Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 30

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 30 minggu?

Bayi Anda sekarang sudah seukuran semangka kecil, beratnya sekitar 1,3 kg dan panjang sekitar 40 cm dari kepala hingga tumit. Bayi Anda terus menambah berat badan dan lapisan lemak. Lemak ini membuat bayi terlihat tidak keriput lagi dan akan membantu memberikan kehangatan setelah lahir.

Bayi Anda akan meniru gerakan pernapasan dengan berulang kali menggerakan diafragma untuk bernafas. Bayi Anda bahkan bisa mendapatkan cegukan, yang mungkin Anda rasa sebagai berkedut yang berirama di dalam rahim Anda.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 30?

Rambut Anda akan tumbuh lebih tebal, tidak panjang, dan tidak rontok. Namun, beberapa bulan setelah melahirkan, rambut Anda akan lebih tipis dan rontok lebih cepat.

Anda mungkin merasa sedikit lelah pada minggu ini, terutama jika Anda mengalami kesulitan tidur. Anda juga mungkin merasa lebih mudah jatuh dari biasanya, karena pusat gravitasi telah berubah. Tidak hanya Anda lebih berat, tetapi konsentrasi berat di perut hamil Anda menyebabkan pergeseran pusat gravitasi. Selain itu, berkat perubahan hormonal, ligamen Anda lebih longgar, sehingga sendi Anda renggang, yang juga dapat berkontribusi untuk berkurangnya keseimbangan Anda. Selain itu, relaksasi ligamen Anda benar-benar dapat menyebabkan telapak kaki Anda membesar secara permanen, sehingga Anda mungkin harus mengganti sepatu baru untuk bergerak lebih nyaman.

Menjaga kehamilan yang berjalan 30 minggu

Salah satu tanda yang paling umum pada wanita hamil adalah perubahan suasana hati. Kombinasi gejala tidak nyaman dan perubahan hormonal dapat menghasilkan naik turunnya emosi. Khawatir tentang pekerjaan Anda atau apakah Anda akan menjadi orangtua yang baik merupakan hal yang normal. Jangan khawatir terlalu banyak karena hal ini adalah tanda-tanda normal dari kehamilan. Selain itu, beri tahu dokter Anda jika Anda sering gugup atau cemas.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 30?

Anda mungkin merasa sesak napas pada minggu ini. Hal ini karena rahim Anda akan membesar dan menekan organ-organ lain seperti paru-paru untuk memiliki cukup ruang untuk bayi Anda. Anda harus berbicara dengan dokter Anda segera jika Anda merasa sering sesak napas

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 30 minggu

Minggu ini mungkin menjadi yang terakhir kalinya untuk menjalani tes bulanan. Ke depannya, Anda mungkin harus mengunjungi dokter Anda setiap 2 minggu atau bahkan setiap minggu sampai kelahiran. Pada tes bulan ini, Anda akan diuji tekanan darah dan berat badan dan ditanyakan tentang tanda-tanda dan gejala yang mungkin Anda miliki. Dokter juga meminta Anda untuk menggambarkan gerakan dan jadwal kegiatan bayi Anda: ketika bayi Anda bergerak dan ketika dia tidak. Anda akan diperiksa ukuran rahim seperti sebelumnya.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca