12 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Kepanasan Saat Hamil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Ketika hamil, Anda mungkin akan merasa mudah kepanasan. Hal ini terjadi bukan hanya pengaruh perubahan cuaca, tetapi disebabkan oleh peningkatan temperatur tubuh. Ditambah cuaca di luar ruangan yang tak menentu, suasana hati pun mudah berubah-ubah. Normalkah hal tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya.

Mengapa ibu hamil sering merasa kepanasan?

Menurut Adelaide Nardone, MD, seorang ob-gyn di Providence, Rhode Island, dan penasihat medis untuk Vagisil Women’s Health Center yang dikutip oleh webMD, perubahan suhu tubuh memang dialami oleh ibu hamil; disebut juga sebagai intoleransi panas. Temperatur tubuh meningkat karena Anda memiliki sekitar 40% lebih banyak darah yang memompa tubuh Anda untuk memasok kebutuhan bayi yang belum lahir. Energi yang diperlukan untuk bergerak ketika hamil pun dapat membuat Anda merasa hangat. Selain itu, jantung Anda pun akan membesar dan sedikit bergeser ke satu sisi karena rahim Anda ikut melebar selama beberapa bulan. Hal ini akan membuat tubuh Anda bekerja lebih keras untuk tetap merasa dingin.

Rasa panas pada tubuh, apalagi cuaca panas, akan membuat Anda menjadi mudah berkeringat dan dehidrasi. Ketika Anda dehidrasi berlebihan akan menyebabkan otot lemah, kram, dan pada kasus yang berat beberapa ibu hamil bisa mengalami hilang kesadaran.

Mengompres dengan air dingin yang diaplikasikan di belakang leher, di dahi, dan di kepala Anda baik untuk membuat temperatur tubuh Anda tetap turun. Pastikan Anda juga meminum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi, paling tidak 8 gelas air putih atau gunakan cairan pengganti elektrolit seperti jus jeruk dan susu, ketika Anda berada di luar, berkeringat, dan cuaca panas.

Cara apa saja yang bisa dilakukan agar tubuh tetap dingin?

Ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba untuk mengatasi kepanasan, seperti:

  1. Berenang tidak hanya membuat tubuh Anda dingin, namun juga dapat membantu mengurangi berat badan Anda. Menurut Ann Douglas, penulis The Mother of All Pregnancy Books yang dikutip webMD, berenang adalah olahraga yang baik untuk ibu hamil
  2. Gunakan pakaian yang nyaman. Anda bisa memilih pakaian yang dapat menyerap keringat, berbahan katun. Cara ini akan membuat Anda tetap dingin dan membantu menghindari dari panas di bawah payudara dan perut Anda; masalah yang sering dialami oleh ibu hamil.
  3. Membawa air di botol yang dapat disemprotkan, Anda bisa menggunakannya setiap kali mulai merasa panas.
  4. Jika Anda ingin berolahraga, lakukan di cuaca yang teduh. Hindari juga olahraga yang dapat menyebabkan Anda sangat kepanasan. Namun, sebelum berolahraga sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan Anda untuk mengetahui ada atau tidaknya risiko untuk kehamilan.
  5. Latihan pernapasan juga dapat membuat Anda tetap merasa dingin. Anda bisa mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil, karena Anda juga bisa latihan pernapasan untuk mempersiapkan kelahiran.
  6. Hindari terkena sinar matahari langsung, karena ibu hamil cenderung mudah terbakar matahari dibandingkan dengan yang tidak hamil.
  7. Hindari aktivitas berat di luar ruangan selama cuaca panas di luar.
  8. Jika Anda merasa lemah, letih, pusing, merasa ‘melayang’ atau haus berlebihan ketika cuaca panas, sebaiknya Anda segera masuk ke dalam ruangan. Berbaring dan minum air putih. Jika Anda tidak merasakan perubahan yang baik, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.
  9. Membeli kipas kecil dengan baterai agar bisa dibawa ke mana-mana, Anda bisa menggunakannya saat merasa panas.
  10. Buat  kamar tidur Anda terasa dingin. Ketika Anda berada seharian di rumah, Anda bisa membuka jendela kamar, namun menutup gordennya untuk menghindari cahaya matahari masuk. Mandi air dingin (air biasa) sebelum tidur juga bisa dilakukan untuk mengatasi rasa panas di malam hari, namun pastikan Anda tidak berkeringat sebelum mandi. Jika Anda tidak tahan panas yang dirasakan pada tengah malam, Anda juga bisa mandi kembali. Usahakan ketika memutuskan untuk mandi, Anda tidak merasa kedinginan.
  11. Hindari kafein. Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan temperatur inti tubuh Anda. Selain itu, minuman kafein dapat membuat kandung kemih Anda terganggu, sehingga Anda akan lebih sering ke kamar mandi.
  12. Makan makanan yang dingin atau segar. Anda bisa memilih buat yang kaya akan air, seperti melon, semangka, berry, salad buah, timun, dan selada. Sop buah dingin, jus buah, es loli, bahkan bayam juga bisa membuat tubuh Anda merasa segar. Menurut Adela Hamilton, dosen kebidanan di City University di London, yogurt natural langsung dari kulkas dengan potongan buah juga baik untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:

 

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pengalaman 4 Kali Gagal Program Bayi Tabung, Kini Kami Dianugerahi 4 Bayi Kembar

Program kehamilan normal tak bisa kami jalani sebagaimana pasangan lainnya. Kami terpaksa mengikuti program bayi tabung.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Menanti Momongan 1 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit

Memahami Fungsi Hormon FSH dan LH pada Sistem Reproduksi

Fungsi hormon FSH dan LH berperan penting pada sistem reproduksi pria dan wanita. Ketahui apa saja fungsi kedua hormon tersebut lebih lanjut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kapan Bisa Mulai Mendengar Detak Jantung Janin Dalam Kandungan?

Detak jantung janin mulai berdegup di sekitar minggu keenam kehamilan, tapi kadang suaranya masih terlalu lemah untuk Anda bisa dengar. Kapan waktunya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ingin mencoba suplemen vitamin E supaya cepat hamil? Eits, simak dulu penjelasan lengkap dari berbagai penelitian soal manfaat vitamin E untuk kesuburan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara membaca hasil usg

Agar Lebih Akurat, Begini Cara Membaca Hasil USG Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
minyak kelapa untuk bayi

Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
perkembangan jantung janin

Mengenal 4 Tahap Perkembangan Jantung Janin di Tiap Trimester

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 7 menit
pembukaan persalinan

Kenapa Gerakan Janin Berkurang Menjelang Persalinan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit