Do’s and Don’ts Untuk Memaksimalkan Kesuburan Anda

Oleh

Sebelum pergi ke dokter untuk berkonsultasi meminta nasihat atau melakukan tindakan supaya Anda segera hamil, cobalah lakukan beberapa hal berikut dan hindari segala hal yang berisiko terhadap kesuburan Anda.

Do This!

Gaya hidup sehat

Pertahankanlah berat badan ideal, berusaha untuk melakukan aktivitas fisik, jalani diet sehat, batasi konsumsi kafein, dan kurangilah stres. Kebiasaan-kebiasaan baik inilah yang akan membantu Anda dan bayi Anda untuk sehat dan selamat sepanjang kehamilan.

Lakukan hubungan seks rutin

Untuk pasangan yang sehat dan ingin hamil, tidak ada yang namanya hubungan seksual terlalu banyak atau terlalu sering. Bagi banyak orang yang berusaha, hubungan seks yang rutin paling dibutuhkan.

Berhubungan seksual sehari sebelum hari ovulasi

Hubungan seksual sehari-hari menjelang ovulasi akan meningkatkan kesempatan Anda untuk bisa hamil. Walaupun jumlah atau konsentrasi sperma pasangan Anda akan bekurang sedikit demi sedikit karena intensitas seks yang sering, hal itu bukan jadi masalah bagi laki-laki yang sehat.

Rencana prakonsepsi

Dokter Anda akan memeriksa kondisi kesehatan secara umum dan merekomendasikan beberapa perubahan gaya hidup yang akan memberi Anda lebih banyak peluang untuk hamil. Rencana prakonsepsi (prakehamilan) akan sangat membantu. Terlebih saat Anda dan pasangan memiliki masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kemampuan untuk hamil.

Don’t Do This!

Stress

Terkadang Anda dan pasangan akan stress saat mencoba untuk hamil. Bahkan akan lebih stress lagi saat usaha tersebut belum berhasil usai beberapa kali percobaan. Saat kondisi optimal pun, kesempatan Anda untuk bisa hamil dalam sekali siklus adalah sekitar 50% atau 1:2 saja. Dengan melakukan hubungan seksual teratur tanpa proteksi, kebanyakan pasangan yang sehat akan hamil dalam waktu kurang dari setahun.

Merokok

Tembakau mengubah lendir serviks yang akan mengakibatkan sperma sulit menjangkau sel telur. Merokok juga meningkatkan risiko gangguan kehamilan, bahkan keguguran, bayi kekurangan berat badan saat lahir, atau bayi kekurangan oksigen serta nutrisi. Jika Anda merokok, mintalah bantuan dokter untuk berhenti sebelum Anda berencana hamil. Demi kesehatan keluarga dan Anda sendiri, berjanjilah untuk berhenti merokok.

Minum alkohol

Alkohol dapat mengurangi kesuburan dan jika Anda sedang berupaya untuk hamil, dapat berbahaya bagi janin.

Mengonsumsi obat-obatan tanpa persetujuan dokter

Beberapa obat (bahkan yang tersedia bebas tanpa harus menggunakan resep dokter) dapat menyebabkan kesulitan dalam upaya mencapai kehamilan. Beberapa obat yang lain juga tidak aman dikonsumsi saat sudah hamil.

Yang juga perlu Anda baca