Periode Perkembangan

Perkembangan Kehamilan di Minggu 15

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di usia kehamilan 15 minggu?

Janin sekarang sekitar ukuran sebuah apel, beratnya sekitar 75 gram dan panjang 10 cm dari kepala sampai kaki.

Orangtua sering terkejut dengan kelembutan kulit bayi yang baru lahir. Sekarang kulit bayi terus berkembang, tipis dan jelas dapat Anda lihat di dalam pembuluh darah. Rambut dan alisnya terus tumbuh. Kali ini telinga bayi sangat dekat dengan lokasi yang tepat nanti, meskipun sekarang telinga masih berada sedikit lebih rendah di kepala mereka.

Sistem kerangka bayi Anda terus berkembang. Otot-otot bayi Anda tumbuh terus-menerus dan dia bisa melakukan banyak pergerakan di kepala, mulut, tangan, pergelangan tangan, tangan, kaki dan sekitarnya.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh ibu hamil di minggu 15?

Sampai saat ini, Anda terkadang belum benar-benar percaya apakah Anda sedang hamil atau tidak. Banyak wanita mengatakan bahwa sampai mereka sudah tidak bisa lagi mengenakan celana jeans dan sampai mereka sudah bisa melihat buncitnya perut, mereka belum benar-benar merasakan betapa “nyata” kehamilan mereka. Bagi banyak orang kehamilan merupakan hal yang menyenangkan sekaligus menakutkan.

Tenangkan pikiran Anda! Mood Anda selalu naik-turun secara tiba-tiba dan ini merupakan hal yang sangat normal. Bahkan wanita yang paling pandai pun mengatakan bahwa kehamilan membuat mereka selalu pelupa, canggung, dan tidak dapat fokus secara mental. Hormon-hormon dalam tubuh adalah penyebab fenomena ini. Cobalah untuk membatasi situasi yang menyebabkan Anda stres dan kenalilah perubahan psikis Anda! Perlu diingat bahwa perubahan ini hanya berlangsung untuk waktu yang singkat saja.

Menjaga kehamilan yang berjalan 15 minggu

Anda mungkin khawatir mengenai emosi Anda yang berubah-ubah dan tidak dapat ditebak. Berikut beberapa emosi yang mungkin Anda rasakan, yaitu:

  • Perubahan mood: termasuk perasaan tidak nyaman. Anda juga bisa menangis tanpa alasan
  • Bahagia dan/atau cemas saat akhirnya Anda mulai benar-benar merasakan bahwa Anda sedang hamil
  • Merasa frustrasi dan lelah ketika Anda tidak muat mengenakan pakaian biasa Anda, tapi perut masih belum cukup besar untuk memakai baju hamil
  • Pikiran Anda selalu kabur dan tidak dapat berkonsentrasi. Anda akan menjadi pengantuk, pelupa, cenderung sering menjatuhkan benda dan sulit untuk berkonsentrasi.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 15?

Banyak ibu dan ayah yang mempunyai alergi dapat menularkannya pada bayi mereka yang belum lahir. Anda juga perlu tahu bahwa bayi belum tentu akan mengalami alergi seperti gen orangtua mereka. Beberapa studi menunjukkan bahwa ibu dengan alergi atau makan makanan yang berisiko tinggi alergi (seperti kacang dan produk susu) saat menyusui dapat membuat anak-anak mereka alergi dengan jenis makanan yang mereka makan.

Kabar baik bagi ibu hamil yang suka makan selai kacang: studi tentang hubungan antara selai kacang dan munculnya alergi belum ditemukan bukti. Namun, jika Anda memang memiliki alergi kacang, silakan berkonsultasi dengan dokter mengenai batasan makanan saat Anda sedang hamil.

Tes yang mungkin dibutuhkan di usia kehamilan 15 minggu

Bulan ini dokter akan memantau perkembangan bayi, memberikan konfirmasi tanggal bersalin Anda dan mempertimbangkan jika terdapat masalah pada kesehatan Anda. Dokter dapat mengukur rahim Anda untuk menentukan usia bayi. Untuk menemukan awal rahim, dokter dapat dengan lembut menyentuh perut Anda, membunyikan dan mengukur dari titik itu lalu turun ke sepanjang depan tulang kemaluan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca