Kenapa Ibu Hamil Sebaiknya Tak Pakai Hak Tinggi (Bukan Hanya Takut Jatuh)

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 05/09/2017 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sebagian besar wanita akan lebih percaya diri saat dirinya memakai sepatu hak tinggi. Ini yang membuat wanita susah lepas dari sepatu hak tinggi. Walaupun sedang hamil, banyak wanita tetap ingin menggunakan sepatu hak tinggi. Padahal, sepatu hak tinggi saat hamil mungkin akan membuat wanita susah bergerak dan tidak nyaman. Memang, sebenarnya pemakaian sepatu hak tinggi saat hamil tidak dianjurkan. Kenapa sih?

Kenapa sepatu hak tinggi tidak baik digunakan saat hamil?

Bukan ide yang bagus untuk menggunakan sepatu hak tinggi saat Anda sedang hamil. Berat badan Anda yang makin bertambah seiring dengan kehamilan Anda dapat membuat memakai sepatu hak tinggi sebagai langkah yang salah. Berikut ini beberapa alasan mengapa sebaiknya wanita hamil tidak memakai sepatu hak tinggi.

1. Membuat mudah jatuh

Perut Anda yang semakin besar dan maju ke depan saat Anda hamil dapat membuat pusat gravitasi pada tubuh Anda berubah. Selain itu, pertambahan berat badan dan perubahan hormon selama kehamilan juga membuat kekuatan pergelangan kaki Anda berkurang. Hal ini dapat membuat Anda mudah kehilangan keseimbangan saat berjalan.

Jika hal ini kemudian ditambah dengan pemakaian sepatu hak tinggi, maka bukan tidak mungkin Anda lebih berisiko untuk jatuh saat hamil. Hal ini tentu membahayakan Anda dan janin dalam kandungan.

2. Membuat punggung dan kaki pegal

Selama kehamilan, tubuh melepaskan hormon relaksin yang berfungsi untuk mengendurkan ligamen otot. Hal ini bertujuan untuk memungkinkan otot-otot tubuh membesar seiring dengan pertumbuhan kehamilan, misalnya otot perut. Namun, tidak hanya perut, otot di bagian tubuh lain juga ikut mengendur, seperti otot pada kaki dan pergelangan kaki. Hal ini membuat kekuatan pergelangan kaki Anda berkurang.

Selain itu, ligamen otot pada punggung bawah Anda juga ikut mengendur. Hal ini menempatkan tekanan tambahan pada otot punggung Anda. Sehingga, membuat ibu hamil akan lebih mudah merasa pegal pada punggungnya.

Ditambah lagi jika Anda menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil, maka ini akan memperburuk perubahan yang terjadi pada tubuh Anda dan membuat Anda sangat tidak nyaman. Saat Anda menggunakan sepatu hak tinggi, postur tubuh Anda akan sedikit berubah. Hal ini menghasilkan lebih banyak tekanan pada punggung, lutut, dan pergelangan kaki Anda.

Jika Anda terlalu lama dan sering menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil, Anda mungkin akan merasa pegal pada punggung dan kaki Anda. Terlalu lama memakai sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan kram pada otot.

3. Meningkatkan risiko kaki bengkak

Pusat gravitasi tubuh Anda yang berubah selama kehamilan, membuat penumpukan cairan pada tubuh bagian bawah lebih mudah terjadi. Hal ini membuat wanita hamil lebih mudah mengalami pembengkakan pada kaki, terutama selama trimester ketiga kehamilan . Kondisi ini diperparah jika wanita hamil menggunakan sepatu hak tinggi. Tentu ini membuat Anda sangat tidak nyaman.

Sepatu apa yang baik saat hamil?

Yang terbaik adalah menggunakan sepatu yang membuat Anda nyaman saat berjalan selama hamil dan tidak membuat kaki Anda sakit. Anda masih bisa menggunakan sepatu dengan hak rendah selama trimester pertama, jika Anda tidak bisa lepas dari sepatu berhak. Selebihnya, pilih sepatu flat untuk dipakai sehari-hari.

Jika Anda tetap ingin menggunakan koleksi sepatu hak tinggi Anda, simpan sepatu hak tinggi tersebut hanya untuk acara-acara penting yang tidak menghabiskan waktu terlalu lama. Namun perlu diingat, Anda harus mendapatkan banyak duduk saat menggunakan sepatu hak tinggi ini.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Akibatnya pada Janin Jika Ibu Merokok Saat Hamil?

Merokok saat hamil adalah ancaman nomor satu untuk kesejahteraan anak. Ada hubungan antara ibu perokok dan anak berbibir sumbing. Masih kurang seram?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kehamilan & Kandungan, Perkembangan Janin, Kehamilan 31/05/2020 . Waktu baca 8 menit

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Bukanlah hal yang mustahil jika Anda ingin segera kembali hamil setelah mengalami keguguran, tapi ketahui dulu beberapa hal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesuburan, Kehamilan 18/05/2020 . Waktu baca 5 menit

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Pilihan Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

Maag rentan terjadi pada ibu hamil. Salah satu cara mngatasinya adalah dengan minum obat. Apa saja obat maag yang bisa diminum ibu hamil? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gastritis, Health Centers 16/05/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara memandikan bayi yang baru lahir

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . Waktu baca 9 menit
kista saat hamil di usia tua

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit
depresi pasca melahirkan ayah

Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit
tanda istri hamil

Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 6 menit