Kapan Ibu Hamil Bisa Mulai Merasakan Tendangan Bayi di Perut?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Mengikuti perkembangan janin dari waktu ke waktu adalah hal yang paling menyenangkan bagi calon orangtua, khususnya ibu. Ibu dapat mengetahui dan merasakan sendiri perkembangan janin yang dikandungnya, salah satu tandanya adalah tendangan bayi. Sebenarnya, kapan sih ibu dapat merasakan tendangan bayi untuk pertama kalinya? Apakah semua janin akan menendang perut ibunya dari dalam kandungan?

Kapan saya akan merasa tendangan bayi?

Merasakan tendangan bayi untuk pertama kali bisa menjadi hal yang paling menyenangkan bagi ibu. Ketika itu, ibu dapat merasakan bayinya tumbuh dan berkembang di dalam kandungannya.  Tendangan bayi dapat Anda rasakan pertama kalinya ketika kehamilan memasuki usia 16-25 minggu.

Namun jika ini adalah kehamilan pertama Anda, maka bisa jadi Anda barus dapat merasakan tendangan kaki mungil janin ketika memasuki usia kehamilan sekitar 25 minggu. Sementara,  bila Anda sudah pernah hamil sebelumnya, Anda sudah bisa merasakan tendangan dari si bayi sejak minggu ke 13 usia kehamilan.

Cobalah untuk diam sesaat, Anda bisa duduk atau tidur dengan nyaman, kemudian Anda akan dapat merasakan dengan jelas tendangan bayi di perut.

Seperti apa rasanya tendangan bayi saat di dalam kandungan? Apakah sakit?

Tentu, Anda tidak akan merasakan sakit ketika ditendang oleh bayi yang Anda kandung. Sebagian besar ibu hamil yang ditanyakan mengenai seperti apa rasanya tendangan bayi tersebut menyatakan bahwa rasanya seperti ada kupu-kupu di dalam perut, menimbulkan sensasi geli di dalam perut.

Atau Anda pernah membuat popcorn di rumah? Bagi sebagian ibu, tendangan bayi di dalam kandungannya seperti popcorn yang sedang meletup-letup.

kehamilan minggu 7

Seberapa sering saya akan merasakan tendangan tersebut?

Saat memasuki trimester pertama, mungkin Anda akan jarang merasakan sensasi ini. Namun seiring dengan pertumbuhan serta perkembangannya, pada timester kedua tendangan bayi akan lebih sering dan bahkan lebih kuat dari sebelumnya. Sedangkan pada trimester ketiga, diketahui bahwa bayi yang ada di dalam kandungan dapat melakukan pergerakan sebanyak kurang lebih 30 kali per jam.

Bahkan, jika Anda perhatikan, mungkin bayi Anda memiliki jam khusus untuk bergerak. Biasanya, janin akan banyak bergerak antara pukul 9 malam hingga 1 pagi, ketika waktu tidur Anda. banyaknya gerakan yang terasa ini bisa jadi disebabkan oleh perubahan kadar gula darah Anda saat itu.

Apa yang terjadi jika tidak merasakan tendangan bayi dari dalam kandungan?

Bila Anda sudah memasuki minggu ke -25 usia kehamilan dan tak merasakan apapun pada perut Anda, maka Anda tak perlu panik dan cemas. Hal ini bukan berarti janin tidak tumbuh dan berkembang.

Dalam beberapa kasus, bayi akan jarang bergerak dibandingkan dengan bayi lainnya. Oleh karena itu, hal ini bukanlah sesuatu yang buruk. Bisa juga, bayi Anda sedang tertidur di dalam kandungan sehingga tidak melakukan gerakan apapun.

Anda akan merasakan gerakan bayi, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Anda. Saat bayi di dalam kandungan telah bergerak secara teratur dan kemudian Anda tak merasakan gerakan apapun selama 2 jam, atau gerakannya melambat tiba-tiba, maka sebaiknya Anda segera periksakan kehamilan Anda ke dokter.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kapan Waktu Terbaik untuk Kontrol Kandungan Selama Pandemi COVID-19?

Pemeriksaan kehamilan amatlah penting. Di sisi lain, pemeriksaan kehamilan selama pandemi COVID-19 membuat ibu rentan tertular. Apa yang harus ibu lakukan?

Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 29/04/2020

6 Makanan Bergizi untuk Memperkuat Kandungan

Selain sehat untuk ibu, berbagai makanan ini juga dapat memperkuat janin dalam kandungan agar masa kehamilan tetap lancar.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Aturan Menjalankan Puasa yang Aman Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang sehat diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa, namun harus lebih diperhatikan nutrisinya. Bagaimana cara menjalankan puasa saat hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 25/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

hamil setelah keguguran

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
puasa bagi ibu hamil

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020
gangguan makan ibu hamil

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 12/05/2020