Kapan Saya Boleh Menyetir Mobil Lagi Setelah Operasi Caesar?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum.

Prosedur pembedahan saat melahirkan caesar biasanya meninggalkan luka jahitan yang cukup dalam dan luas. Oleh karena itu, pemulihannya pun membutuhkan waktu yang lebih lama. Umumnya, dokter menganjurkan pasien untuk beristirahat lebih lama dan tidak melakukan berbagai kegiatan berat pascakelahiran, termasuk menyetir mobil. Lantas, kapan boleh kembali nyetir setelah caesar?

Kondisi tubuh setelah melahirkan lewat operasi caesar

melahirkan caesar

Setelah operasi caesar, biasanya Anda akan mengalami beberapa perubahan tubuh seperti:

Perdarahan vagina

Setelah operasi caesar, Anda mungkin mengalami perdarahan dari vagina selama beberapa minggu. Hal ini terjadi karena tubuh menyingkirkan jaringan sisa dan darah di rahim. Di awal, darah biasanya akan berwarna merah cerah. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, darah berubah menjadi warna cokelat, kuning, hingga akhirnya benar-benar berhenti.

Nyeri

Setelah melahirkan caesar, Anda biasanya akan mengalami nyeri seperti kram. Hal ini terjadi karena tubuh mempersempit pembuluh darah di rahim agar perdarahan tidak terlalu banyak. Efeknya, Anda akan merasakan kram perut yang mirip seperti saat haid.

Payudara bengkak dan nyeri

Sekitar 3-4 hari setelah melahirkan, biasanya payudara mulai memproduksi zat yang disebut dengan kolostrum. Kolostrum merupakan zat kaya gizi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Setelahnya, payudara akan membengkak karena penuh dengan air susu. Pembengkakan ini bisa membuat nyeri jika air susu tidak terus dikeluarkan.

Jahitan memar dan gatal

Luka jahitan caesar biasanya akan terasa memar dan gatal. Umumnya, luka yang berada di bawah lipatan perut akan sangat sulit mengering. Kondisi ini bisa bertahan cukup lama. Umumnya, membutuhkan waktu 6-10 minggu agar luka sembuh sepenuhnya.

Perut kembung

Setelah caesar, Anda bisa mengalami perut kembung selama berhari-hari hingga berminggu-minggu setelah operasi. Udara yang terjebak di perut menyebabkan rasa sakit yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, ibu perlu menghindari berbagai makanan dan minuman yang bisa membuat perut kembung seperti susu, kol, apel, dan sebagainya.

Kapan boleh nyetir setelah caesar?

bau mobil baru

Pada dasarnya tidak ada aturan pasti mengenai kapan boleh kembai nyetir setelah caesar. Namun, sebaiknya Anda kembali mengemudikan mobil setelah merasa benar-benar sehat dan pulih.

Sebagian besar wanita umumnya akan pulih dari operasi caesar setelah 4-6 minggu setelah persalinan. Setelah itu, barulah Anda biasanya boleh dan bisa melakukan berbagai kegiatan yang cukup berat, salah satunya menyetir kendaraan.

Berkendara dengan mobil melibatkan otot perut sehingga sangat riskan dilakukan saat jahitan caesar belum sepenuhnya mengering. Pasalnya, wanita yang melakukan operasi caesar memiliki jahitan yang cukup besar dan dalam. Jika Anda memaksakannya dengan menyetir terlalu cepat atau menginjak rem kuat-kuat padahal jahitan masih sangat basah, bukan tidak mungkin hal ini justru bisa memperburuk kondisi.

Selain itu, pascaoperasi Anda biasanya masih merasakan nyeri di bagian perut jika terlalu banyak bergerak. Atas berbagai pertimbangan inilah dokter akan menyarankan Anda untuk menunggu hingga kondisi cukup sehat dan kuat untuk kembali menyetir.

Bila Anda belum yakin atau masih punya pertanyaan, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter Anda.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca