Lutut Keseleo

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . 1 menit baca
Bagikan sekarang

Definisi

Apa itu lutut keseleo?

Sendi lutut merupakan sendi engsel karena gerakannya ke arah depan dan belakang, dan tidak memungkinkan bergerak ke arah lain. Ligamen adalah jaringan fibrosa kuat yang menghubungkan tulang dengan tulang. 

Dua ligamen yang kuat membuat engsel ini stabil: ligamen kolateral medial dan lateral (MCL dan LCL). Di antara persendian, dua atau lebih ligamen saling menyilang satu sama lain dan menempel pada salah satu ujung tulang paha dan tulang kering pada ujung yang lain, yang disebut ligamen krusiatum anterior dan posterior (ACL dan PCL). 

Lutut keseleo atau terkilir mengacu pada ligamen yang robek atau meregang, jaringan yang menyatukan tulang. Jika Anda mengalami lutut keseleo, struktur di dalam sendi lutut yang menghubungkan tulang paha ke tulang kering terluka. 

Lutut terkilir terasa sakit dan dapat menyebabkan masalah lain seiring dengan berjalannya waktu, termasuk radang sendi. 

Dikutip dari Harvard Health Publishing, lutut terkilir dibedakan menjadi tiga tahap, yaitu:

  • Tahap I (ringan). Cedera ini membuat ligamen meregang, sehingga menyebabkan robekan mikroskopis. Luka ini tidak terlalu memengaruhi kemampuan keseluruhan sendi lutut untuk menopang berat badan Anda. 
  • Tahap II (sedang). Ligamen sebagian sobek dan Anda akan merasa lutut tidak stabil ringan sampai sedang, saat berdiri atau berjalan. 
  • Tahap III (berat). Ligamen robek sepenuhnya atau terpisah pada ujung tulang, sehingga lutut menjadi tidak stabil. 

Ketika satu ligamen lutut mengalami keseleo yang serius, besar kemungkinan bagian lutut lainnya juga terluka. Misalnya, karena MCL membantu melindungi ACL dari tekanan pada lutut, ACL dapat menjadi rentan terhadap cedera ketika MCL robek.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Lutut keseleo adalah penyakit umum bagi mereka yang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Hal ini dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala lutut keseleo?

Gejala paling khas dari kondisi ini adalah munculnya nyeri di area lutut. Nyeri ini juga seringkali disertai dengan pembengkakan dan memar di sekitar lutut. Lutut Anda juga mungkin terasa goyah, dan keluar suara “krek” dari lutut saat digerakkan.

Kemungkinan terdapat beberapa tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran terhadap gejala tertentu, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang tercantum di atas atau memiliki pertanyaan lain, silakan konsultasikan dengan dokter Anda. Tubuh setiap orang berbeda-beda. Selalu diskusikan dengan dokter untuk menangani masalah Anda.

Penyebab

Apa penyebab lutut keseleo?

Kondisi ini terjadi ketika ligamen di sekitar lutut terlalu meregang bahkan robek. Kerusakan pada ligamen kolateral dapat terjadi ketika lutut bergerak ke arah yang berlawanan. Kerusakan pada ligamen krusiatum dapat terjadi ketika sendi lutut terpelintir atau terbentur secara langsung.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk lutut keseleo?

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko Anda mengalami kondisi ini di antaranya:

  • Kurang perawatan. Kurangnya perawatan terhadap kesehatan tubuh dapat membuat otot Anda lemah dan kemungkinan lebih besar untuk mengalami cedera.
  • Kelelahan. Otot yang lelah tak bisa menyediakan support yang baik bagi sendi Anda. Ketika Anda lelah, Anda juga akan lebih mungkin mengalami cedera yang menekan sendiri atau meregangkan otot terlal jauh.
  • Pemanasan yang tidak tepat. Pemanasan yang tepat sebelum berolahraga akan mengendurkan otot dan meningkatkan jangkauan gerak sendi, membuat otot-otot meregang dan terhindar dari cedera.
  • Lingkungan. Permukaan yang licin atau tidak rata berpeluang lebih besar untuk membuat Anda cedera
  • Perlengkapan yang tidak sesuai. Sepatu yang tidak pas, serta peralatan olahraga lainnya yang kurang terpelihara dapat meningkatkan risiko terkilir.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk lutut keseleo?

Pengobatan yang dilakukan tergantung pada tingkat keparahannya. Salah satu jenis pengobatan adalah dengan kompres dingin di bagian yang bengkak dan membalutnya dengan kain. Angkat kaki Anda (usahakan lebih tinggi dari posisi jantung) dan letakkan pada bantal lembut sehingga membantu meredakan bengkak.

Kemungkinan dokter akan memberikan resep obat anti-peradangan (NSAID) seperti ibuprofen dan naproxen untuk mengatasi rasa nyeri dan bengkak. Lutut Anda juga mungkin akan dibungkus oleh perban elastis.

Anda perlu menggunakan tongkat agar dapat berjalan tanpa merasakan nyeri. Olahraga juga dapat mengurangi kekakuan pada sendi. Kemungkinan dokter akan menyarankan Anda memakai brace di lutut untuk mengontrol gerakan sendi. Pembedahan diperlukan apabila cedera yang dialami begitu parah hingga membuat ligamen robek.

Masa pemulihan dapat berlangsung antara 2 hingga 3 bulan atau bahkan lebih. Masa pemulihan penuh bisa mencapai 2 hingga 3 minggu untuk cedera ringan. Cedera yang parah bisa mencapai 6 minggu atau lebih. Pemulihan akan lebih lambat jika Anda tetap berolahraga atau melakukan kegiatan lain yang dapat menekan sendi.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk mendiagnosis kondisi ini?

Dokter akan membuat diagnosis dengan memeriksa lutut, menggerakkannya ke arah yang berbeda-beda dan memeriksa ligamen. Dokter juga akan menggunakan sinar-X dan Magnetic Resonance Imaging (MRI) terhadap lutut. Kemungkinan dokter akan mengambil cairan dari lutut dengan jarum untuk kasus lutut yang sangat bengkak. Hal ini dapat meringankan rasa sakit dan membantu pembuatan diagnosis.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi lutut keseleo?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi lutut yang terkilir.

  • Ikuti instruksi dokter terkait cara perawatan kaki selama cedera.
  • Jika rasa sakit dan bengkak tak kunjung mereda, segera cek kondisi Anda ke dokter.
  • Hindari melakukan olahraga atau aktivisik berat untuk sementara waktu atau sampai kondisi Anda sembuh. Setelah merasa lebih baik, Anda boleh memilih olahraga tertentu yang tergolong ringan.
  • Gunakan teknik pemanasan yang aman untuk membantu mengurangi risiko cedera lutut

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    7 Gejala Umum dari Nyeri Sendi, dan yang Muncul Khas Sesuai Penyakit Penyebab

    Ketika persendian Anda cedera, gejala yang paling pertama muncul adalah nyeri sendi. Namun, nyeri sendi juga bisa jadi gejala suatu penyakit.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 18/04/2020 . 8 menit baca

    8 Vitamin yang Efektif Meredakan Nyeri Sendi

    Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meredakan nyeri sendi. Cari rekomendasinya di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Nyeri Kronis, Health Centers 17/04/2020 . 6 menit baca

    Macam-Macam Penyebab Nyeri pada Sendi Kaki dan Cara Mengatasinya

    Ketika sendi kaki terasa nyeri, aktivitas Anda pasti sangat terganggu. Jangan remehkan sakit pada sendi kaki. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 05/04/2020 . 8 menit baca

    4 Penyebab Sendi Tangan Nyeri, dan Cara Ampuh Mengatasinya

    Hati-hati, peradangan atau cedera pada tangan bisa mengakibatkan nyeri sendi. Cari tahu penyebab dan cara mengatasi rasa sakit pada sendi tangan di sini!

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Gangguan Muskuloskeletal, Health Centers 31/03/2020 . 8 menit baca

    Direkomendasikan untuk Anda

    cedera olahraga

    10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 11/06/2020 . 8 menit baca
    mengatasi nyeri sendi

    6 Cara Mengatasi Nyeri Sendi di Rumah

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . 6 menit baca
    sendi rahang sakit

    Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 23/04/2020 . 6 menit baca
    nyeri sendi bahu

    6 Penyebab Nyeri Sendi Bahu dan Cara Mengobatinya

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 21/04/2020 . 7 menit baca