Kapan Ibu Boleh Mulai Olahraga Lagi Setelah Melahirkan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Olahraga merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda. Pada ibu hamil, olahraga dapat membantu menjaga kesehatan saat hamil, mempermudah proses melahirkan, dan mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Olahraga setelah melahirkan pun dapat membantu Anda untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda kembali seperti sebelum hamil. Tak heran, banyak ibu setelah melahirkan akan lebih giat berolahraga.

Ya, ini cara yang sehat untuk membantu menurunkan berat badan setelah hamil. Namun, kapan waktu yang tepat untuk olahraga setelah melahirkan?

Kapan saya bisa mulai olahraga setelah melahirkan?

Waktu yang tepat kapan Anda bisa mulai olahraga setelah melahirkan sebenarnya tergantung dari kondisi dan kesanggupan Anda. Selama Anda merasa sanggup dan dokter Anda juga memperbolehkannya, maka tidak masalah jika Anda ingin melakukan olahraga seminggu setelah melahirkan. Sebaiknya konsultasikan ke dokter Anda sebelum mulai olahraga setelah melahirkan.

Biasanya wanita yang melahirkan normal dapat lebih cepat pulih kembali dibandingkan dengan wanita yang melahirkan dengan cara operasi caesar. Sehingga, wanita yang melahirkan normal lebih mampu untuk mulai olahraga beberapa hari setelah melahirkan. Sedangkan, wanita yang melahirkan caesar mungkin butuh waktu selama enam sampai delapan minggu setelah melahirkan sebelum mulai berolahraga.

Wanita yang rajin berolahraga saat kehamilan juga biasanya dapat mulai olahraga lagi sesegera mungkin setelah melahirkan. Olahraga saat kehamilan dapat membantu melancarkan proses persalinan, sehingga waktu pemulihan setelah melahirkan juga bisa berlangsung lebih cepat.

Beberapa dari Anda mungkin butuh untuk melakukan olahraga setelah melahirkan secara bertahap. Mulai dari berjalan, kemudian tingkatkan kecepatannya dan waktunya, dan lalu coba gerakan lain. Biasanya, hal ini disebabkan karena Anda:

  • Tidak rutin berolahraga sebelum atau selama kehamilan
  • Mengalami komplikasi selama persalinan
  • Melahirkan dengan cara caesar atau melahirkan normal dengan cara yang dibantu
  • Mempunyai masalah dengan kebocoran urin

Olahraga apa yang bisa dilakukan setelah melahirkan?

Anda bisa mulai olahraga secara bertahap, mulai dari berjalan. Anda cukup melakukan olahraga ini selama 20-30 menit setiap hari. Setelah Anda merasa cukup siap, Anda bisa mulai mencoba melakukan gerakan olahraga untuk melatih otot dasar panggul dan otot perut, seperti kegel. Seperti ini caranya:

  • Kencangkan otot dasar panggul dan otot perut Anda selama 10 detik tanpa menahan napas
  • Lalu, lemaskan lagi otot-otot Anda selama 10 detik
  • Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali setiap hari

Melatih otot dasar panggul sangat penting untuk mengurangi risiko inkontinensia urin (kebocoran urin) setelah melahirkan. Saat melakukan olahraga, kebocoran urin mungkin sangat umum terjadi dan ini normal.

Setelah Anda berhasil melakukan gerakan kegel selama beberapa hari dan Anda yakin otot panggul dan perut Anda sudah kencang kembali, Anda mungkin bisa melakukan gerakan olahraga lainnya. Sebaiknya hindari gerakan olahraga sit up, jalan cepat, lari, bersepeda, tenis, atau latihan aerobik lainnya jika otot-otot dasar panggul Anda belum benar-benar pulih kembali setelah melahirkan. Olahraga berat dapat membuat otot dasar panggul Anda menegang, sehingga dapat menyebabkan kebocoran urin.

Anda juga perlu menghindari berenang sampai perdarahan setelah melahirkan (lokia) benar-benar berhenti selama tujuh hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi. Jika Anda melahirkan caesar atau mempunyai jahitan, Anda mungkin harus menunggu lebih lama untuk diperbolehkan berenang oleh dokter Anda.

Hati-hati, jangan sampai berlebihan dan melakukan olahraga di luar kesanggupan Anda selama beberapa bulan pertama setelah melahirkan. Jika mulai lelah dan tidak sanggup lagi, sebaiknya beristirahatlah. Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk benar-benar pulih setelah hamil dan melahirkan. Anda juga perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan peran Anda yang baru, sebagai ibu.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Bagi yang sedang diet, konsumsi beras atau nasi mungkin akan dibatasi. Beras merah atau beras shirataki dapat menjadi pilihan, tapi mana yang lebih efektif?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Langsung BAB Setelah Makan, Apakah Normal?

Banyak orang butuh waktu untuk mencerna makanan, namun ada juga yang langsung merasa ingin BAB setelah makan. Apakah ini normal? Benarkah bisa bikin kurus?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka bekas jahitan caesar

Kenali Tanda Saat Bekas Jahitan Caesar Anda Mau Sembuh dan Bermasalah

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
tanda tanda mau melahirkan tanda-tanda persalinan

10 Tanda-Tanda yang Muncul Ketika Anda Akan Melahirkan dalam Waktu Dekat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
diet alpukat

Mengenal Diet Alpukat, Betulkah Bermanfaat untuk Turun Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit