Perubahan Kehidupan Seks Saat Istri Hamil

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Banyak suami yang mengaku gairah seks selama kehamilan semakin ‘memanas’, namun banyak pula yang justru merasa sebaliknya. Kedua reaksi ini sebenarnya wajar. Bagaimanapun reaksi suami, hanya ada satu hal yang pasti: ketika istri hamil, kehidupan seks Anda pasti akan berubah.

Amankah seks saat hamil?

Banyak pasangan yang berhenti berhubungan seks selama kehamilan karena takut menyakiti bayi. Jika itu alasannya, Anda tidak usah khawatir lagi! Selama melakukan seks, janin akan tetap aman terlindung dalam kantung penuh cairan ketuban.

Namun, ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan Anda dan pasangan tidak disarankan untuk berhubungan seks. Calon ibu harus menemui dokter atau bidan untuk pemeriksaan gangguan kehamilan seperti placenta praevia, perdarahan, atau jika ada riwayat keguguran sebelumnya.

Hasrat seks berubah. Wajarkah?

Berubahnya hasrat untuk melakukan hubungan seksual pada masa kehamilan adalah hal yang wajar. Pada trimester pertama kehamilan, beberapa pria mengaku gairah seksnya lebih hidup dibanding sebelumnya. Banyak pria yang mengungkapkan kedekatan emosionalnya melalui hubungan seksual. Selain itu, tubuh pasangannya sekarang terlihat sebagai sisi feminin yang justru membuatnya semakin menarik.

Di sisi lain, beberapa pria justru merasa trimester pertama (bahkan mungkin selama masa kehamilan) merupakan waktu ketika hasrat seksual mereka menurun. Sebelum hamil, Anda dan pasangan melakukan seks untuk mengeratkan hubungan dan bersenang-senang. Namun setelah hamil, ia akan cenderung mencurahkan perhatian dan segala fungsi tubuh untuk kesehatan pertumbuhan bayi. Perasaan “dinomorduakan” ini mungkin justru mematikan gairah seks Anda.

Selain respon suami, respon istri tentang seks selama kehamilan juga bervariasi. Beberapa istri justru merasa lebih dekat secara emosional daripada sebelumnya. Selain itu, istri mungkin dapat menemukan cara mengembalikan gairah seksnya serta merasa lebih percaya diri dengan tubuh barunya yang lebih montok selama kehamilan.

Namun, beberapa wanita hamil mungkin menghabiskan trimester pertamanya dengan mual-mual atau sakit. Istri mungkin berpikir bahwa ibu hamil seharusnya tidak berhubungan seks karena dapat menyakiti bayi. Selain itu, rasa tidak percaya diri karena merasa gemuk dan tidak menarik mungkin menghantui beberapa istri untuk berhubungan seksual.

Bagi banyak pasangan, tubuh hamil justru semakin membingungkan dan kerap menimbulkan konflik dan kesalahpahaman. Suami merasa tubuh hamil pasangan membangkitkan gairah tetapi mereka tidak ingin berhubungan seks karena khawatir sang istri merasa tidak semenarik dulu. Istri juga mungkin merasa lebih seksi dari sebelumnya tapi tidak ingin melakukan hubungan seksual karena takut sang suami tidak tertarik padanya lagi. Lalu, apa solusinya?

Solusinya hanya satu yaitu komunikasi. Utarakan perasaan, keinginan, dan kekhawatiran masing-masing sehingga kesalahpahaman tersebut dapat diselesaikan.

Selama beberapa bulan terakhir masa kehamilan, kedua pasangan umumnya merasa posisi seks yang biasa dilakukan tidak lagi terasa nyaman atau bahkan tidak mungkin dilakukan. Manfaatkanlah momen ini untuk bereksplorasi dengan mencoba posisi lain yang mungkin lebih nyaman baginya.

Jika ternyata hubungan seks membawa lebih banyak rasa sakit daripada kesenangan, cobalah alternatif lain, misalnya dengan masturbasi, oral seks, atau menggunakan vibrator. Cara-cara ini juga tidak kalah menyenangkan seperti halnya seks penetratif.

BACA JUGA:

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Memasuki minggu ke-16, janin akan semakin aktif bergerak. Namun, menjelang persalinan, gerakan bayi akan berkurang. Apa sebabnya, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Trimester 3, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Detak jantung janin mulai berdegup di sekitar minggu keenam kehamilan, tapi kadang suaranya masih terlalu lemah untuk Anda bisa dengar. Kapan waktunya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

demam tanda hamil

Apakah Demam Dapat Berarti Salah Satu Tanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Jessica Yulianti
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit