Ini Manfaat Jika Sering Makan Yogurt Saat Hamil

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 Agustus 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Saat hamil, banyak dari Anda mungkin sangat mengkhawatirkan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan. Beberapa makanan bisa membuat Anda menjadi lebih berisiko terkena masalah saat hamil. Contohnya saja, seperti makanan mentah dan makanan yang tidak dipasteurisasi. Lalu, bagaimana dengan makan yogurt saat hamil? Apakah aman?

Apakah aman makan yogurt saat hamil?

Yogurt merupakan salah satu produk fermentasi susu. Bakteri tertentu sengaja dimasukkan ke dalam susu, sehingga menjadi yogurt. Rasa asam yang dimiliki yogurt terjadi karena bakteri yogurt menghasilkan asam laktat yang bereaksi dengan protein susu. Apakah yogurt melalui proses pasteurisasi? Jawabannya adalah ya. Sebagian besar produk yogurt sudah mengalami proses pasteurisasi sehingga aman dimakan oleh ibu hamil.

Yogurt seperti apa yang harus dihindari saat hamil?

Jangan sekali-kali memakan yogurt yang belum mengalami proses pasteurisasi atau terbuat dari susu yang belum dipasteurisasi. Ini dapat membahayakan Anda karena bisa saja mengandung bakteri jahat. Penting bagi Anda untuk selalu membaca label produk yogurt sebelum membelinya. Yogurt yang dibuat sendiri atau dibuat oleh industri rumahan biasanya belum dipasteurisasi.

Selain itu, pilihlah yogurt yang tidak mengandung lemak tinggi (full-fat). Yogurt jenis ini mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan jantung Anda. Terlalu banyak kandungan lemak juga dapat menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan berlebih. Sebaiknya pilih yogurt dengan kandungan lemak rendah atau bebas lemak.

Apa saja manfaat makan yogurt saat hamil?

Yogurt merupakan salah satu sumber makanan sehat. Yogurt merupakan pilihan baik untuk Anda konsumsi sebagai makanan selingan atau snack. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari yogurt. Apa saja?

Membantu mencukupi nutrisi yang Anda butuhkan

Seperti yang sudah sering Anda dengar, yogurt merupakan salah satu sumber kalsium. Ya, kalsium terdapat dalam yogurt karena yogurt terbuat dari susu. Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang Anda saat hamil. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Selain kalsium, yogurt juga mengandung banyak protein yang diperlukan untuk pertumbuhan sel baru dan perbaikan sel. Vitamin dan mineral yang banyak Anda butuhkan selama kehamilan juga banyak terkandung dalam yogurt.

Meningkatkan kesehatan pencernaan Anda

Yogurt merupakan salah satu sumber probiotik atau bakteri baik. Probiotik sendiri dapat memberikan manfaat yang banyak bagi Anda. Bakteri baik dalam yogurt dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda selama kehamilan, meningkatkan kemampuan usus dalam menyerap makanan, dan juga dapat mencegah Anda dari sembelit. Kemampuan pencernaan Anda bisa menurun selama kehamilan, sehingga Anda mungkin membutuhkan yogurt untuk meningkatkannya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

You are already subscribed to notifications.
Sumber

Hendrickson, K. (2013). Can I Eat Yogurt During Pregnancy?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/302993-can-i-eat-yogurt-during-pregnancy/ [Accessed 1 Feb. 2017].

Yogurt During Pregnancy - New Kids Center. [online] Available at: http://www.newkidscenter.com/Yogurt-During-Pregnancy.html [Accessed 1 Feb. 2017].

Ghosh, M. (2016). Yogurt During Pregnancy - Is It Safe To Consume?. [online] MomJunction. Available at: http://www.momjunction.com/articles/safe-eat-yogurt-pregnancy_0086568/#gref [Accessed 1 Feb. 2017].

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Gejala dan Bahaya Tekanan Darah Tinggi Setelah Melahirkan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi setelah melahirkan dikenal dengan istilah postpartum preeklampsia. Apa saja gejala dan bahayanya? Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hipertensi, Kesehatan Jantung 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Muncul Garis Hitam di Perut Saat Hamil, Apa Sih Artinya?

Saat hamil, Anda mungkin akan menemukan garis hitam di perut pada usia kehamilan yang mulai besar. Tapi, tidak semua ibu hamil punya garis ini. Mengapa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Sebelum Memberikan Yoghurt untuk Bayi, Ini Panduan yang Perlu Dipahami

Yogurt memiiki rasa yang asam. Meskipun asam, manfaat yogurt sangat penting untuk kesehatan usus. Lantas, kapan yogurt untuk anak bisa diberikan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Gizi Bayi, Parenting 8 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Awas! Ini Bahayanya Jika Ibu Kekurangan Yodium Saat Hamil

Tidak sedikit wanita hamil yang belum mengetahui pentingnya yodium. Padahal, kekurangan yodium saat hamil memiliki dampak yang buruk bagi janin.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 7 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Apa yang Terjadi Pada Bayi Jika Ibu Stres Saat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor

Pahami Faktor Penentu Persalinan Caesar sebagai Persiapan Sambut si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit