10 Cara Ampuh Untuk Mengendalikan Nyeri Kanker

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Nyeri kanker serviks dapat menyebabkan nyeri tulang dan bahkan nyeri kronis pada sisi tubuh atau punggung yang disebabkan oleh pembengkakan di ginjal. Namun, ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh Anda dan keluarga untuk mengendalikan nyeri Anda.

Berbagai cara ampuh untuk mengendalikan nyeri kanker

Akupuntur

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan efek akupuntur dalam mengurangi nyeri otot atau nyeri tulang bagi sebagian orang dengan nyeri kanker serviks stadium lanjut. Akupuntur membantu tubuh melepaskan sejumlah bahan kimia yang dapat memberikan Anda mendapatkan kelegaan, terutama ketika nyeri kanker menyebabkan kejang otot yang membuat nyeri memburuk.

Teh jahe

Secangkir teh jahe adalah salah satu solusi alami yang dianggap sangat efektif mengobati nyeri. Selain itu, cara untuk mengatasi nyeri kanker ini tidak menyebabkan efek samping dan juga meningkatkan kondisi Anda, berkat nilai obatnya. Anda dapat minum teh jahe 4-5 kali sehari, terutama di pagi hari tapi jangan meminumnya di malam hari. Anda juga dapat mengunyah sepotong jahe kapanpun nyeri terasa hebat.

Tawa

Ketika nyeri kanker serviks muncul, Anda biasanya merasa tidak enak dan selalu memikirkannya. Melepas stres fisik dengan tawa efeknya lebih baik dari yang Anda duga. Anda dapat menonton video lucu atau meminta keluarga untuk menceritakan lelucon. Tawa juga menyantaikan pikiran dan membantu mengurangi kecemasan dan kegugupan. Cobalah untuk tertawa ketika Anda harus menghadapi nyeri Anda.

Olahraga dan diet

Mengombinasikan olahraga dan diet sehat dapat membantu Anda dalam mengatasi nyeri dan juga kelelahan otot yang berkaitan dengan kanker serviks dan pengobatan. Olahraga membantu Anda memperoleh kekebalan dan melawan kanker bersama dengan pencegahan kekambuhan lebih lanjut. Selain itu, diet bertanggung jawab untuk mengobati kanker serviks dan nyeri. Anda harus menambahkan buah-buahan dan sayuran segar ke dalam menu Anda karena makanan tersebut membantu dalam mengurangi nyeri yang disebabkan oleh kanker.

Obat nyeri

Anda harus mencegah nyeri daripada mengobatinya. Dianjurkan bagi Anda untuk minum obat sebelum nyeri Anda memburuk. Selain itu, Anda perlu mengikuti petunjuk dokter dan jangan menggunakan dosis dengan lebih. Baik bagi Anda untuk minum obat nyeri sekitar setengah jam sebelum melakukan olahraga yang dapat menyebabkan nyeri.

Seduh bubuk cabe dalam air

Semakin pedas, semakin Anda bisa merasa lebih baik. Anda dapat mencoba setengah gram bubuk Naga Bhut Jolokia dari India. Ini dianggap sebagai cabe sangat pedas. Sebuah survey menunjukkan bahwa wanita penderita kanker mengalami nyeri yang mereda hingga 80% ketika ia menggunakan bubuk ini tiga sampai empat kali sehari. Kemudian ia merasa lebih baik daripada yang dirasakannya dua tahun terakhir.

Vitamin B-2

Vitamin B-2 adalah vitamin yang larut dalam air yang berguna untuk mencegah sel pra-kanker atau sel kanker tumbuh pada leher rahim. Selain itu, vitamin ini dapat membantu Anda memperbaiki kerusakan jaringan serviks, mengurangi peradangan sistem serviks dan reproduksi, mengenyahkan human papilloma virus dan mengurangi resiko displasia serviks. Sumber yang baik dari vitamin B-2 adalah hati, sereal yang diperkaya, jamur, telur, almond, susu, dan sarden.

Teknik pelepasan emosi

Anda dapat melakukan metode ini dengan mengetukkan jari telunjuk dan jari tengah pada titik meridian energi tubuh Anda. Ini bekerja untuk merangsang dan membangun kembali aliran energi yang terganggu, dan seringkali menghapuskan rasa nyeri dan banyak lagi. Teknik ini terbukti meredakan rasa nyeri dengan efektif.

Meditasi

Meditasi memiliki metode yang dapat membantu Anda mengobati nyeri kanker serviks tanpa menggunakan obat-obatan. Meskipun teknik meditasi yang berbeda memberikan efek yng berbeda pada nyeri Anda, dapat disimpulkan bahwa meditasi memperbaiki masalah fisiologis dan fisik Anda, dan kemudian beserta dengan rasa nyeri Anda.

Kunyit

Menggunakan tanaman herbal untuk mengobati nyeri kanker serviks Anda, kenapa tidak? Kunyit, juga disebut sebagai Curcuma longa, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Kunyit meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda, mengurangi peradangan serviks, menghancurkan human papilloma virus, mengurangi gejala kanker serviks seperti pendarahan yang deras atau berlebihan dan nyeri panggul, menyembuhkan lesi dan membatasi penyebaran sel-sel kanker serviks.

Ini adalah 10 tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri kanker serviks Anda. Beberapa metode mungkin dapat bekerja untuk orang tetapi tidak untuk Anda, jadi bersabarlah untuk mencoba dan mengubah cara yang tidak membantu mengatasi nyeri kanker Anda. Jika tubuh Anda mengalami reaksi terhadap metode apapun, konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    3 Jenis Makanan Sehat Pencegah Kanker Serviks

    Mencegah kanker serviks selalu lebih baik daripada mengobati. Makanan berikut ini bisa menjadi alternatif Anda sebagai pencegah kanker serviks. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Kanker Serviks, Kanker 27 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

    6 Jenis Obat Kanker Serviks yang Umum Digunakan

    Ketika seorang wanita dinyatakan memiliki kanker serviks, salah satu perawatannya yakni dengan memberikan berbagai obat. Apa saja pilihannya?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Kanker Serviks, Kanker 21 Januari 2020 . Waktu baca 7 menit

    Kanker Lidah Stadium Awal: Gejala, Harapan Hidup, dan Cara Mengobatinya

    Dalam banyak kasus, peluang kesembuhan kanker lidah akan lebih besar bila ciri-ciri stadium kanker yang dimiliki dalam tahap awal. Simak penjelasannya!

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 18 Oktober 2019 . Waktu baca 6 menit

    Perlukah Saya Melakukan Pap Smear Setelah Melahirkan?

    Selain melakukan kontrol rutin ke dokter, ibu yang baru saja melahirkan juga dianjurkan untuk tes pap smear. Kapan harus pap smear setelah melahirkan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Perawatan Ibu, Perawatan Setelah Persalinan, Kehamilan 18 Januari 2019 . Waktu baca 3 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    vaksin HPV

    Vaksin HPV: Ketahui Manfaat, Efek Samping, dan Jadwal Pemberiannya

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 13 November 2020 . Waktu baca 10 menit
    akibat komplikasi kanker ovarium

    Komplikasi yang Dapat Terjadi Akibat Penyakit dan Pengobatan Kanker Ovarium

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 23 Juli 2020 . Waktu baca 6 menit
    covid-19 bunuh diri

    Begini Cara Mengatur Perawatan Kanker Selama Wabah COVID-19

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 26 Maret 2020 . Waktu baca 6 menit
    obat herbal kanker serviks

    Mengobati Kanker Serviks Secara Alami dengan Obat Herbal dan Gaya Hidup

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 28 Februari 2020 . Waktu baca 9 menit