Apakah Spironolactone Menyebabkan Memandulan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Spironolactone adalah obat yang biasanya diberikan kepada para wanita yang memiliki masalah dengan jerawat. Meskipun ada perdebatan besar mengenai apakah obat ini dapat menyebabkan masalah kesuburan atau tidak, tidak ada bukti yang cukup untuk mendukung pernyataan ini. Namun, jika Anda sedang hamil dan mengonsumsi obat ini, Anda tetap harus mendiskusikan dengan dokter tentang pilihan pengobatan lainnya karena obat ini mungkin dapat mempengaruhi kehamilan Anda.

Jika Anda berada dalam pengobatan Spironolactone dan kesulitan untuk hamil, Anda mungkin perlu mendiskusikannya dengan dokter kandungan Anda untuk memastikan apakah obat ini yang menjadi penyebabnya. Namun, ada kemungkinan bahwa Anda memang memiliki masalah lain dan membutuhkan bantuan untuk hamil. Banyak wanita mendapati bahwa jika mereka mengonsumsi obat kesuburan, mereka akan memiliki siklus ovulasi yang teratur yang memungkinkan mereka untuk hamil dengan cepat.

Untuk menentukan kapan siklus ovulasi Anda, Anda harus selalu melacaknya dengan termometer basal atau dengan alat untuk memprediksi ovulasi. Ini akan membantu Anda untuk menentukan kapan Anda berovulasi, sehingga Anda dapat melakukan hubungan intim pada waktu yang tepat. Jika Anda telah mencoba untuk hamil selama lebih dari setahun dan masih juga belum berhasil, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang pilihan pengobatan yang bisa Anda jalani.

Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca