Jika ada jerawat di wajah Anda, apa yang pertama kali akan Anda lakukan? Membiarkannya saja atau mencari cara untuk segera menghilangkannya? Biasanya, saat jerawat muncul, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan jerawat secara cepat, baik dengan obat jerawat atau bahan-bahan alami alias herbal.

Apa penyebab munculnya jerawat?

Sebelum Anda mengobati jerawat yang muncul, Anda perlu tahu kenapa jerawat bisa tumbuh pada wajah Anda. Jerawat biasanya muncul karena kombinasi antara faktor hormonal, bakteri pada kulit, dan asam lemak dalam kelenjar minyak.

Meskipun pada dasarnya jerawat adalah kejadian fisiologis yang normal, namun perubahan hormon, menyentuh atau memencet lesi jerawat (komedo, whiteheads, benjolan kecil), dan pakaian yang Anda gunakan (topi, herlm, atau penutup kepala lainnya) dapat berkontribusi terhadap munculnya jerawat pada wajah Anda.

Obat herbal untuk jerawat bisa jadi pilihan

Penggunaan herbal untuk jerawat ternyata telah ada sebelum perawatan modern berkembang. Herbal dipilih karena pengobatan jerawat secara alami ini memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan dengan yang modern. Sehingga, herbal dianggap dapat membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat, pembengkakan, dan menyembuhkan kerusakan kulit.

Beberapa bahan herbal untuk atasi jerawat

Beberapa tumbuhan yang terbukti dapat membantu penyembuhan jerawat adalah Manjistha (rubia cordifolia), Neem atau daun mimba (azadirachta indica), dan tea tree (melaleuca alternifolia).

Yang harus diperhatikan saat menggunakan obat herbal untuk jerawat

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa tidak semua orang cocok dengan herbal. Orang yang tidak cocok atau sensitif terhadap herbal biasanya akan memiliki efek samping saat menggunakan herbal untuk atasi jerawat, berupa reaksi alergi atau iritasi kulit.

Jadi, jika Anda mengalami peradangan, gatal, atau rasa panas saat menggunakan herbal untuk atasi jerawat, Anda perlu menghentikan penggunaan dan berkonsultasi dengan dokter Anda. Dan khusus untuk ibu hamil, menyusui, dan anak-anak, sebaiknya tidak menggunakan herbal untuk mengobati jerawat kecuali di bawah pengawasan praktisi yang terlatih atau Anda sudah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Tips merawat kulit yang berjerawat

Terlepas dari obat jerawat jenis apa yang Anda pilih, Anda tetap perlu menjaga kesehatan kulit wajah Anda agar jerawat tak makin parah. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan di antaranya adalah:

  • Pilihlah pembersih yang diformulasikan khusus untuk jerawat. Biasanya, produk ini mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide, yang dapat membantu membersihkan jerawat.
  • Bersihkan wajah dengan lembut, karena membersihkan wajah terlalu keras atau dengan cara menggosoknya dapat memicu munculnya jerawat atau memperburuk jerawat yang ada.
  • Saat membersihkan makeup, gunakan tangan atau kapas, karena bahan seperti waslap yang kasar dapat menyebabkan luka pada wajah atau jerawat.
  • Gunakan hanya pelembab yang ringan dan nonkomedogenik, yang tidak dapat memperparah jerawat.
  • Dan terakhir, jangan menyentuh wajah Anda atau jerawat yang ada. Terlebih dalam keadaan tangan yang tidak bersih. Sebelum menyentuh wajah, Anda perlu cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

Baca Juga:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca