Infografik: Data Kasus Bunuh Diri di Indonesia

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Bunuh diri adalah salah satu kasus serius yang sering terlupakan. Entah karena dianggap sebagai sesuatu yang terlalu ekstrem, atau karena tak banyak orang yang mengenal seseorang yang melakukan bunuh diri. Padahal, angka bunuh diri di Indonesia tak bisa dibilang sepele.

Sepanjang 2005 saja ada sebanyak 30.000 kasus bunuh diri yang tercatat di Indonesia, dan ini hanyalah yang dilaporkan saja. Ada banyak kejadian bunuh diri yang ditutup-tutupi, entah karena rasa malu keluarganya, atau demi menjaga kehormatan almarhum.

Sering kali, seseorang yang memiliki niatan bunuh diri sudah menunjukkan beberapa tanda dan gejala yang bisa diamati oleh orang-orang terdekatnya. Sayangnya, banyak orang mengabaikan hal ini dengan alasan ‘mungkin hanya galau sementara saja’, atau meremehkan dengan pikiran ‘tak mungkin dia bunuh diri’, hingga akhirnya semua terlambat. Kondisi ini diperparah dengan anggapan masyarakat di Indonesia yang menganggap depresi adalah hal yang normal, dan dianggap sama saja seperti stres biasa. Padahal, tak hanya stres yang bersifat sementara dan tak terlalu serius, depresi sudah dikategorikan sebagai gangguan kesehatan mental, dan jika dibiarkan tak jarang berujung pada percobaan bunuh diri.

Agar hal ini tak terjadi pada Anda maupun orang-orang terdekat Anda, pastikan Anda membekali diri Anda dengan berbagai pengetahuan seputar pencegahan bunuh diri berikut ini, dan hubungi 500-454 untuk konseling (buka 24 jam) kapanpun Anda merasa Anda butuh bantuan untuk menghentikan keinginan bunuh diri.

Simak pula infografik berikut ini yang menunjukkan data seputar kasus bunuh diri di Indonesia.

infografik bunuh diri di indonesia - hellosehat

Sumber
Yang juga perlu Anda baca