Usir Khawatir Bakteri Toilet Umum dengan Tips Berikut

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Toilet umum merupakan salah satu tempat yang dianggap jorok karena digunakan oleh siapa pun. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi dan tips ampuh ketika menggunakan toilet umum agar terhindar dari segala jenis bakteri dan penyakit. Apa saja tips sehat memakai wc umum?

Tips aman dan sehat menggunakan toilet umum

Pada saat bepergian, menggunakan toilet umum mungkin tak dapat dihindari ketika ingin buang air kecil atau besar. Jika ditahan, tentu akan menimbulkan masalah baru yang mungkin memengaruhi kesehatan Anda. 

Akan tetapi, sulitnya memilih WC umum yang bersih dan nyaman, membuat kebanyakan orang memilih untuk menahannya. Akibatnya, risiko infeksi saluran kencing atau sembelit pun meningkat.

Nah, supaya hal tersebut bisa Anda hindari, mari ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

1. Mencari toilet yang layak

pee shy, fobia buang air kecil di tempat umum

Jika Anda mulai merasakan sensasi ingin ke toilet, cobalah cari toilet yang setidaknya bersih di mata Anda. Jangan menunggu sampai benar-benar kebelet untuk mencari toilet yang layak. 

Contohnya, di minimarket biasanya terdapat toilet yang dikhususkan untuk pelanggan mereka. Umumnya, toilet minimarket atau toko seperti itu lebih bersih dibandingkan WC umum di pom bensin atau area istirahat lainnya.

2. Masuk ke toilet dengan hati-hati

main hp di toilet

Salah satu tips aman ketika menggunakan toilet umum adalah berhati-hati saat memasukinya. Kadang, saking kebelet, orang lupa dan menganggap WC umum seperti WC di rumah.

Padahal banyak benda yang mungkin jadi sumber bakteri. Cobalah untuk tidak menyentuh permukaan benda apa pun secara langsung.

Hal tersebut dikarenakan hampir sebagian besar orang tidak mencuci tangan, sehingga risiko terpapar bakteri lebih besar. 

Anda bisa menggunakan syal atau lengan Anda ketika memegang suatu benda agar tangan Anda terlindungi. Gunakan tangan yang tidak sering Anda pakai untuk melakukan aktivitas di dalam toilet, seperti menyiram kloset dan mengambil tisu. 

3. Hadapi baunya

air kencing bau amis

Tidak jarang ketika Anda memasuki toilet umum, aroma yang tidak mengenakkan mulai tercium dan membuat Anda mual. Akan tetapi, karena tidak ada pilihan toilet lain, mau tidak mau Anda harus menghadapi bau tersebut. 

Menangani bau yang ada toilet pun tidak dilakukan sembarangan. Anda bisa menghirup udara dari balik baju Anda yang mungkin aromanya jauh lebih baik dibandingkan toilet tersebut.

Selain itu, menutupi area hidung dengan syal atau tangan Anda pun bisa dilakukan jika baunya sudah tidak tertolong. Yang terpenting, ingatlah untuk tidak menahan “panggilan alam” itu terlalu lama.

4. Memeriksa dudukan toilet

terkena penyakit kelamin dari dudukan toilet

Memeriksa dudukan toilet adalah salah satu hal yang wajib Anda lakukan ketika menggunakan toilet umum. Periksalah kelembapan dan perubahan warna pada dudukan tersebut. 

Sering kali masih ada bekas urine atau warna lainnya yang mungkin mengandung bakteri dan virus jahat. Jika ada, cobalah untuk menyiramnya terlebih dahulu. 

Setelah itu, Anda bisa menggosokkan area tersebut dengan tisu toilet sebelum memakainya. Gunakan tisu kering toilet lainnya untuk menutupi dudukan agar kulit Anda tidak langsung bersentuhan. 

Jika memungkinkan, pilihlah WC jongkok ketimbang WC duduk. Dengan begitu, tubuh Anda tak perlu bersentuhan dengan sumber bakteri terlalu sering.

5. Membilas kloset 

dudukan toilet umum

Sebelum pergi, siramlah urine atau feses Anda karena toilet tersebut pastinya akan digunakan oleh orang lain. Jika toilet belum menggunakan kloset otomatis, Anda bisa menyentuh tombol flush dan melindungi tangan dengan tisu.

6. Mencuci tangan

cuci tangan setelah dari toilet

Selain membilas kloset, Anda pun wajib memperhatikan kebersihan diri sendiri dengan mencuci tangan

Menurut CDC, kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu adalah hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari bakteri dan virus yang menempel di tangan. Oleh karena itu, cucilah tangan Anda dengan sabun setelah menggunakan toilet umum untuk mengurangi risiko diare dan penyakit lainnya. 

Apabila memungkinkan, usahakan selalu membawa hand sanitizer untuk berjaga-jaga jika sabun di toilet umum sudah habis. 

7.Tetap tidak menyentuh apa pun

tisu toilet, pengering tangan

Setelah mencuci tangan, Anda bisa mengeringkan tangan dengan menggunakan pengering otomatis (jika ada) atau menggosokkan tangan ke pakaian Anda, tetapi pada bagian dalam. Hal tersebut dikarenakan, pakaian Anda yang tidak menghadap keluar merupakan bagian yang setidaknya paling bersih di ruangan tersebut. 

Kemudian, gunakan tisu atau kain bersih lainnya untuk membuka kenop pintu toilet umum agar tangan Anda tetap terjaga dari bakteri. Jangan lupa mencuci tangan dengan hand sanitizer bila Anda khawatir telah memegang sesuatu tanpa disadari. 

Sebenarnya, kunci utama dari tips sehat dari menggunakan toilet umum adalah tidak lupa mencuci tangan. Tangan merupakan organ tubuh yang paling sering terpapar oleh bakteri dan virus, sehingga mencucinya dengan benar adalah salah satu langkah yang paling efektif untuk mencegah penyakit.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca