1. Definisi

Apa itu keracunan bahan yang tidak membahayakan?

Ini terjadi jika anak Anda menelan benda atau zat tertentu yang tidak berbahaya bagi tubuh. Beberapa contohnya adalah lilin, kapur, krayon, pena pulpen, tinta spidol, isi pensil (batangan grafit), makanan kucing atau anjing, kotoran kucing, debu, sabun, body lotion, lipstik, petroleum jelly, shampo, krim cukur, butiran silika, losion tabir surya, dan pasta gigi.

Anak-anak biasanya suka mengunyah koran, namun tidak menelannya. Pada umumnya, tinta kertas koran tidak membahayakan tubuh, terkecuali jika sebagian pewarna pada tinta terbuat dari zat-zat berbahaya. Namun percayalah, sesekali mengunyah koran tidak akan mendatangkan masalah serius.

Apa tanda dan gejalanya?

Kebayakan substansi yang tidak boleh dimakan tidak akan menunjukkan gejala apapun setelah dicerna tubuh.

2. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Konsultasikan dengan dokter untuk langkah penanganan selanjutnya.

Kapan saya harus ke dokter?

Sebaiknya segera hubungi bantuan medis terdekat atau hubungi 112.

3. Pencegahan

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keracunan dan menghindarkan diri dari situasi di mana anak memasukkan benda-benda yang bukan makanan ke dalam mulutnya.

  • Simpan dan jauhkan obat-obatan dan zat kimia lainnya dari jangkauan anak-anak, terutama pembersih toilet, pengilap mebel, obat-obatan, dan insektisida. Produk-produk ini adalah penyebab keracunan paling umum dan berbahaya.
  • Simpan dan jauhkan minuman alkohol dari jangkauan anak-anak. Minuman beralkohol, walaupun hanya 100 ml dapat menyebabkan akibat fatal pada anak berusia 2 tahun. Penting untuk diingat: obat kumur pada umumnya mengandung 15-25% alkohol.
  • Segel atau tutup rapat setiap obat setelah digunakan, dan ingat untuk selalu perhatikan takaran pemberian dosis sebelum menggunakan.
  • Jangan biarkan obat di tempat-tempat umum yang mudah dijangkau saat Anda sedang tidak memperhatikannya.
  • Jangan simpan obat dalam tas, karena anak sering mengaduk-aduk tas Anda untuk mencari permen atau cokelat. Saat Anda sedang menerima tamu, simpan tas atau dompet jauh dari jangkauan anak.
  • Selalu baca label produk dengan teliti sebelum menggunakannya. Pastikan obat tersebut adalah obat yang tepat untuk anak Anda dan Anda menakar dosis dengan tepat. Jangan berikan dosis saat gelap atau mati lampu.
  • Pelajari setiap tanaman rumah dan mana saja yang dapat menyebabkan keracunan (muntah atau diare) saat dikonsumsi. Ajarkan anak Anda untuk tidak sembarangan menaruh rumput, daun, biji-bijan, atau buah dari tanaman langsung ke dalam mulut.
  • Jangan simpan cairan kimia dalam botol minuman soda atau minyak dan bahan bakar lainnya ke dalam tempat atau botol bekas makanan dan minuman.
  • Terkadang, anak memasukkan benda ke dalam mulutnya akibat rasa ingin tahunya. Anda tidak bisa hanya memberi tahu anak untuk tidak sembarangan memasukkan benda apapun dalam mulut. Untuk mencegah keracunan, orangtua juga harus siap sedia dalam mengawasi di mana anak bermain dan apa yang sedang mereka lakukan.
Yang juga perlu Anda baca