Apakah Aman Cabut Gigi Saat Hamil?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Perubahan hormon selama kehamilan dapat membuat ibu lebih rentan mengalami kerusakan gigi dan infeksi gusi. Muntah-muntah karena morning sickness selama hamil juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Penyakit gusi saat hamil dilaporkan menjadi salah satu faktor kelahiran prematur. Lantas, jika masalah gigi sudah terlanjur parah sehingga harus cabut gigi saat hamil, apakah aman?

Apakah aman cabut gigi saat hamil?

Pada umumnya, Anda harus dibius dulu sebelum cabut gigi agar tidak merasa sakit. Keamanan seputar obat bius dan potensi efeknya pada janin dalam kandungan masih terus diperdebatkan. Obat bius jenis lidocaine diketahui bisa masuk ke dalam plasenta lewat aliran darah ibu, dan dicurigai bisa memengaruhi perkembangan janin.

Tapi, ternyata cabut gigi saat hamil masih tergolong aman. Sebuah penelitian terbitan Journal of American Dental Association tahun 2015 melaporkan bahwa penggunaan lidocaine saat cabut gigi tidak bergitu berpengaruh terhadap risiko keguguran, cacat lahir, atau kelahiran prematur. Efek obat bius ini juga tidak memengaruhi berat bayi, setelah membandingkan antara kelompok ibu hamil yang disuntik Lidocaine dan yang tidak. Terlebih, manfaat cabut gigi untuk menghentikan infeksi gigi lebih besar daripada risikonya.

Walau begitu, Anda tetap tidak boleh lupa untuk memberi tahu dokter gigi bahwa Anda sedang hamil begitu akan menjadwalkan cabut gigi. Dokter mungkin akan mempertimbangkan menurunkan dosis atau mengganti jenis obat bius yang akan diberikan pada Anda. Dokter mungkin juga akan meresepkan obat pereda nyeri yang lebih aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Yang perlu dicatat, jika Anda masih merasakan sakit yang tak tertahankan, sebaiknya minta tambahan obat bius. Anda harus merasa senyaman mungkin saat cabut gigi. Jika tidak, stres yang Anda alami selama prosesnya bisa memengaruhi janin Anda. Semakin Anda nyaman, semakin mudah juga obat bius bekerja.

Kapan sebaiknya melakukan cabut gigi saat hamil?

Waktu terbaik untuk melakukan cabut gigi saat hamil adalah pada trimester kedua kehamilan. Ini adalah waktu paling aman karena pada saat ini janin sudah berkembang dengan cukup baik. Jika dilakukan terlalu dini pada trimester pertama, janin masih dalam tahap tumbuh kembang yang kritis untuk memantapkan organ-organ pentingnya. Dikhawatirkan, obat yang diterima ibu saat cabut gigi pada waktu ini dapat memengaruhi perkembangan janin.

Lalu, apa tidak bisa cabut gigi dilakukan pada trimester ketiga? Bisa saja dan aman dilakukan. Tapi, ibu hamil akan lebih sulit untuk duduk lama atau berbaring telentang di posisi yang sama pada trimester ketiga. Karena, pada trimester ketiga perut ibu hamil akan lebih besar sehingga membuatnya tidak nyaman jika duduk lama.

Perawatan gigi lainnya, seperti pemutihan gigi dan prosedur kosmetik lainnya, sebaiknya dihindari dilakukan saat hamil.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca