6 Tanda Tubuh Anda Terlalu Banyak Minum Kopi

Oleh

Beberapa tanda terlalu banyak minum kopi pada tubuh Anda mungkin saja telah muncul, tapi banyak Anda yang tidak menyadari bahkan menepisnya. Vertigo hingga masalah kesehatan jantung dapat menjadi salah satu akibat jika Anda mengonsumsi kafein terlalu banyak. Lambat-laun beberapa kondisi medis yang bermasalah akan menghampiri Anda jika Anda tidak mengurangi asupan kopi mulai dari sekarang. Setidaknya Anda bisa menyadari dahulu beberapa tanda-tanda bahwa Anda menjadi candu kafein. Berikut beberapa masalah yang menandakan Anda terlalu banyak minum kopi.

Tanda-tanda terlalu banyak minum kopi

1. Mudah cemas

Salah satu contoh kesehatan yang terganggu karena terlalu banyak mium kopi adalah timbulnya rasa kecemasan pada diri Anda. Menurut National Institute of Mental Health, yang dikutip dari EverydayHealth mengatakan, bahwa tidak seharusnya orang yang dilanda kecemasan mengonsumsi kopi berlebihan. Mengapa?

Pada dasarnya, kafein dapat benar-benar memperburuk efek dari kecemasan, baik itu menghilangkan waktu dan kualitas tidur serta akan menimbulkan efek stress jangka pendek bagi Anda yang meminum kopi terlalu banyak. Jika Anda sedang cemas atau khawatir, sebaiknya coba beberapa hal tentang teknik pernapasan atau cobalah meditasi untuk mengatur masalah pada mental Anda secara sehat.

2. Membuat sakit perut (asam lambung naik)

Sakit perut merupakan salah satu tanda bahwa Anda terlalu banyak minum kopi. Pasalnya ilmuwan Eropa  menemukan bahwa, senyawa tertentu dalam kopi merangsang sekresi asam lambung oleh sel-sel perut Anda. Jika mengakali sakit perut akibat asam lambung Anda dengan obat, itu juga hanya memiliki efek yang sementara. Lebih baik Anda kurangi asupan kopi Anda secara perlahan.

3. Jantung akan terus menerus berdetak cepat

Jika Anda memiliki gejala tubuh dengan perasaan jantung Anda berdetak lebih cepat dari biasanya, atau hingga Anda bisa merasakan dengan jantung Anda secara jelas, hal ini bisa jadi sebagai tanda terlalu banyak minum kopi. Mengapa demikian?

Jantung berdebar ini sering disebabkan oleh konsumsi kafein, nikotin, dan bahkan alkohol. Dalam beberapa kasus, detak jantung yang berdebar berlebihan terkadang dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan. Sayangnya, satu-satunya cara untuk menghilangkan efek jantung berdebar berlebihan secara keseluruhan adalah dengan menghindari asupan kafein sama sekali.

4. Diare

Kopi juga didapuk bisa menjadi asupan untuk melancarkan sistem pencernaan secara teratur, berkat salah satu zat pencaharnya yang terkandung di dalamnya. Tapi tahukah Anda, jika minum kopi 2-3 cangkir sehari dapat membuat Anda diare? International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorder menyatkaan bahwa tanda terlalu banyak minum kopi adalah ketika Anda terserang diare.

5. Mata Anda berkedut

Anda suka minum kopi? Mata Anda suka berkedut? National Institutes of Health menyatakan, jika mata Anda mulai memberikan rasa kedutan, bisa jadi itu tanda terlalu banyak minum kopi. Kandungan kafein pada kopi nyatanta merangsang dan memicu pelepasan hormon serotonin dan noradrenalin. Kedua hormon tersebut nyatanya dapat meningkatkan reaktivitas berlebih pada otot dan saraf. Maka jangan heran jika mata Anda berkedut ketika minum kopi berlebihan.

6. Insomnia

Ketika Anda mulai sulit untuk tidur, hal itu bisa menjadi tanda terlalu banyak minum kopi. Efek kafein berlebih dari asupan kopi ini akan meningkatkan jumlah terbangunnya Anda ketika sedang tidur serta mengurangi jumlah waktu tidur Anda yang cukup dan berkualitas. Untuk mengatasi insomnia akibat kebanyakan kafein, cobalah untuk mengurangi asupan kopi dan paling lambat minum kopi adalah di waktu siang hari.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Maret 5, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 1, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca