Apakah Anda termasuk penggemar game online? Jika iya, hati-hati kecanduan. Sebab banyak orang yang tak menyadari dirinya adalah pecandu game online. Lalu apa tanda dari kecanduan game online? Bagaimana mengatasinya?

Apa saja tanda seseorang kecanduan game online?

Sebenarnya, game online memang tak seburuk anggapan sebagian besar orang. Bila dipergunakan dengan bijaksana, bermain permainan di gadget, dapat menurunkan tingkat stres yang sedang dialami. Tapi, apa jadinya jika malah terlalu sering dan akhirnya kecanduan bermain game online?

Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa kecanduan game, termasuk game online justru dapat meningkatkan rasa stres dan depresi pada seseorang, menjadi lebih apatis, bahkan hingga menimbulkan kekerasan.

Bisa jadi, Anda tak menyadari bahwa Anda sedang kecanduan game online. Untuk itu, berikut adalah tanda-tandanya:

  • Setiap bermain selalu menghabiskan waktu yang lama, bahkan meningkat durasinya dari hari ke hari.
  • Merasa mudah marah dan tersinggung saat dilarang atau diminta berhenti bermain game.
  • Selalu berpikir tentang game online ketika mengerjakan aktivitas lainnya.

Bagaimana cara mengatasi kecanduan game online?

Bila Anda telah sadar bahwa Anda kecanduan game online, namun belum mampu menghentikannya hingga saat ini, Anda dapat melakukan hal-hal berikut.

1. Hitung berapa lama Anda menghabiskan waktu di depan layar untuk memainkan game online

Untuk membuat Anda lebih tersadar, Anda bisa mencoba sendiri menghitung waktu atau durasi yang Anda gunakan ketika bermain game online. Kalau perlu minta bantuan orang terdekat Anda untuk membantu Anda dalam menghitungnya.

Atau Anda juga bisa membuat catatan sendiri agar Anda tahu dengan pasti berapa lama waktu yang Anda habiskan hanya untuk game online. Bahkan kalau bisa buat catatan hingga satu minggu dan kemudian lihat total penggunaan waktu yang Anda habiskan. Bandingkan dengan kegiatan Anda sehari-hari, mungkin Anda telah menggunakan waktu penting Anda untuk bermain game online saja.

2. Kurangi perlahan-lahan, jangan sekaligus berhenti

Setelah tahu bahwa Anda menghabiskan waktu 20 jam dalam satu minggu – yang berarti Anda menggunakan waktu seharian penuh – untuk bermain game online, maka sudah saatnya Anda menguranginya dengan perlahan.

Susah memang jika harus menghentikan atau tidak melihat layar permainan sama sekali,karena itu coba untuk mengurangi durasinya. Misal dari yang 20 jam, Anda targetkan hanya 18 jam. Cobalah untuk membuat target mengurangi waktu bermain hingga 10% setiap minggunya, sehingga pada akhirnya di bulan berikutnya Anda hanya menghabiskan waktu sekitar 5 jam saja.

membuat keputusan

3. Bulatkan tekad Anda untuk berhenti

Hal yang paling penting dalam mengatasi segala kecanduan adalah niat – ini juga berlaku pada kasus Anda. Kuncinya di sini adalah bagaimana Anda dapat membuat prioritas dalam hidup Anda. Bila Anda menyadari bahwa banyak hal yang masih lebih penting ketimbang bermain game, maka Anda akan lebih mudah untuk membiasakan diri untuk tidak kecanduan game online.

4. Jangan ragu untuk menyetel pengaturan otomatis

Jika jam pengingat Anda tidak mempan untuk membuat Anda berhenti bermain, maka Anda bisa menggunakan fitur di dalam gadget Anda untuk mematikan otomatis. Hal ini perlu dilakukan untuk memaksa Anda berhenti melakukannya. Bila Anda sudah bisa mengendalikan diri dan dapat memberhentikan diri sendiri, maka Anda bisa menggunakan metode awal, hanya dengan jam pengingat saja.

5. Setiap Anda bisa menghindari game online, beri ‘hadiah’ pada diri Anda sendiri

Bila Anda bisa mengendalikan diri Anda untuk berhenti pada waktu yang ditentukan maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan apresiasi pada diri. Misalnya, dengan melakukan hal-hal lain yang Anda sukai atau makan makanan yang Anda gemari – tentu bukan kembali bermain game lagi ya. Anda juga bisa memberikan waktu Anda tersebut untuk pasangan, keluarga, dan teman-teman Anda yang mungkin telah Anda tinggalkan selama ini akibat game online.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca