Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 33

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 33 minggu?

Ukuran bayi Anda kira-kira sebesar buah nanas dengan panjang 43 cm dari kepala hingga tumit dan berat 1.8 kg lebih. Di beberapa minggu terakhir sebelum kelahiran, miliaran sel yang berkembang di otak bayi Anda membantu bayi untuk belajar mengenai lingkungan di dalam rahim.

Bayi Anda dapat mendengar, merasakan, bahkan melihat. Pupil pada mata bayi Anda dapat mengecil dan melebar saat mendeteksi cahaya. Seperti bayi yang baru lahir, bayi banyak tidur dan bahkan mengalami tahap tidur Rapid Eye Movement (REM). Paru-paru bayi Anda sudah hampir seluruhnya sempurna. Selanjutnya akan muncul lemak pada tubuh bayi untuk melindungi dan menghangatkan bayi Anda. Berat bayi akan bertambah di beberapa minggu terakhir sebelum kelahiran.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 33?

Banyak hal yang dapat berubah ketika bayi sudah semakin besar di dalam perut Anda. Cara jalan Anda mungkin akan berubah dan Anda akan mulai berjalan melenggang seperti bebek. Menemukan posisi duduk dan posisi tidur yang pas merupakan tantangan tersendiri untuk Anda. Anda dapat merasa sakit dan mati rasa pada jari, pergelangan tangan, dan tangan.  Seperti jaringan lain di tubuh Anda, selama hamil, jaringan pada pergelangan tangan menahan cairan yang dapat menimbulkan rasa sakit pada carpal tunnel, yaitu jalur pada pergelangan tangan di mana terdapat saraf yang berguna dalam pergerakan jari-jari tangan. Saraf pada tunnel ini dapat terjepit, sehingga menimbulkan mati rasa; rasa geli, atau rasa nyeri. Cobalah untuk mengenakan sebuah bebat untuk menstabilkan pergelangan tangan atau menyangga tangan Anda saat tidur. Jika kegiatan Anda membutuhkan banyak pergerakan tangan seperti saat mengetik atau merakit, jangan lupa untuk sering mengistirahatkan tangan lalu meregangkannya.

Menjaga kehamilan yang berjalan 33 minggu

Anda harus berdiskusi dengan dokter sebelum meminum pil tidur karena pil tidur tidaklah aman untuk wanita hamil.  Dokter Anda dapat mempertimbangkan risiko dan manfaat dari penggunaan obat-obatan dan memberikan solusi alternatif untuk gangguan tidur pada masa kehamilan.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 33?

Pada bulan ini Anda akan menghabiskan banyak waktu di tempat praktik dokter daripada sebelumnya. Dokter akan memperkirakan ukuran bayi dan memprediksi waktu kelahiran. Dokter juga dapat memberikan tes sesuai dengan kebutuhan anda, seperti:

  • Berat badan (pada saat ini berat badan akan berhenti naik atau malah berkurang)
  • Tekanan darah (mungkin lebih tinggi dari bulan ke-6)
  • Pemindaian urin untuk mengecek kadar gula dan protein
  • Kaki varises, pembengkakan pada tangan dan kaki
  • Memeriksa ukuran rahim seperti seberapa tipis dan apakah sudah mulai melebar
  • Tinggi fundus (bagian atas rahim)
  • Tes detak jantung janin
  • Ukuran janin, arah kelahiran (kepala atau kaki terlebih dahulu), posisi (menghadap ke bawah atau menghadap ke atas)
  • Daftar pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada dokter, khususnya mengenai persalinan dan kelahiran, termasuk frekuensi kontraksi Braxton Hicks dan gejala-gejala lain khususnya gejala yang abnormal.
Sumber
Yang juga perlu Anda baca