4 Pilihan Teh untuk Menghangatkan Tubuh Saat Berlibur di Daerah Dingin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 01/01/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Secangkir teh hangat kerap dijadikan minuman pembuka di awal pagi oleh beberapa orang. Menariknya lagi, minuman yang disebut-sebut punya manfaat baik bagi kesehatan ini, juga bisa menjadi salah satu pilihan minuman di tengah suhu dingin saat Anda sedang berlibur. Dari banyaknya jenis teh yang ada, sebenarnya semuanya mampu diolah untuk menghangatkan tubuh saat liburan di daerah yang dingin. Apa saja pilihan yang bisa dicoba?

Aneka teh untuk menghangatkan tubuh di dinginnya suhu liburan

Ada beragam jenis teh dengan rasa khas dan wanginya yang berbeda-beda. Ketika Anda sedang berlibur di daerah dengan cuaca yang cukup dingin, teh bisa diandalkan untuk membantu menghangatkan suhu tubuh.

Untuk dapat lebih menikmati sesi liburan Anda kali ini, berikut beberapa pilihan teh yang bisa jadikan teman penghangat tubuh sembari menikmati camilan ringan:

1. Teh putih (white tea)

Sumber: Twinings

Teh putih atau white tea adalah jenis teh yang diolah dari tanaman Camellia sinensis. Biasanya, daun daun dari tanaman Camellia sinensis akan dipetik untuk dijadikan teh saat masih tertutup oleh rambut halus berwarna putih.

Dari sinilah nama teh putih alias white tea dicetuskan. Sebenarnya baik teh putih maupunteh hitam (black tea) sama-sama dibuat dari tanaman yang sama.

Hanya saja, metode pengolahan yang berbeda pada keduanya memberikan masing-masing jenis tes tersebut rasa dan aroma yang unik.

Ada sejumlah manfaat dari teh putih, salah satunya bisa membantu untuk menghangatkan tubuh di tengah dinginnya suhu saat liburan. Bukan itu saja, teh putih juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Antioksidan adalah senyawa alami yang bisa membantu menangkal serangan radikal bebas. Sumber antioksidan yang ada di dalam teh putih bersumber dari polifenol yang bernama katekin.

Selain manfaatnya yang tidak main-main tersebut, jenis teh yang satu ini juga bisa membantu untuk menghangatkan tubuh

2. Teh oolong

manfaat teh oolong

Sama seperti teh putih, teh oolong juga diolah dari tanaman Camellia sinensis. Dalam pengolahannya, ada bagian dari teh oolong yang teroksidasi, sementara ada bagian lainnya yang tidak.

Oksidasi parsial alias sebagian inilah yang kemudian membuat teh oolong memiliki warna dan rasa yang khas.

Uniknya, teh oolong bisa menjadi salah satu andalan Anda untuk menghangatkan tubuh saat sedang berlibur di area yang dingin.

Ini karena teh oolong memiliki kandungan polifenol, yang bekerja untuk mempercepat laju metabolisme di dalam tubuh. Metabolisme adalah proses yang dilakukan tubuh untuk menghasilkan energi.

Antioksidan polifenol jugalah yang berperan untuk mengaktifkan enzim di dalam tubuh. Enzim tersebut kemudian membuat tubuh menggunakan lemak yang telah dicerna dari makanan, agar nantinya bisa disimpan menjadi energi.

Selanjutnya, persediaan lemak tersebut akan membantu membuat tubuh menjadi lebih hangat saat Anda berlibur di daerah yang bersuhu dingin.

3. Teh jahe

cara mengatasi nyeri haid

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan teh jahe. Jika jahe biasanya diolah sebagai bumbu masakan, Anda juga bisa membuatnya menjadi teh untuk membantu menghangatkan tubuh di saat berlibur.

Aroma dan rasa pedas yang khas dari jahe membuatnya secara tidak langsung dapat menghangatkan suhu tubuh yang sedang kedinginan.

Lebih dari itu, jahe juga dikemas dengan sejumlah kandungan antioksidan yang berpotensi membantu melawan serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

4. Teh kayu manis

manfaat teh kayu manis

Teh kayu manis (cinnamon tea) dihasilkan oleh kulit bagian dalam pohon cinnamon. Kulit tersebut kemudian digulung sembari dikeringkan, hingga membentuk batang kayu manis.

Bagi Anda yang ingin membuat teh untuk menghangatkan tubuh di suhu dingin tapi tidak mau memakan banyak waktu, teh kayu manis bisa menjadi salah satu pilihan.

Anda hanya perlu merendam batang kayu manis di dalam air mendidih kemudian tumbuk sebentar hingga halus dan menghasilkan bubuk.

Di samping bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat, teh kayu manis juga menyimpan banyak manfaat di baliknya.

Di antara manfaatnya yaitu menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan, meringankan nyeri saat menstruasi, hingga meredakan peradangan pada tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Efek Samping Minum Teh Sage dan Tips untuk Menghindarinya

Tanaman sage dikenal sebagai obat tradisional sehingga sering dibuat teh. Namun, tahukah Anda minum teh sage juga dapat menimbulkan efek samping. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 09/11/2019 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Teh Linden, Teh Bunga Unik dengan Manfaat yang Tak Terduga

Teh linden mungkin tidak sepopuler teh herbal lainnya. Padahal, teh linden memiliki beragam kandungan yang membuatnya kaya manfaat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 28/10/2019 . Waktu baca 4 menit

3 Manfaat Minum Teh Thyme Bagi Kesehatan Tubuh

Minum teh thyme memang menghangatkan tubuh. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat bagi kesehatan jika Anda minum teh thyme?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 26/10/2019 . Waktu baca 3 menit

4 Jenis Teh yang Bermanfaat Membantu Tubuh Melawan Peradangan

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis teh yang dapat membantu untuk mengatasi peradangan di tubuh? Temukan apa saja jenis teh tersebut di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat 20/09/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat teh honeybush

Berbagai Manfaat Teh Honeybush, Teh Herbal dengan Rasa Madu Alami

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 08/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Minum Teh Konon Dapat Memperpanjang Usia, Begini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020 . Waktu baca 7 menit
manfaat teh kayu manis

7 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 18/12/2019 . Waktu baca 5 menit
manfaat rooibos tea

3 Manfaat Mengejutkan Minum Teh Rooibos untuk Tubuh Anda

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 02/12/2019 . Waktu baca 4 menit