5 Tanda Bahaya Kehamilan yang Perlu Anda Waspadai

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Kehamilan memang akan membuat badan ibu jadi kurang nyaman. Sakit, nyeri, mual dan hal lainnya bisa terjadi ketika sedang hamil, dan ini merupakan tanda kehamilan yang normal. Namun, ada pula berbagai tanda bahaya kehamilan yang dapat mengancam keselamatan ibu dan bayi. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Apa saja tanda bahaya kehamilan yang harus segera diwaspadai?

Selagi hamil, pastinya tubuh akan mengalami beberapa perubahan. Gejala perubahan tubuh yang biasa dan normal terjadi biasanya meliputi mudah lelah, sering buang air kecil, mual, dan muntah.

Namun, selain gejala tersebut, ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang memerlukan perhatian medis. Apa saja tanda bahaya kehamilan yang perlu segera Anda konsultasikan ke dokter?

1. Perdarahan

Perdarahan adalah tanda bahaya kehamilan paling utama yang harus Anda perhatikan. Biasanya ini bisa terjadi pada usia kehamilan trimester pertama. Bila hanya keluar sedikit, perdarahan masih bisa dianggap normal. Namun, bila jumlahnya banyak, sering terjadi, dan warnanya terlihat merah segar, Anda harus segera menghubungi dokter. Biasanya perdarahan berbahaya akan dibarengi dengan rasa nyeri hebat di bagian rahim.

2. Sakit perut yang tak tertahankan

Nyeri di bagian perut merupakan tanda bahaya kehamilan yang harus para ibu waspadai. Apalagi jika rasa nyeri berlangsung hebat cukup lama.

Ini bisa menjadi tanda bahwa Anda akan mengalami persalinan prematur, kehamilan ektopik, radang usus buntu, aborsi, nyeri karena radang panggul, hingga infeksi saluran kemih.

3. Sakit kepala

Sakit kepala yang terus menerus terjadi diam-diam bisa membahayakan ibu dan janin. Bila sakit kepala yang Anda alami tidak kunjung hilang dan disertai pandangan yang buram atau bahkan disertai pingsan, ini bisa jadi suatu tanda bahaya. Segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan apabila gejala ini Anda alami.

4. Tangan dan wajah membengkak

Bengkak di bagian kaki sudah normal terjadi pada ibu yang sedang mengandung. Namun, bengkak di bagian wajah dan tangan saat hamil bukanlah sesuatu yang normal. Ini bisa menjadi salah satu tanda bahaya kehamilan yang harus Anda waspadai.

Jika bengkak di area wajah dan tangan tak hilang juga meski sudah beristirahat dengan cukup, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Umumnya gejala bengkak di area wajah dan tangan ini akan disertai dengan beberapa gejala fisik lainnya.

5. Bayi tidak bergerak dalam kandungan

Calon orangtua pasti menunggu-nunggu kapan bayi mereka akan mulai menendang dan bergerak dalam kandungan. Umumnya, kebahagiaan para orangtua ini akan dialami saat janin berusia 5 bulan ke atas.

Janin dalam kandungan akan mulai aktif bergerak sejak usia kehamilan 5 hingga 6 bulan. Namun, jika di bulan ke-5 atau ke-6 kehamilan Anda tidak merasakan pergerakan apa-apa dari dalam rahim Anda, dikhawatirkan Anda mengalami kehamilan patologik.

Segera periksa ke dokter kandungan. Ingat-ingat kapan saja biasanya bayi aktif bergerak dan tidak. Biasanya, gejala yang menimbulkan tanda bahaya kehamilan akan terjadi terus-terusan. Maka itu, konsultasikan pada dokter untuk mengetahui apa yang terjadi pada kehamilan Anda.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Kehamilan Bisa Mulai Terdeteksi dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Cara Menggugurkan Kandungan Ketika Kehamilan Bermasalah

Aborsi boleh saja dilakukan apabila ada indikasi medis. Apa saja pilihan cara menggugurkan kandungan yang aman? Simak selengkapnya di halaman ini. 

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Positif Hamil Atau Gejala Mau Haid? Begini 10 Cara Membedakannya

Mungkin Anda sedang harap-harap cemas menunggu jadwal mens selanjutnya. Membedakan tanda hamil atau haid itu susah-susah gampang, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

7 Trik Membujuk Anak Agar Tak Takut ke Dokter Gigi

Periksa gigi bisa jadi pengalaman yang menyenangkan, kok. Agar anak tidak takut ke dokter gigi, contek saja beragam tips pintar berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Anak 6-9 tahun, Perkembangan Anak, Parenting 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bercak darah tanda hamil atau menstruasi

Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
program dan cara cepat hamil

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
garis hitam di perut linea nigra

Kenali Linea Nigra, Garis Hitam “Khas” di Perut Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
tanda awal kehamilan ciri-ciri hamil muda tanda kehamilan

Ciri-Ciri Hamil dari yang Paling Sering Muncul Sampai Tak Terduga

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit