Periode Perkembangan

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 29 Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Perkembangan Janin

Bagaimana perkembangan janin di minggu 29 kehamilan?

Memasuki minggu 29 kehamilan, perkembangan tubuh janin dalam rahim Anda kira-kira sudah sebesar labu. Berat janin diperkirakan sudah bertambah menjadi 1,1 kilogram, dan panjang dari kepala sampai kaki sekitar 38 cm.

Di trimester kedua kehamilan ini, janin yang sehat akan terus aktif menendang dan bergerak di dalam rahim. Beberapa ibu hamil mungkin belum terbiasa untuk merasakan gerakan bayi yang mulai aktif di dalam kandungan.

Pastikan bahwa Anda memerhatikan tendangan bayi Anda. Amati jam-jam kapan bayi aktif bergerak. Jika Anda merasa gerakan bayi berkurang, hitunglah tendangan janin. Normalnya si kecil harus bergerak minimal 10 kali dalam dua jam. Jika terasa gerakan janin berkurang, konsultasikan dengan dokter Anda.

Perubahan Pada Tubuh

Bagaimana perubahan pada tubuh saya?

Tubuh ibu juga akan mengalami perubahan bersamaan dengan perkembangan janin selama minggu 29 kehamilan.

Salah satu bagian tubuh yang paling terasa perubahannya adalah punggung. Membesarnya perut ibu akan menimbulkan tekanan berlebih pada bagian belakang tubuh.

Selain itu, hormon progesteron yang meningkat saat hamil bisa menyebabkan ibu mulas dan sembelit di waktu yang bersamaan.

Nyeri di beberapa bagian tubuh tertentu

Punggung, kaki, atau pinggul dapat terasa makin pegal dan nyeri seiring bertambahnya usia kehamilan. Ini terjadi karena selama minggu ke-29, tubuh Anda terus membawa beban ekstra sehari-hari.

Janin di dalam rahim juga dapat memberikan tekanan ke seluruh tubuh ibu yang mana bisa bikin tubuh jadi nyeri.

Selain itu, persendian dan ligamen tubuh ibu menjelang melahirkan akan menjadi sedikit lembut. Ini akan menyebabkan tubuh jadi rentan terhadap rasa sakit dan nyeri.

Mulas dan sembelit

Selain nyeri, mulas dan sembelit juga dapat menghiasi masa perkembangan janin yang masuk usia 29 minggu kehamilan. Mulas dan sembelit diyakini terjadi akibat hormon progesteron saat hamil.

Hormon progesteron saat hamil akan melemaskan jaringan otot polos seluruh tubuh Anda, termasuk saluran pencernaan. Hal inilah yang dapat menyebabkan ibu hamil merasa mulas.

Belum lagi setelah makan besar, pencernaan pada ibu hamil sering menjadi lambat saat mencerna makanan. Alhasil ini bisa membuat ibu jadi sembelit.

Spider veins

Saat usia kehamilan mulai membesar Anda mungkin melihat beberapa spider veins pada kulit Anda. Ciri-cirinya mungkin berupa garis urat kecil yang berwarna merah menyebar dari pusat dan terlihat seperti jaring laba-laba.

Spider veins saat hamil bisa disebabkan karena adanya peningkatan sirkulasi darah. Anda juga bisa melihat kondisi ini di wajah, leher, payudara atau lengan.

Tidak perlu khawatir biasanya kondisi ini akan hilang beberapa minggu setelah melahirkan.

Apa yang harus saya perhatikan?

Perkembangan janin di minggu 29 sudah bisa dibilang memasuki masa akhir kehamilan. Pada minggu ini gerakan janin yang biasa Anda rasakan bisa saja mulai jarang muncul.

Ini karena bayi semakin besar dan semakin memiliki sedikit ruang untuk bergerak di sekitar rahim. Terutama ketika kepalanya sudah berada ke daerah panggul.

Namun, selalu waspada karena penurunan gerakan bayi secara drastis di awal trimester ketiga. Ini dapat menunjukkan bahwa bayi Anda sedang mengalami masalah yang mungkin berhubungan dengan tali pusar atau plasenta.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Apa yang harus saya tanyakan dengan dokter?

Saat periksa atau konsultasi ke dokter, umumnya dokter akan menanyakan bagaimana pergerakan dan seberapa sering janin menunjukkan aktivitas di dalam perut ibu. Apabila terasa gerakan dan aktivitasnya berkurang, katakan pada dokter kandungan.

Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan terkait kondisi janin di dalam kandungan. Jika ditemukan masalah pada kandungan Anda, dokter akan menyarankan beberapa perawatan pendukung atau parahnya mungkin ibu harus melahirkan secara prematur.

Tes apa yang harus saya ketahui?

Pemeriksaan kehamilan untuk mengecek perkembangan janin di minggu 29 mungkin menjadi jadwal kunjungan bulanan yang terakhir.

Tekanan darah dan berat badan Anda akan diukur. Dokter juga meminta Anda menceritakan keluhan dan gejala yang mungkin Anda rasakan sebulan terakhir.

Ke depannya, kemungkinan dokter akan menyarankan Anda untuk periksa ke dokter setiap 2 minggu sekali sampai waktunya melahirkan tiba.

Kesehatan dan Keselamatan

Apa saja yang perlu saya ketahui untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama hamil?

Keracunan timbal

Timbal adalah logam yang bisa masuk ke dalam tubuh dan membuat keracunan.

Anda harus menghindari hal  yang mengandung timbal selama kehamilan. Timbal bisa terdapat pada baterai alat elektronik, make up atau alat kecantikan, dan bahkan beberapa peralatan rumah tangga.

Apabila ibu terpapar timbal selama kehamilan, perkembangan janin setelah masuk minggu 29 dikhawatirkan akan terganggu.

Studi menunjukkan paparan timbal saat kehamilan mengganggu perkembangan saraf bayi Anda. Studi lainnya menunjukkan bahwa paparan timbal saat kehamilan meningkatkan risiko berat badan lahir rendah pada bayi.

Setelah minggu 29, akan seperti apa perkembangan janin Anda pada masa kehamilan selanjutnya?

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca