Apakah Ibu Hamil Penderita Wasir Boleh Melahirkan Normal?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/04/2020 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Keluhan wasir saat hamil memang sering terjadi. Keluhan ini akan semakin meningkat terutama pada wanita yang memang sudah mempunyai riwayat wasir sebelum kehamilan.

Nah, bagi ibu yang memang sudah memiliki riwayat wasir sebelum kehamilan, pada saat kehamilan, wasir pun akan semakin tinggi gradenya (tonjolannya makin besar). Jika sudah begini, tidak jarang banyak ibu hamil yang cemas dan khawatir terkait proses kelahiran nantinya. Apakah mereka yang sudah memiliki riwayat wasir sebelum kehamilan bisa melahirkan secara normal? Baca terus untuk mengetahuinya.

Apa itu wasir?

Wasir atau ambeien, dalam bahasa medisnya disebut dengan hemoroid adalah pembuluh darah vena yang membengkak dan menyembul di daerah rektum. Pembengkakan ini terbentuk dalam berbagai ukuran, bisa dari seukuran bji polong sampai seukuran buah anggur dan bisa berkembang di dalam rektum atau menonjol melalui anus. Karena pembengkakan ini, Anda rentan mengalami perdarahan ketika buang air besar sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman saat ataupun setelah melakukan rutinitas buang air besar.

Wasir bisa muncul selama kehamilan atau setelah melahirkan pada Anda yang sebelumnya tidak pernah mengalami wasir. Jika Anda pernah menderita wasir sebelum hamil, maka Anda lebih mungkin mendapatkannya lagi saat kehamilan atau setelah melahirkan.

Kenapa wasir saat hamil sering terjadi?

Rahim yang membesar, sembelit, dan peningkatan hormon progesteron semuanya akan membuat Anda lebih rentan mengalami wasir saat hamil. Selain itu, Anda juga akan rentan mengalami varises di kaki dan kadang-kadang bahkan di bagian vulva vagina.

Saat hamil, rahim Anda terus membesar memberikan tekanan pada vena panggul dan vena kava inferior, yaitu pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari kaki. Tekanan ini kemudian dapat memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah tubuh, sehingga meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di bawah rahim dan menyebabkan membesar atau membengkak.

Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan juga menyebabkan dinding pembuluh darah berelaksasi, sehingga pembuluh darah lebih mudah menjadi bengkak. Hormon progesteron juga dapat menyebabkan sembelit dengan cara memperlambat pergerakan usus Anda.

Sembelit saat hamil atau setelah melahirkan dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah, sehingga bisa berkembang menjadi atau memperburuk wasir. Anda juga bisa mengembangkan wasir karena Anda mengejan terlalu keras selama persalinan.

Lantas, apakah ibu yang memiliki riwayat wasir bisa melahirkan normal?

Sebenarnya, wasir tidak menghalangi seseorang untuk melahirkan normal. Hanya saja jika ibu dengan wasir saat hamil ingin melahirkan secara normal, hal ini akan membuat rasa ketidaknyamanan yang lebih saat persalinan karena kegiatan mengejan.

Wasir tersebut memang tidak akan berpengaruh buruk pada bayi Anda, namun nantinya derajat keparahan wasir akan meningkat saat proses persalinan. Nah hal ini membuat banyak ibu hamil yang sudah memiliki riwayat wasir sebelum kehamilan memilih melakukan operasi caesar agar kondisi wasir yang dideritanya tidak mengganggu proses persalinan nantinya.

Walupun dalam beberapa kasus secara individu dan dalam kondisi tertentu dokter kandungan memutuskan untuk dilakukan operasi cesar selama persalinan, namun ada banyak ibu yang memiliki wasir tetap bisa melahirkan secara normal.

Sebagian besar wasir umumnya akan kembali normal (jika sebelumnya memang tidak memiliki riwayat wasir) atau kembali ke keadaan seperti sebelum hamil (apabila memiliki riwayat wasir sebelum hamil). Meski begitu, sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan tindakan yang sesuai dan optimal, sehingga proses kelahiran yang akan dijalani nantinya akan aman bagi Anda maupun si jabang bayi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Melahirkan di Rumah Sakit Saat Pandemi COVID-19, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Saat pandemi COVID-19, ibu hamil perlu mengikuti prosedur tindakan pencegahan sampai proses melahirkan selesai. Apa saja yang perlu siapkan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 14/05/2020 . 5 menit baca

Masih Bisakah Menjalani Persalinan Normal Setelah Miomektomi?

Operasi pengangkatan fibroid rahim (miomektomi) memang tidak mengangkat rahim sepenuhnya. Akan tetapi, masih bisakah melahirkan normal setelah miomektomi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Melahirkan, Kehamilan 26/03/2020 . 4 menit baca

Cara Menghitung Hari Perkiraan Lahir untuk Kehamilan IVF (Bayi Tabung)

Setiap kehamilan pasti punya tanggal HPL. Apabila hamil lewat bayi tabung atau IVF, bagaimana cara menghitung hari perkiraan lahir yang benar?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Melahirkan, Kehamilan 16/12/2019 . 4 menit baca

Melahirkan Lebih Lancar, Ini Berbagai Teknik Persalinan yang Meringankan Rasa Sakit

Rasa sakit saat melahirkan kerap menjadi momok bagi calon ibu. Namun, Anda bisa meringankan rasa nyeri dengan menerapkan metode melahirkan berikut.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Melahirkan, Kehamilan 05/12/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mengantar istri melahirkan ke rumah sakit

Ayah, Ini Tips Mengantar Ibu Hamil ke Rumah Sakit untuk Kelahiran

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27/06/2020 . 4 menit baca
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . 5 menit baca
bahaya akibat ambeien penyakit wasir

Ambeien Tak Diobati, Bisa Sebabkan 5 Komplikasi Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 08/06/2020 . 6 menit baca
asi tidak keluar

Penyebab dan Cara Mengatasi ASI yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020 . 10 menit baca