5 Tips Sehat Saat Berobat Jalan Agar Lekas Pulih dari Penyakit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kecepatan pemulihan pasien ditentukan oleh penanganan medis, konsumsi obat, pola makan, dan partisipasi pasien selama pengobatan. Hal ini tidak hanya berlaku pada pasien rawat inap, tapi juga bagi pasien yang sedang berobat jalan. Lalu, apa saja tips yang harus diikuti pasien berobat jalan agar pemulihan berjalan dengan lancar?

Hal yang perlu dilakukan saat berobat jalan

Berobat jalan tidak serta-merta melepaskan Anda dari kewajiban seorang pasien. Anda tetap harus menjalankan setiap anjuran medis yang diberikan, baik dengan meminum obat, melakukan kontrol rutin, menjaga pola makan, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda cermati selama menjalani pengobatan:

1. Jujur dan terbuka kepada dokter

Tidak mudah untuk menceritakan kebiasaan buruk kepada dokter. Terutama ketika membahas tentang pola makan, olahraga, kebiasaan merokok, dan kegiatan seksual. Padahal, ini merupakan tips utama yang harus Anda jalani saat berobat jalan.

Menutupi kebiasaan buruk tidak akan membantu penyembuhan. Dokter justru perlu mengumpulkan informasi ini untuk menentukan penanganan yang tepat. Jadi, cobalah untuk jujur dan terbuka setiap kali dokter menanyakan perkembangan gaya hidup Anda.

tanya dokter

2. Mencatat perkembangan kondisi kesehatan

Setiap perkembangan yang Anda alami berperan penting untuk mendukung pemulihan. Oleh sebab itu, catatlah setiap gejala, reaksi obat, keluhan fisik, maupun kondisi lain yang Anda alami selama berobat jalan. Cantumkan pula waktu kejadiannya.

Anda juga perlu mencatat setiap perkembangan terkait gaya hidup, aktivitas fisik, pola makan, konsumsi suplemen makanan, hingga perubahan dalam kondisi mental. Semua aspek ini perlu dicatat karena pengaruhnya amat besar bagi pengobatan.

3. Hanya mengikuti anjuran medis yang tepercaya

Anda akan dibanjiri oleh beragam tips kesehatan selama berobat jalan. Tips tersebut mungkin berasal dari internet, teman, atau keluarga. Kenyataannya, tips yang Anda dapatkan belum tentu benar atau malah berbahaya bagi kesehatan Anda.

Anda boleh saja mengikuti tips yang aman, misalnya yang menyuruh Anda rajin minum obat atau membatasi makanan manis jika menderita diabetes. Selebihnya, cukup ikuti anjuran dari tenaga medis yang menangani Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, catatlah untuk jadwal kontrol rutin selanjutnya.

4. Meminum obat sesuai ketentuan resep

Resep obat dibuat sesuai pertimbangan medis. Ada alasan mengapa antibiotik harus dihabiskan, obat tertentu harus diminum setelah makan, dan beberapa aturan minum obat lainnya. Pasien juga tidak boleh berhenti minum obat ataupun mengubah dosisnya kecuali dokter menyarankan demikian.

Sayangnya, tips ini justru kerap diabaikan saat seseorang berobat jalan. Hanya karena keluhannya sudah mulai membaik, hilang sementara, atau muncul reaksi obat yang sebetulnya normal, pasien berhenti meminum obatnya tanpa berkonsultasi dahulu dengan dokter.

meminum-obat-batuk

5. Melakukan kontrol rutin

Meskipun Anda bisa beraktivitas secara normal selama berobat jalan, tidak berarti penyakit di dalam tubuh Anda telah sepenuhnya hilang. Satu-satunya cara untuk memantau kondisi kesehatan Anda adalah dengan melakukan kontrol rutin.

Susunlah jadwal kontrol rutin selama beberapa bulan ke depan sesuai kebutuhan. Saat berkunjung, pastikan Anda membawa seluruh data medis, informasi medis dari dokter lain bila tersedia, informasi asuransi, dan daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan.

Seperti halnya pasien rawat inap, pasien rawat jalan pun memiliki kewajiban. Menjalankan kewajiban, tips, serta anjuran selama berobat jalan akan membantu Anda pulih dari penyakit dengan cepat dan efektif.

Kelima tips di atas hanyalah hal-hal dasar yang perlu Anda cermati selama rawat jalan. Dokter mungkin akan memberikan anjuran tambahan bergantung dengan kondisi tiap pasien. Dengan menerapkan anjuran tersebut, berarti Anda telah berperan aktif dalam pengobatan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 14, 2019 | Terakhir Diedit: Oktober 13, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca