Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 41

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 41 minggu?

Bayi Anda kini sudah seukuran buah nangka, dengan panjang lebih dari 50 cm dan berat 3,6 kg. Seberapa pun nyamannya kehamilan Anda, bayi tidak bisa terus menerus berada di dalam diri Anda selamanya. Kebanyakan dokter tidak akan membiarkan Anda menunggu lebih dari dua minggu dari estimasi waktu kelahiran yang telah ditentukan karena akan meningkatkan risiko komplikasi bagi Anda dan bayi Anda.

Bayi yang lahir pada minggu ke-42 dan lebih akan memiliki kulit yang kering, keriput; kuku panjang; rambut tebal; dan sebum di sekitar tubuh akan lebih sedikit. Bayi akan kekurangan nutrisi dan lemak subkutannya tipis.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 41?

Sulit untuk tidak cemas ketika tanggal estimasi melahirkan datang dan lewat namun Anda masih tetap hamil besar (terutama ketika keluarga dan teman terus menerus menghubungi untuk memastikan status Anda!). Tetapi jangan berkecil hati – Anda tidak mungkin akan hamil selamanya. Ada kabar baik, Anda akan melahirkan pada minggu-minggu ini, dan jika tidak, Anda akan dipaksa pada minggu ke-42, atau lebih dini jika Anda dan bayi memiliki masalah.

Menjaga kehamilan yang berjalan 41 minggu

Sekitar 5 sampai 6 persen wanita mengalami kehamilan yang berlanjut hingga tiga minggu atau lebih dari estimasi waktu bersalin. Bayi yang lahir pada minggu ke-42 memiliki kulit kering seperti kertas dan umumnya kelebihan berat badan. Menunggu hingga selama itu juga dapat meningkatkan risiko infeksi pada rahim yang dapat berbahaya bagi bayi Anda dan bahkan meningkatkan risiko lahir mati.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 41?

Dokter akan memberitahu Anda mengenai suntikan untuk merangsang persalinan jika bayi Anda tidak lahir pada minggu berikutnya, atau jika terdapat masalah. Kebanyakan dokter tidak akan membiarkan Anda menunggu lebih dari dua minggu melewati estimasi waktu melahirkan yang telah ditentukan karena akan meningkatkan risiko komplikasi bagi Anda dan bayi.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 41 minggu

Metode yang dokter Anda gunakan untuk merangsang proses persalinan tergantung pada kondisi leher rahim Anda. Jika leher rahim Anda belum mulai menipis atau terbuka, maka Anda dianggap belum siap untuk bersalin. Jika ini yang terjadi, dokter akan menggunakan hormon atau metode mekanis untuk mematangkan serviks Anda sebelum induksi. Tergantung situasi Anda, prosedur ini dapat termasuk membuka atau merobek membran, atau menggunakan obat seperti oksitosin untuk memulai kontraksi Anda. Jika metode-metode ini tetap tak berhasil, Anda mungkin harus menjalani operasi cesar.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca