yang membuat Anda merasakan nyeri pada persendian lutut, yaitu:

  • Cedera di area lutut yang pernah dialami sebelumnya.
  • Terlalu sering menggunakan lutut untuk gerakan berulang, misalnya berlari, melompat, atau kondisi bekerja. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rawan yang berujung rasa sakit pada sendi.
  • Obesitas atau berat badan berlebih bisa memberikan tekanan pada area tubuh Anda, termasuk pada sendi lutut yang menopang berat Anda.
  • Kurangnya fleksibilitas dan kekuatan otot. Hal ini dapat meningkatkan risiko cedera lutut yang berujung pada nyeri sendi lutut. Apalagi, otot yang kuat dapat membantu menstabilkan dan melindungi persendian Anda.
  • Stres juga dapat menjadi penyebab terjadinya peradangan pada tubuh yang membuat sakit di bagian sendi lutut.

Diagnosis & pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana cara dokter mendiagnosis nyeri sendi lutut?

Saat Anda bertemu dengan dokter, yang pertama kali akan dicek adalah riwayat gejala yang berhubungan dengan nyeri sendi.

Sebaiknya Anda mendiskusikan secara rinci kegiatan apa saja yang dilakukan sebelum rasa sakit terjadi, berapa lama, seberapa parah, serta apa saja yang sudah dilakukan untuk mengatasi sebagai pertolongan pertama.

Setelah pemeriksaan, pengujian lain yang akan dilakukan seperti memeriksa stabilitas lutut, ligamen, juga mengevaluasi apabila terjadi pembengkakan. Jika diperlukan adalah tes darah, rontgen, sampai MRI.

Apa saja pilihan pengobatan untuk sakit sendi lutut?

1. Obat pereda sakit

Apabila penyebab nyeri sendi lutut tidak juga mereda, ada kemungkinan Anda diberikan resep obat pereda sakit.

Biasanya, obat yang akan diberikan merupakan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen. Selain itu, Anda pun juga dapat mencoba relaksan otot untuk mengurangi ketegangan otot di sekitar sendi.

2. Terapi fisik

Anda juga bisa dianjurkan mengikuti sesi terapi fisik untuk memperkuat otot di sekitar lutut agar menjadi lebih stabil.

Kunjungi ahli terapi yang tepat untuk menghindari cedera dan bertambahnya rasa sakit pada sendi.

3. Injeksi

Menyuntikkan obat langsung pada area sendi lutut juga dapat membantu meredakan rasa sakit. Suntikan kortikosteroid dapat membantu meredakan sakit sendi lutut.

4. Operasi

Apabila cedera pada persendian cukup serius, ada kemungkinan perawatan yang dilakukan adalah operasi.

Beberapa pilihan operasi yang mungkin akan dilakukan adalah bedah lutut atroskopi, penggantian lutut parsial, sampai penggantian lutut total.

Dalam prosedur penggantian lutut total, lutut akan diganti dengan sendi buatan.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi lutut sakit?

  • Beristirahatlah dari aktivitas normal yang biasa Anda lakukan untuk mengurangi ketegangan berulang pada nyeri atau sakit lutut sekaligus mencegah kerusakan lebih lanjut.
  • Mengompres dengan es untuk mengurangi rasa sakit juga peradangan pada sendi lutut. Cukup digunakan selama 20 menit untuk mencegah kerusakan pada saraf.
  • Meninggikan posisi lutut Anda dengan meletakkan bantal di bawah lutut saat beristirahat.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

8 Vitamin yang Efektif Meredakan Nyeri Sendi

Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meredakan nyeri sendi. Cari rekomendasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers 17/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Macam-Macam Penyebab Nyeri pada Sendi Kaki dan Cara Mengatasinya

Ketika sendi kaki terasa nyeri, aktivitas Anda pasti sangat terganggu. Jangan remehkan sakit pada sendi kaki. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 05/04/2020 . Waktu baca 8 menit

4 Penyebab Sendi Tangan Nyeri, dan Cara Ampuh Mengatasinya

Hati-hati, peradangan atau cedera pada tangan bisa mengakibatkan nyeri sendi. Cari tahu penyebab dan cara mengatasi rasa sakit pada sendi tangan di sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 31/03/2020 . Waktu baca 8 menit

10 Pilihan Obat untuk Mengatasi Nyeri Sendi, dengan Atau Tanpa Resep Dokter

Merasa cukup terganggu dengan nyeri sendi belakangan ini? Apabila sudah tidak tahan, minum obat penghilang sakit dapat membantu meredakan nyeri sendi Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Nyeri Kronis, Health Centers 09/02/2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi nyeri sendi

6 Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . Waktu baca 6 menit
sendi rahang sakit

Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . Waktu baca 6 menit
nyeri sendi bahu

6 Penyebab Nyeri Sendi Bahu dan Cara Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020 . Waktu baca 7 menit
gejala nyeri sendi

7 Gejala Umum dari Nyeri Sendi, dan yang Muncul Khas Sesuai Penyakit Penyebab

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18/04/2020 . Waktu baca 8 menit