Kapan Boleh Mencoba Hamil Lagi Setelah Keguguran?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda butuh beberapa waktu setelah mengalami keguguran untuk pulih kembali, menata hidup Anda kembali. Mungkin Anda bingung harus kapan memulai lagi untuk mencoba hamil lagi setelah keguguran. Namun, memulai sekarang atau nanti tampaknya hal ini tidak masalah, tergantung dari kondisi Anda.

Penelitian mengatakan: semakin cepat semakin baik

Sebagian besar wanita mungkin merasa belum aman jika langsung hamil lagi setelah keguguran. Banyak wanita masih merasa khawatir jika ia ingin langsung mulai mencoba hamil lagi. Namun, percayalah ini tidak masalah jika Anda ingin langsung mulai mencoba lagi setelah kondisi Anda pulih dan Anda merasa siap secara fisik maupun mental.

Penelitian terbaru pun telah menunjukkan bahwa semakin cepat semakin baik untuk mencoba hamil lagi setelah mengalami keguguran. Penelitian ini melaporkan bahwa wanita yang hamil dalam waktu 6 bulan semenjak keguguran mempunyai kehamilan yang lebih baik dan komplikasi yang lebih rendah daripada wanita yang menunggu lebih lama untuk hamil lagi.

Namun, peneliti juga mengingatkan terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan wanita untuk menunggu lebih lama sebelum mencoba hamil lagi. Kondisi tersebut seperti pada wanita yang menunjukkan tanda-tanda infeksi atau wanita yang mengalami prosedur traumatis dan memerlukan waktu pemulihan lebih lama.

Kapan sebaiknya mencoba hamil lagi setelah keguguran?

Walaupun beberapa ahli mengatakan semakin cepat semakin baik untuk mencoba kembali hamil setelah keguguran, namun berbeda dengan rekomendasi WHO. WHO merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 6 bulan setelah keguguran. Saran lain juga ada yang mengatakan menunggu sampai 18 bulan.

Menurut American Pregnancy Association, menunggu setidaknya dua atau tiga periode menstruasi tampaknya aman untuk mencoba hamil kembali setelah keguguran (jika tes atau pengobatan untuk penyebab keguguran tidak dilakukan). Memang, saat Anda mencoba hamil lagi setelah keguguran, Anda harus berada pada kondisi yang sudah benar-benar pulih.

Jika tubuh Anda belum siap untuk mendukung kehamilan lagi, risiko Anda untuk mengalami keguguran lagi justru meningkat. Tubuh Anda membutuhkan beberapa waktu untuk memulihkan kondisi rahim dan juga untuk menguatkan kembali lapisan endometrium dalam rahim.

Dari semua perbedaan pendapat tersebut, intinya adalah Anda bisa memulai untuk mencoba hamil lagi setelah keguguran saat kondisi Anda benar-benar siap secara lahir dan batin. Anda bisa langsung mencoba hamil lagi setelah menunggu beberapa minggu sampai beberapa bulan, tergantung kesiapan Anda masing-masing.

Memang, tidak ada alasan kuat yang membuktikan Anda harus menunggu lama untuk hamil lagi. Namun, pastikan Anda dalam kondisi kesehatan yang optimal sebelum hamil lagi. Mengonsumsi vitamin prenatal dan asam folat sebelum pembuahan mungkin perlu dilakukan sebagai upaya mendapatkan kehamilan yang sehat.

Bagaimana peluang untuk hamil lagi setelah keguguran?

Tenang saja, jika Anda pernah mengalami keguguran, kesempatan Anda untuk hamil lagi sampai bayi Anda berhasil lahir tidak berbeda dengan orang yang tidak pernah mengalami keguguran, kata Jani Jensen, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi dari Mayo Clinic di Rochester, dilansir dari Parents.

Biasanya wanita yang sudah pernah mengalami keguguran akan mempunyai kehamilan yang sehat setelahnya. Setidaknya, 85% wanita yang pernah mengalami keguguran satu kali dapat memiliki kehamilan yang sukses pada kehamilan selanjutnya. Sebesar 75% wanita yang pernah dua sampai tiga kali keguguran juga dapat mempunyai kehamilan yang sukses.

Semakin banyak keguguran yang Anda alami tampaknya akan meningkatkan risiko Anda mengalami keguguran lagi. Untuk itu, sebaiknya persiapkan diri (fisik dan mental) Anda terlebih dahulu sebelum mencoba hamil lagi.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ciri-Ciri Hamil dari yang Paling Sering Muncul Sampai Tak Terduga

Telat haid dan mual-mual adalah tanda-tanda hamil yang paling umum. Namun, tahukah Anda, mimisan dan sakit kepala juga termasuk ciri-ciri hamil muda?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Penelitian membuktikan, bahkan pria berumur 80 tahun pun masih mungkin memiliki kualitas sperma yang baik jika mengonsumis makanan penyubur sperma berikut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Aborsi boleh saja dilakukan apabila ada indikasi medis. Apa saja pilihan cara menggugurkan kandungan yang aman? Simak selengkapnya di halaman ini. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

salah menggunakan test pack

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Test Pack

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
bercak darah tanda hamil atau menstruasi

Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
garis hitam di perut linea nigra

Kenali Linea Nigra, Garis Hitam “Khas” di Perut Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit