Hamil Dengan Thalassemia, Apa Saja Risikonya Bagi Ibu dan Janin?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Penyakit thalassemia adalah penyakit kelainan pada darah turunan yang membuat seseorang tidak mampu menghasilkan protein dalam darah (hemoglobin). Hal ini membuat orang dengan thalassemia berisiko alami kekurangan darah hingga anemia. Lantas, bagaimana jika wanita dengan thalassemia hamil? Apakah thalassemia pada kehamilan akan memengaruhi kondisi ibu dan janin? Apakah bisa ibu yang hamil dengan thalassemia melahirkan secara normal? Apa saja yang harus diperhatikan? Simak ulasannya berikut ini.

Apakah hamil dengan thalassemia berdampak buruk bagi janin dan ibu?

Biasanya, orang dengan thalassemia membutuhkan transfusi darah secara rutin. Hal ini disebabkan karena penyakit ini membuat pasien tidak dapat menghasilkan hemoglobin yang membawa oksigen serta makanan di dalam darah. Kondisi ini bisa menjadi masalah besar bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah kondisi yang dapat dialami wanita dengan thalassemia yang perlu diperhatikan sebelum dan selama kehamilan:

Sementara itu, kesehatan janin  juga bisa terganggu. Risiko yang dihadapi bayi ketika ibunya hamil dengan thalassemia adalah:

  • Gangguan pertumbuhan
  • Berat badan lahir rendah
  • Lahir cacat
  • Spina bifida

Meskipun begitu, belum tentu ibu dengan thalassemia akan mengalami hal-hal tersebut. Maka itu, thalassemia pada kehamilan harus selalu dipantau.

Pengobatan apa yang dilakukan jika hamil dengan thalassemia?

Tidak ada perbedaan pengobatan pada ibu yang thalassemia dan sedang hamil dengan wanita thalassemia yang tak hamil. Pengobatannya tergantung pada jenis thalassemia yang diderita, bisa saja Anda mendapatkan obat minum biasa hingga harus melakukan transfusi darah secara rutin.

Transfusi darah secara rutin perlu Anda lakukan jika Anda memiliki thalassemia alfa, karena jenis thalassemia ini akan membuat Anda mengalami anemia kronis. Sementara itu, bila Anda mengalami thalassemia beta, maka pengobatan yang diberikan akan lebih bervariasi.

obat batuk untuk ibu hamil

Ibu yang hamil dengan thalassemia juga harus mengonsumsi lebih banyak suplemen asam folat guna mencegah risiko spina bifida pada bayi ketika ia lahir. Asam folat yang dibutuhkan bagi ibu dengan thalassemia adalah sekitar 5 mg per hari. Bahkan, suplemen ini sudah dianjurkan ketika Anda sudah mulai merencanakan untuk hamil. Untuk tahu kapan pastinya Anda dapat mengonsumsi suplemen ini, diskusikan dengan dokter.

Selain itu, pemeriksaan kehamilan juga harus dilakukan secara rutin dan lebih sering. Dokter menganjurkan untuk melakukan USG lebih awal, yaitu ketika 7-9 usia kehamilan. Saat kehamilan memasuki usia 18 minggu, maka Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan biometri janin setiap 4 minggu sekali hingga usia kehamilan mencapai 24 minggu.

Apakah thalassemia pada kehamilan akan berdampak pada proses melahirkan nantinya?

Anda masih bisa melahirkan normal (melalui vagina). Jika memang kondisi Anda dan janin baik-baik saja, maka tak perlu ada operasi caesar. Thalassemia pada kehamilan bukanlah tanda bahwa Anda pasti harus operasi caesar nantinya.

Tidak ada prosedur khusus yang dilakukan ketika proses persalinan dilakukan. Hal ini akan disesuaikan dengan kondisi Anda dan janin. Namun, ibu dengan thalassemia berisiko mengalami gangguan fungsi jantung dan memiliki jumlah hemoglobin yang sangat rendah selama proses persalinan berlangsung.

Namun, jangan takut, dokter tentunya akan berusaha untuk meminimalkan risiko yang terjadi selama persalinan. Bila Anda ada ketakutan tersendiri, diskusikan pada dokter sebelum hari persalinan datang.

Apakah anak yang lahir nanti sudah pasti mengalami thalassemia juga?

Mengingat bahwa thalassemia adalah penyakit genetik atau keturunan, maka ada kemungkinan si kecil akan mengalami kelainan darah ini juga. Namun, hal ini tergantung dengan jenis gen yang ia bawa. Bisa saja si kecil hanya sebatas “pembawa” gen thalassemia, yaitu ada gen thalassemia di dalam tubuhnya tapi tidak aktif, sehingga si kecil hanya menjadi pembawa gen saja.

Sementara itu, tak menutup kemungkinan ia akan mewarisi penyakit thalassemia langsung – bukan sekadar membawa gen – bila hal ini terjadi, maka sebaiknya segera periksakan si kecil pada dokter anak.

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir

Kalkulator ini dapat memperkirakan kapan hari persalinan Anda.

Cek HPL di Sini
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Suka olahraga di pagi hari dan harus minum kopi dulu biar segar? Penelitian membuktikan kalau minum kopi sebelum olahraga ternyata baik buat tubuh, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gizi Olahraga, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Menggaruk alat kelamin terkadang sudah menjadi kebiasaan, tapi bisa juga karena memang terasa gatal. Apa saja penyebab buah zakar gatal? Apakah berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Cara Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Anda dan Pasangan

Saat sedang menjalani promil, Anda perlu tahu berbagai cara cepat hamil yang perlu dilakukan bersama pasangan. Berikut tipsnya untuk Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesuburan, Kehamilan 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bercak darah tanda hamil atau menstruasi

Apa Bedanya Bercak Darah Tanda Hamil atau Menstruasi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit