Sering Pakai Pembalut Bikin Susah Hamil, Mitos Atau Fakta?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28/05/2019
Bagikan sekarang

Pembalut adalah benda penyelamat wanita Indonesia saat haid tiap bulannya. Namun, ada kabar yang santer terdengar bahwa pembalut disebut-sebut bikin wanita susah hamil. Apa kata dunia medis soal ini?

Benarkah pakai pembalut bikin susah hamil?

air rebusan pembalut

Pembalut sekali pakai biasanya terbuat dari katun yang dilengkapi dengan lapisan penyerap. Dalam sehari, wanita bisa menggunakan 2 sampai 4 pembalut saat haid. Bisa dibayangkan dalam waktu seminggu ada puluhan pembalut yang digunakan oleh wanita. Lantas, benarkah sering pakai pembalut bikin susah hamil?

Faktanya meski mengandung berbagai bahan kimia, BPOM RI dan FDA selaku Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat menyatakan produk ini aman.

Memang ada beberapa penelitian yang melaporkan bahwa pembalut wanita bisa menyebabkan ruam kulit. Salah satunya diterbitkan dalam jurnal JAMA Dermatology. yang menyebutkan kandungan parfum dalam pembalut bisa menyebabkan dermatitis pada sebagian orang.

Namun, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa pembalut bisa membuat wanita susah hamil. Belum ada juga penelitian sahih yang dapat membuktikan rutin pakai pembalut mengganggu kesuburan wanita. Oleh sebab itu, tak perlu takut untuk menggunakan pembalut asal menggunakan produk yang terbukti aman.

Yang penting jaga vagina tetap bersih dan kering

lactacyd obat vagina

Untuk saat ini, tak perlu mengkhawatirkan mitos seputar pembalut karena belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Kebiasaan saat haid yang perlu Anda lakukan dan tak boleh diabaikan adalah menjaga kebersihan organ intim.

Menjaga kebersihan vagina saat haid membantu Anda terhindar dari risiko infeksi bakteri maupun jamur. Infeksi yang dibiarkan bisa masuk dan menyebar ke panggul. Jika infeksi sampai menyebabkan penyakit radang panggul, komplikasi inilah yang akan memengaruhi kesuburan.

Oleh sebab itu, bukan pembalut yang bikin wanita menjadi susah hamil. Akan tetapi, akibat dari tidak menjaga kebersihan vaginalah yang meningkatkan risiko wanita menjadi tidak subur.

Cara menjaga kebersihan vagina saat haid

Berikut berbagai hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina saat haid, yaitu:

Rutin mengganti pembalut

Mengganti pembalut menjadi hal wajib yang perlu dilakukan saat sedang haid. Seberapa sering Anda menggganti pembalut tergantung pada berapa banyak darah yang keluar.

Namun secara umum, sebaiknya gantilah pembalut setiap 3 sampai 4 jam sekali. Anda juga bisa menggantinya lebih sering jika darah haid sedang deras-derasnya.

Cuci tangan sebelum dan sesudah ganti pembalut

Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Tujuannya untuk menjaga pembalut tetap bersih dan tidak terkontaminasi kuman yang ada di tangan ada saat hendak memakainya.

Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci kembali tangan dengan sabun agar darah atau kuman yang menempel di tangan terbilas sempurna.

Bersihkan vagina dengan cara yang tepat

Vagina merupakan organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Organ intim yang satu ini tidak perlu dibersihkan dengan sabun khusus untuk menjaganya tetap bersih. Anda hanya perlu membilasnya dengan air biasa atau air hangat.

Saat mencucinya, arahkan tangan atau semprotan air ke arah anus atau dari depan ke belakang. Cara ini penting dilakukan agar bakteri dari anus tidak masuk ke vagina dan uretra yang bisa memicu infeksi saluran kemih.

Mulai sekarang, tak perlu takut menggunakan pembalut karena benda ini tak terbukti bikin wanita susah hamil. Poin pentingnya, jagalah kebersihan vagina saat haid untuk menghindari risiko infeksi.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tidak Dianjurkan untuk Digunakan Setiap Hari, Kapan Sebaiknya Pakai Pantyliner?

Katanya, pantyliner tidak boleh digunakan rutin setiap hari karena menyimpan berbagai bahaya. Lantas, kapan waktu yang tepat pakai pantyliner?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Panduan Cara Memakai dan Melepas Menstrual Cup

Tertarik menggunakan menstrual cup tapi masih takut? Jangan takut, memakai dan melepas menstrual cup dengan cara yang benar tidak seseram bayangan Anda kok.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Remaja Mabuk-mabukan Pakai Air Rebusan Pembalut, Apa Dampaknya Buat Tubuh?

Sempat menggegerkan publik tahun 2016 lalu, "tren" minum air rebusan pembalut untuk mabuk-mabukan kini kembali lagi di kalangan remaja Indonesia.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila

4 Hal yang Mesti Dilakukan Wanita Setelah Seks Saat Hamil

Sama seperti berhubungan seks pada umumnya, ada hal yang perlu dilakukan wanita setelah melakukan seks ketika hamil untuk menjaga kebersihan organ intimnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Direkomendasikan untuk Anda

Bagian vagina yang tidak dan boleh dibersihkan

Bagian Vagina yang Boleh dan Tidak Boleh Dibersihkan

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 16/12/2019

5 Hal Wajib yang Anda Bersihkan setelah Berhubungan Intim

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 24/11/2019
cara memakai pembalut kain

Menggunakan Pembalut Kain Tak Harus Bikin Repot, Ini 4 Tipsnya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 15/11/2019
kapan membersihkan vagina

3 Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Vagina, Selain Setelah Buang Air

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 14/09/2019