Ayo, Menyanyi! Ini 4 Manfaat Terapi Musik untuk Pasien Alzheimer

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Siapa sih, yang tak suka mendengarkan lagu dan ikut menyanyikan lagu kesukaan sepenuh hati? Sudah banyak sekali penelitian sejak dulu yang membuktikan bahwa menyanyi bisa memberikan manfaat kesehatan dan emosional bagi manusia. Namun, penelitian baru-baru ini menemukan bahwa pasien dementia dan Alzheimer bisa meraup manfaat yang lebih besar dari musik. Pelajari beragam manfaat terapi musik untuk pasien Alzheimer berikut ini, yuk!

Memahami dementia dan Alzheimer

Dementia adalah serangkaian gejala yang menandakan penurunan fungsi otak. Misalnya jadi pikun, sulit mengambil keputusan, dan sulit berkomunikasi. Dalam banyak kasus, dementia merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius, yaitu Alzheimer.

Baik dementia maupun Alzheimer sama-sama menyerang otak. Karena sampai sekarang belum ada obat atau vaksin yang bisa menangani dua kondisi tersebut, pengobatan yang ditawarkan lebih fokus pada meningkatkan kualitas hidup pasien serta mengendalikan gejala-gejalanya.

Terapi musik mampu menjaga kesehatan otak

Salah satu cara meningkatkan kualitas hidup pasien adalah menjalani terapi musik. Terapi musik untuk pasien Alzheimer sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak, yang berarti bisa menunda kerusakan lebih lanjut. Menurut penelitian dalam jurnal Psychology of Music, suara Anda atau lagu yang didengarkan dalam terapi musik bahkan tak perlu sekelas penyanyi kawakan. Lagu apapun dan seperti apapun tipe suara Anda, hasilnya tetap baik bagi kesehatan otak.

Penelitian dalam Journal of Alzheimer’s Disease menyebutkan bahwa orang yang baru saja didiagnosis bisa mendapatkan manfaat dengan rutin menyanyi. Sedangkan bagi pasien Alzheimer di tahap lebih lanjut, kemampuan berbicara dan berkonsentrasi mungkin melemah. Namun, mereka masih bisa menjalani terapi musik yaitu dengan rutin mendengarkan musik.

Manfaat terapi musik untuk pasien Alzheimer

Dirangkum dari sejumlah penelitian oleh tim ahli, berikut adalah empat manfaat utama menjalani terapi musik untuk pasien Alzheimer atau dementia.

1. Mampu menghadirkan berbagai kenangan

Lagu bisa memicu emosi tertentu. Sementara emosi adalah salah satu cara terbaik untuk membangkitkan kenangan yang sudah lama terlupakan. Hal ini tentu baik bagi pasien Alzheimer yang sudah kesulitan mengingat-ingat kejadian penting dalam hidupnya. Mulai dari wisuda anak, peringatan ulang tahun perkawinan, atau kelahiran cucu.  

2. Meningkatkan keintiman dengan anggota keluarga dan sahabat

Terapi musik sebaiknya dilakukan dalam kelompok atau paling tidak bersama dengan anggota keluarga lainnya. Menyanyi dua atau tiga lagu bersama saja sudah cukup, kok. Melalui musik, pasien Alzheimer bisa merasa lebih dekat dengan anggota keluarga karena menyanyi jadi satu-satunya kesempatan untuk berbagi momen dan emosi. Ini lantaran pasien Alzheimer tingkat lanjut biasanya kehilangan kemampuan merasakan emosi tertentu dengan orang-orang di sekitarnya.

3. Mengelola stres, memperbaiki mood, dan mencegah depresi

Ketika menyanyi atau mendengarkan lagu, gelombang yang diterima otak ditangkap sebagai sinyal untuk memproduksi hormon endorfin dan oksitosin. Kedua hormon ini bertugas untuk membuat seseorang merasa lebih bahagia dan tenang. Maka, terapi musik bisa mengelola gejala Alzheimer yaitu gangguan mood serta mencegah stres dan depresi yang kerap jadi komplikasi Alzheimer.   

4. Meningkatkan aktivitas otak

Menyanyi dapat merangsang aktivitas otak bagian kiri. Sedangkan mendengarkan lagu bisa merangsang aktivitas otak bagian kanan. Semakin aktif otak Anda, beragam sel, saraf, dan neuron pun kian terpacu untuk bekerja sesuai fungsinya. Dengan begitu, Anda bisa menunda kerusakan otak lebih lanjut lewat terapi musik.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 17, 2017 | Terakhir Diedit: Mei 15, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca