Psoriasis arthritis adalah sebuah kondisi radang sendi akibat autoimun. Pada umumnya, para penderitanya diberikan obat untuk mengontrol peradangan dan meringankan sakit pada sendi. Akan tetapi, ternyata ada juga beberapa bahan alami seperti bumbu dapur di rumah yang bisa dijadikan pengobatan psoriasis arthritis.

Memang tidak bisa mengobati seperti obat yang diresepkan dokter, tapi beberapa rempah dan bumbu dapur berikut ini bisa meringankan rasa sakit akibat psoriasis arthritis.

Pengobatan alami psoriasis arthritis dengan rempah-rempah

Selain mudah ditemukan, rempah-rempah bisa dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menambah cita rasa berbagai makanan. Nyatanya, rempah-rempah juga bisa Anda andalkan sebagai pengobatan untuk mengurangi nyeri sendi yang meradang akibat psoriasis arthritis. Berikut rempah-rempah pilihan yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sendi. 

1. Kunyit

kunyit untuk asam lambung

Rempah yang pertama akan kita bahas adalah kunyit. Tanaman yang berasal dari Asia ini dipercaya memiliki efek antiradang. Dilansir dari medicalnewstoday sebuah studi menunjukkan kunyit mungkin dapat mengubah respon gen di dalam tubuh sehingga dapat mengurangi gejala psoriasis. 

Kandungan kurkumin pada kunyit bisa Anda temukan dalam makanan yang kaya akan rempah-rempah, seperti nasi kari. Akan tetapi, selalu periksa terlebih dahulu komposisi kurkumin pada sebuah produk. Pasalnya mengonsumsi kunyit dosis tinggi dapat memengaruhi aliran darah dan menyebabkan sakit perut. 

2. Cabai

diet cabai

Selain membuat perut jadi hangat, ternyata kandungan capsaicin pada cabai bisa menjadi alternatif untuk mengobati psoriasis arthritis. Cabai pun bisa menjadi obat anti radang karena dapat mengurangi rasa sakit dengan melepaskan hormon endorfin. Semakin pedas cabai yang kita makan, semakin banyak capsaicin di dalamnya.

Akan tetapi, terlalu banyak memakan rempah satu ini tentu bisa menimbulkan efek samping, seperti sakit perut atau sering buang air besar. Oleh karena itu, makanlah cabai sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Cobalah untuk menambahkan cabai ke dalam makanan Anda, seperti sop, daging, atau hidangan makanan laut yang Anda makan.

3. Cengkeh

manfaat cengkeh adalah

Sebagai rempah yang berasal dari tangkai bunga kering, cengkeh biasa dijadikan bumbu masakan dan obat herbal. Berdasarkan National Institutes of Health, cengkeh mengandung senyawa kimia yang bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit. Nah, ini dia tips menggunakan cengkeh sebagai pengobatan alami untuk psoriasis arthritis.

  • Tambahkan 2-4 cengkeh yang utuh ke dalam panci berisi sop atau makanan berkuah lainnya. Selain menyehatkan, cengkeh juga menambah rasa di dalam makanan.
  • Masukkan beberapa cengkeh utuh ke dalam minuman hangat Anda, seperti teh. Jangan lupa untuk membuang cengkeh sebelum diminum.
  • Selain minuman hangat, cengkeh juga bisa dikombinasikan dengan jus atau smoothies favorit Anda. Campurkan 2 cengkeh utuh agar minuman Anda lebih berkhasiat.

4. Jahe

obat asma alami

Jenis rempah yang satu ini dipercaya bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan pada rheumatoid arthritis. Nah, penyakit tersebut menimbulkan gejala yang sama dengan psoriasis arthritis, sehingga bisa dipakai sebagai pengobatan alami.

Anda bisa menggunakan jahe pada berbagai jenis makanan dan minuman. Mulai dari jus hingga bumbu masakan. Eits, tapi ingat, tidak boleh berlebihan. Makanya, Arthritis Foundation hanya menyarankan kalian untuk minum teh jahe maksimal empat cangkir dalam sehari.

5. Seledri

manfaat daun seledri

Banyak orang yang mengira bahwa seledri termasuk dalam kategori sayuran. Namun, ternyata seledri adalah salah satu jenis rempah-rempahan. Kandungan polisakarida dan antioksidan yang ada pada seledri ternyata bisa mengatasi rasa sakit dan peradangan pada sendi Anda.

Walaupun rempah-rempah yang telah disebutkan memang dapat menjadi pengobatan alami psoriasis arthritis, penggunaannya tetap harus berdasarkan persetujuan dari dokter Anda. Apabila Anda memakainya tanpa berkonsultasi dengan dokter, besar kemungkinan terdapat efek samping saat Anda juga mengonsumsi obat-obatan lainnya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca