Tak Cuma untuk Jerawat, Ini 2 Khasiat Tea Tree Oil yang Manjur Hilangkan Ketombe

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Ketombe adalah satu dari sekian banyak masalah rambut yang sering dikeluhkan banyak orang. Selain menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan, ketombe juga akan mengganggu penampilan akibat jatuhnya serpihan putih kecil dari kulit kepala. Jika ini yang Anda alami, pernahkah coba menggunakan minyak pohon teh (tea tree oil) untuk menghilangkan ketombe?

Manfaat tea tree oil untuk menghilangkan ketombe

apa penyebab ketombe

Sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan ketombe tapi tak kunjung mendapatkan hasil yang maksimal? Kali ini, coba pakai tea tree oil yang digadang-gadang bisa mengurangi bahkan menghilangkan ketombe yang sering membuat kulit kepala gatal.

Berikut beberapa khasiatnya:

1. Meredakan gatal dan tanda ketombe lainnya

Jika biasanya tea tree oil kerap dipakai untuk mengatasi jerawat di wajah, kini Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan ketombe yang membandel di rambut.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Clinical Microbiology Reviews, menemukan bahwa shampo dengan kandungan 5 persen tea tree oil berhasil mengurangi jumlah ketombe di rambut sebanyak 78 persen. Secara otomatis, rasa gatal, iritasi, dan kering pada kulit kepala pun berangsur-angsur mulai hilang.

2. Mengurangi pertumbuhan jamur di kulit kepala

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab ketombe. Mulai dari kulit kepala yang berminyak, kering, kotor, hingga adanya pertumbuhan jamur yang disebut malassezia. Ya, malassezia adalah jamur yang sebenarnya ada di kulit kepala semua orang.

Hanya saja, pada beberapa orang jumlah jamur ini bisa sangat banyak sehingga mengakibatkan munculnya ketombe. Hal ini biasanya terjadi karena kurang menjaga kebersihan pribadi, seperti jarang atau malas keramas.

Penggunaan tea tree oil maupun produk dengan kandungan bahan tersebut, terbukti efektif untuk mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe tersebut.

Yang harus diperhatikan saat pakai tea tree oil untuk ketombe

Manfaat tea tree oil untuk menghilangkan ketombe bisa Anda peroleh dengan memakai shampo yang mengandung bahan alami ini, maupun mencampurkan 5-10 tetes minyak esensial tea tree oil ke dalam botol shampo Anda. Gunakan seperti biasa seperti shampo pada umumnya saat Anda keramas.

Sama seperti shampo pada umumnya, segera bilas sampai bersih bila shampo tidak sengaja mengenai mata. Kadang kala, tea tree oil bisa menimbulkan alergi. Maka itu, pastikan Anda melakukan uji tempel terlebih dahulu di bagian tubuh lain sebelum menggunakan tea tree oil dalam bentuk minyak esensial.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca