PPOK Bikin Anda Susah Makan Enak? Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 03/12/2018 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis adalah sekumpulan gejala yang terkait gangguan pada paru, seperti emfisema dan bronkitis. Seringnya, orang dengan PPOK susah makan sehingga mengalami berat badan mereka turun drastis Kenapa bisa begitu? Lantas, adakah cara untuk mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini.

Kenapa orang dengan PPOK susah makan?

Makan bagi orang dengan PPOK merupakan suatu tantangan. Mengapa? Tentu saja karena gejala PPOK terus menganggu sehingga pasien tidak bisa makan dengan nyaman dan menikmatinya dengan baik.

PPOK membuat seseorang terengah-engah ketika bernapas. Ketika mereka mengunyah atau menelan makanan, udara yang mengalir ke paru akan terpotong. Selain itu, makanan yang dicerna juga butuh oksigen cadangan. Hal ini menyebabkan persedian oksigen yang minim semakin berkurang sehingga bisa menyebabkan sesak napas.

Gejala PPOK seperti kelelahan juga bisa jadi penyebabnya. Paru yang bekerja lebih keras untuk bernapas, bisa memakan energi lebih banyak. Ini membuat tubuh jadi tidak bertenaga dan selera makan jadi menurun. Itulah sebabnya hampir sepertiga pasien PPOK mengalami penurunan berat badan.

Tips buat pasien PPOK yang susah makan

Orang dengan PPOK yang susah makan lambat laun bisa kekurangan gizi. Padahal, nutrisi dari makanan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kapasitas paru untuk bernapas.

Maka, jangan sampai menuruti “teror” malas makan. Anda bisa kekurangan nutrisi berkepanjangan dan penyakit jadi semakin memburuk.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar makan lebih enak, tenang, dan lahap adalah:

1. Buang dahak dulu sebelum makan

Orang dengan PPPOK memproduksi lendir lebih banyak yang dapat melapisi paru dan tenggorokan. Nah, untuk membersihkan ekstra lendir tersebut, Anda akan terus batuk. Anda tentu tidak ingin terus batuk saat makan, bukan?

Nah, ada cara mudah untuk membersihkan saluran pernapasan dan mencegah batuk saat makan. Anda cukup duduk tegak dan condongkan tubuh lebih ke depan. Kemudian, lipat kedua tangan di perut dan ambil napas panjang dari hidung.

Lalu, buka mulut Anda sedikit dan batuk sebanyak dua atu tiga kali. Keluarkan dan buang dahak dan lanjutkan dengan napas panjang untuk mencegah lendir kembali ke saluran udara.

2. Kunyah dan telan secara perlahan

Makan dengan cepat atau buru-buru tidak hanya mengganggu pencernaan, tapi juga menguras energi dan asupan oksigen. Akibatnya, napas Anda jadi semakin sesak dan akhirnya susah makan.

Saat Anda makan, sebaiknya makan dalam gigitan kecil dan kunyah secara perlahan. Cobalah untuk memasukkan makanan ke mulut secara hati-hati dan rasakan makanan yang Anda makan.

3. Pilih makanan yang mudah dikunyah dan ditelan

Makanan dengan tekstur keras cukup sulit dikunyah dan ditelan oleh pasien PPOK sehingga merisikokan tersedak atau potongan makanan malah masuk ke paru (pneumonia aspirasi). Mengunyah terlalu lama juga menghabiskan energi sehingga sulit bagi Anda untuk menghabiskan makanan.

Jadi, pilih makanan yang teksturnya lembut. Selain lebih mudah dimakan, energi jadi lebih sedikit digunakan. Masak daging atau sayur lebih matang daripada setengah matang atau bisa dibuat sup. Sementara buah seperti apel yang cukup keras bisa Anda nikmati dalam bentuk jus.

4. Porsi lebih sedikit, namun sering

Selain makan lebih tenang, porsi makan juga harus diperhatikan. Bukan hanya pasien PPOK, makan banyak dalam satu waktu itu tidak baik. Walaupun turunnya berat badan membuat tubuh Anda kurus, itu tidak berarti Anda makan makanan tinggi kalori sekaligus.

Sebaiknya, kombinasikan menu makanan Anda dengan sayur, buah, kacang-kacangan, dan tinggi protein. Selain itu, atur waktu minum saat makan. Jika terlalu banyak minum saat makan bisa membuat perut kembung dan Anda sulit bernapas.

Hindari minuman bersoda yang bisa membuat pernapasan Anda memburuk dan makanan bergula yang memperparah peradangan.

5. Duduk harus tegak saat makan

Makan dengan posisi duduk membungkuk bisa menambah tekanan pada diafragma sehingga Anda jadi sulit bernapas. Jadi mulai sekarang saat Anda makan, duduklah dengan tegak supaya otot-otot sekitar diafragma dapat bekerja dengan baik dan mendukung pernapasan jadi lebih baik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

7 Kiat Cerdas Sukses Membujuk Lansia Supaya Mau Makan

Banyak hal yang membuat lansia susah makan. Tapi Anda tetap harus membantu mencukupi kecukupan gizinya, Bagaimana caranya supaya lansia mau makan lahap?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Jessie Tanamas
Hidup Sehat, Perawatan Lansia 14/11/2017 . 5 menit baca

Berbagai Penyebab Lansia Susah Makan dan Bagaimana Mengatasinya

Orang yang telah lanjut usia, biasanya kerap kali menghadapi masalah susah makan. Tentu, hal ini dapat memengaruhi kesehatannya. Lalu, apa sih penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 24/10/2017 . 3 menit baca

Anak Suka Pilih-pilih Makanan, Mungkinkah Turunan dari Orangtuanya?

Jangan sebal dulu kalau anak pilih-pilih makanan terus. Tanpa disadari, mungkin sifat ini diwariskan dari Anda sendiri, orangtuanya. Bagaimana bisa, ya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Parenting, Nutrisi Anak 25/09/2017 . 4 menit baca

5 Siasat Mengatasi Anak Susah Makan Sayur, Tanpa Marah dan Ngomel

Ketika anak susah makan sayur, jangan malah dimarahi atau disogok dengan sesuatu. Lalu apa yang bisa dilakukan? Tenang, contek lima trik ini saja!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 02/07/2017 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

bayi tidak mau makan

Ibu Jangan Cemas, Ini Penyebab dan Penanganan untuk Bayi yang Susah Makan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/03/2020 . 9 menit baca
anak susah makan anak tidak mau makan

Anak Susah Makan Jangan Dibiarkan, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 10/06/2019 . 15 menit baca
paru-paru perokok

4 Masalah Paru-paru yang Paling Rentan Mengintai Perokok Aktif

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 18/10/2018 . 10 menit baca
memberi makan balita

8 Tips untuk Orangtua Agar Lebih Mudah Memberi Makan Balita

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 01/08/2018 . 3 menit baca