Apakah Berat Janin dalam Kandungan Anda Sudah Sesuai? Cek di Sini

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 04/02/2020
Bagikan sekarang

Seiring bertambahnya usia kehamilan, perut ibu akan semakin membesar. Ini menandakan bahwa janin terus bertumbuh kembang di dalam kandungan. Apakah berat janin dalam kandungan Anda sudah ideal sesuai usia janin? Berikut penjelasan seputar berat janin ideal yang perlu dipahami.

Berat janin yang ideal sesuai usia kehamilan

Panjang dan berat janin satu dan yang lainnya pasti berbeda. Pasalnya, tingkat tumbuh kembang masing-masing bayi bisa berbeda karena dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari asupan makanan hingga kesehatan ibunya sendiri.

Jadi, jangan terlalu khawatir dulu jika hasil USG menunjukkan bahwa berat janin Anda kecil atau lebih besar. Pada umumnya, berat janin ideal ada di angka 2-4 kilogram pada akhir kehamilan.

Dirangkum dari Mayo Clinic dan Baby Center, berikut adalah perkiraan panjang dan berat janin ideal sesuai perkembangannya di dalam kandungan.

Perkembangan berat janin di trimester pertama

berat janin 1

Minggu ke-1 sampai minggu ke-9

Dua minggu pertama setelah pembuahan, Anda mungkin belum merasakan perubahan yang berarti. Ini karena tubuh janin masih belum terbentuk sama sekali sampai di minggu kelima setelah pembuahan (ketika haid Anda berhenti).

Di masa ini pun, calon jabang bayi Anda masih berupa embrio yang seukuran biji wijen. Satu biji wijen berbobot sekitar 0,00364 gram.

Namun, embrio saat ini sudah memiliki cikal bakal lapisan kulit, saraf, organ vital (hati, jantung, paru, dan usus), mata dan telinga, hingga sistem peredaran darah meski belum sempurna.

Di sekitar minggu ke-7 sampai ke-8, berat janin ideal yaitu sekitar 1 gram dengan panjang tubuh 1,6 centimeter. Pertambahan berat ini terjadi karena janin sudah mulai mengembangkan anggota gerak, kepala, serta bagian-bagian wajah.

Minggu ke-9 berat janin ideal bertambah sekitar 2 gram dengan panjang janin sekitar 2,3 cm, karena diiringi dengan perkembangan anggota tubuh lainnya.

Minggu ke-10 sampai minggu ke-12

Pada minggu kesepuluh, kepala bayi sudah bulat dan sudah terdapat anggota geraknya. Kepala bayi akan menjadi lebih bulat dan jari menjadi lebih sempurna pada minggu ke-10.

Perkembangan ini akan diikuti dengan perkembangan telinga luar dan tali pusat yang terlihat lebih jelas. Di periode ini, ukuran panjang janin mencapai 3,1 cm dengan berat janin ideal 4 gram.

Pada minggu ke-11, bagian wajah bayi sudah terbentuk sempurna, tetapi bagian gigi baru akan tumbuh. Alat kelamin juga akan terbentuk menjadi penis atau klitoris dan labia mayora.

Berat tubuh janin saat ini sudah dua kali lipatnya, yaitu sekitar 7 sampai 8 gram dengan panjang 4,1 sentimeter. Pada minggu ke-12, kuku akan tumbuh dan ukuran panjang janin menjadi 5,4 cm dengan berat janin ideal sekitar 14 gram.

Perkembangan berat janin di trimester kedua

Minggu ke-13 sampai minggu ke-15

Memasuki trimester kedua, janin menjadi tampak lebih nyata. Pada minggu ke-13, janin sudah mulai mengeluarkan urine ke kantung amnion membuat cairan ketuban.

Tulang dan kerangka bayi sudah mulai mengeras, terutama di kepala dan tulang panjang. Kemudian kulit janin yang masih tipis dan transparan akan segera menebal.

Saat ini ukuran panjang bayi sekitar 7,4 cm dengan berat janin ideal sekitar 23 gram. Minggu ke-14, bagian leher dan tungkai bawah akan terlihat lebih jelas.

Sel darah merah membentuk limpa pada janin dan alat reproduksinya akan terlihat pada minggu ini atau beberapa minggu yang akan datang.

Ukuran panjang bayi saat ini adalah 8,7 cm dengan berat janin 43 gram. Minggu ke-15, pola rambut kulit kepala akan terbentuk dan ukuran panjang janin sekitar 10,1 cm dengan berat janin ideal sekitar 70 gram.

Minggu ke-16 sampai minggu ke-19

Minggu ke-16, kepala bayi sudah tegak dan pembentukan telinga sudah hampir sempurna. Gerakan anggota tubuh janin sudah dapat dideteksi dengan USG, tetapi masih terlalu sedikit untuk dirasakan. Ukuran panjang janin sekitar 11,6 cm dengan berat janin ideal 100 gram.

Kemudian pada minggu ke-17, kuku kaki sudah muncul dan janin menjadi lebih aktif dan jantungnya dapat memompa sekitar 100 liter darah per hari. Ukuran panjang janin sekitar 13 cm dengan berat janin sekitar 140 gram.

Pada minggu ke-18, bentuk telinga mulai menonjol dari sisi kepala, bagian mata sudah menghadap ke depan, dan pencernaan bayi sudah mulai bekerja. Ukuran panjang janin sekitar 14,2 cm dengan berat janin 190 sampai 200 gram.

Selanjutnya pada minggu ke-19, pertumbuhan bayi mulai melambat namun terbentuk kulit vernix caseosa (lapisan minyak yang melindungi kulit bayi dari lecet). Ukuran panjang janin sekitar 15,3 cm dengan berat janin ideal sekitar 240 gram.

Minggu ke-20 sampai minggu ke-22

Pada minggu ke-20, mungkin Anda dapat merasakan gerakan bayi dan alat reproduksi sudah terentu. Pada usia ini, Anda bisa melakukan USG untuk melihat jenis kelamin bayi Anda. Ukuran panjang janin sekitar 16,4 cm dengan berat janin sekitar 300 gram.

Pada minggu ke-21, kulit kepala sudah tertutupi dengan rambut halus (lanugo) kemungkinan bayi juga mengembangkan kemampuan mengisap. Ukuran panjang janin sekitar 25,6 cm dan berat janin 360 gram.

Pada minggu ke-22, rambut alis sudah mulai tumbuh dan testis pada janin laki-laki sudah mulai turun. Ukuran panjang bayi saat ini sekitar 27,8 cm dan berat janin sekitar 430 gram.

Minggu ke-23 sampai minggu ke-27

Pada minggu ke-23, janin sudah memiliki kemampuan untuk menggerakan mata dan cegukan, kadang sang ibu merasakan sentakan. Ukuran panjang janin saat ini sekitar 28,9 cm dengan berat janin 501 gram.

Kemudian pada minggu ke-24, sidik jari pada telapak tangan dan telapak kaki juga sudah tercipta. Selain itu, kulit janin mulai berkerut dan berwarna merah muda karena adanya kapiler. Ukuran panjang janin saat ini sekitar 300 cm dengan berat janin 600 gram.

Kemampuan bayi untuk merespon suara menjadi gerakan terjadi pada minggu ke-25 dengan ukuran panjang 34,6 cm dan beratnya 660 gram.

Selanjutnya, perkembangan paru-paru meningkat (gerakan mengembang dan mengempis), saraf janin sudah dapat bekerja dengan baik, dan kulit janin menjadi lebih halus karena mendapat lemak.

Ini terjadi pada minggu ke-26 dan minggu ke-27 dengan ukuran panjang janin sekitar 36,6 cm dan berat janin sudah mencapai 875 gram.

Perkembangan berat janin pada trimester ketiga

usia janin

Minggu ke-28

Setelah perkembangan paru-paru meningkat, pada minggu ke-28, sistem saraf pusat sudah dapat mengarahkan gerakan pernapasan berirama dan mengendalikan tubuh.

Ini juga disertai dengan pertumbuhan bulu mata dan sebagian kelopak mata janin yang dapat terbuka. Perkiraan panjang dan berat janin adalah sekitar 37,6 cm dan 1005 gram atau mencapai 1 kilogram.

Minggu ke-29 dan minggu ke-30

Pada minggu ke-29 dan minggu ke-30, gerakan janin semakin berkembang seperti menendang, meregang, dan membuat gerakan menggenggam.

Selain itu, rambut pada kepala sudah tumbuh dengan baik dan sel darah merah sudah terbentuk pada sumsum tulang janin. Perkiraan panjang dan berat janin adalah 39,9 cm dan 1,3 kilogram.

Minggu ke-31 sampai minggu ke-33

Pada minggu ke-31 sampai minggu ke-33, janin sudah sebagian besar menyelesaikan perkembangan tubuhnya dan beratnya terus bertambah besar dengan cepat.

Selanjutnya, tulang-tulang pada janin akan mengeras, tetapi tulang tengkorak masih tetap lembut dan lentur. Janin juga mengembangkan kemampuan pupil untuk merespons cahaya. Perkiraan panjang dan berat janin sudah mencapai 2 kilogram.

Minggu ke-34 sampai minggu ke-36

Selanjutnya, perkembangan kuku dan kulit janin sudah sempurna. Ini menyebabkan tubuh janin menjadi gemuk sehingga mulai terlihat ada lipatan.

Kondisi ini bisa membuat rahim sang ibu menjadi penuh dan mungkin menyulitkan janin untuk bergerak. Ini terjadi pada minggu ke-34 sampai minggu ke-36 dengan ukuran panjang dan berat janin sekitar 47,4 cm dan 2,6 kilogram.

Minggu ke-37 sampai minggu ke-39

Untuk mempersiapkan kelahiran, kepala janin akan mulai turun ke daerah panggul dan ukuran lingkar kepala hampir sama dengan ukuran perut janin.

Sebagian besar bayi juga akan melepaskan semua lanugo (rambut halus) pada tubuhnya dan lemak akan terus bertambah ke seluruh tubuh janin agar tubuhnya tetap hangat setelah dilahirkan.

Perkembangan ini terjadi pada minggu ke-37 sampai minggu ke-39 dengan ukuran panjang dan berat janin sekitar 3,2 kilogram.

Minggu ke-40 sampai minggu ke-42

Minggu ke-40 atau sebagian ibu ada yang melahirkan pada minggu ke-42, janin sudah dalam bentuk sempurna dan dalam berbagai ukuran, janin sudah siap untuk dilahirkan. Ukuran panjangnya berkisar antara 51,2 cm sampai 51,7 cm dan berat janin berkisar 3,4 kilogram sampai 3,6 kilogram.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Kondisi yang Mengharuskan Ibu Hamil Membatalkan Puasanya

Ibu hamil boleh puasa. Meski begitu, meneruskan puasa bagi ibu hamil dengan kondisi-kondisi ini tak cuma membahayakan kesehatannya, tapi juga bayinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 14/05/2020

6 Makanan Kaya Gizi yang Harus Ibu Hamil Penuhi Saat Sahur

Ibu hamil yang berpuasa tidak bisa makan sembarangan. Berikut beberapa contoh makanan sahur untuk ibu hamil yang bisa menjadi referensi Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hari Raya, Ramadan 13/05/2020

Berbagai Jenis Gangguan Makan yang Umum Dialami Ibu Hamil

Gangguan makan yang dialami oleh ibu hamil tentu akan memberikan dampak yang berbahaya bagi keselamatan dan perkembangan janin.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kulit Wajah Terlihat Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Alih-alih mendapatkan pregnancy glow, sebagian orang malah merasa kulit wajah jadi lebih kusam saat hamil. Apa penyebabnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Direkomendasikan untuk Anda

Apa Akibatnya pada Janin Jika Ibu Merokok Saat Hamil?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
hamil setelah keguguran

Hal yang Harus Diketahui Jika Ingin Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 18/05/2020
menu puasa untuk ibu hamil

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
obat maag ibu hamil

Pilihan Obat Maag yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020