4 Cara Agar Berubah Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Selepas Liburan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Momen liburan panjang dapat terasa amat singkat ketika diisi dengan banyak kegiatan bersama banyak orang. Alih-alih menyegarkan pikiran, jadwal liburan yang padat malah bisa membuat stres saat kembali ke rutinitas. Sayang, bukan?  Berikut ini merupakan beberapa cara merawat diri yang bisa Anda lakukan selama liburan.

Tips merawat diri saat liburan

Liburan merupakan momen berharga yang dapat Anda manfaatkan bersama keluarga dan orang terkasih. Namun, menyediakan waktu khusus untuk diri Anda sendiri juga tak kalah penting.

Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan perawatan diri yang berguna dalam meningkatkan kesehatan fisik dan psikologis Anda.

1. Lakukan meditasi ringan

Salah satu cara merawat diri yang bisa dilakukan untuk menjernihkan pikiran adalah dengan meditasi.

Buatlah jadwal khusus selama liburan untuk melakukan meditasi ringan dan Anda cukup meluangkan waktu setidaknya 5 menit saja.

Alangkah baiknya jika meditasi dilakukan rutin dalam waktu yang sama sehingga menjadi sebuah kebiasaan bahkan selepas liburan.

Selama meditasi cobalah fokus terhadap teknik pernapasan dalam sambil menutup mata. Libatkan juga indera penciuman dan pendengaran dengan mengidentifikasi setiap suara dan aroma yang ada disekeliling Anda.

Sesekali biarkan pikiran mengalir untuk memproses setiap emosi yang Anda rasakan, baik yang positif maupun negatif dan kombinasi di antara keduanya.

Cara merawat diri ini bertujuan agar Anda bisa mengenal sekaligus memahami emosi yang Anda rasakan dengan baik.

2. Menulis catatan harian

Merawat diri saat liburan

Jika Anda tengah mengalami stres berat sebelum berlibur, merawat diri selama liburan dapat menjadi cara untuk meredakan tekanan tersebut.

Mulailah dengan menuliskan secara rinci mengenai stres yang Anda alami dan persoalan apa yang menyebabkannya.

Menurut Dr. David Topor dari Harvard Medical School sebagian besar stres dan emosi negatif yang dirasakan seseorang biasanya disebabkan oleh ekspektasi yang terlalu tinggi yang ditempatkan pada dirinya.

Oleh karena itu, selain menceritakan perasaan negatif yang dirasakan, cobalah untuk mengungkapkan rasa syukur yang Anda agar dapat mengapresiasi diri Anda lebih jauh.

3. Latihan fisik ringan

Banyak orang yang menetapkan target tertentu untuk berolahraga selama liburan. Tak jarang, olahraga dilakukan secara berlebihan sehingga malah membuat daya tahan tubuh menurun dan jatuh sakit.

Jangan juga mengalihkan kebutuhan olahraga selama liburan dengan cara membersihkan rumah atau pergi berbelanja seharian.

Pilihlah jenis latihan fisik yang dapat meningkatkan ketenangan seperti berjalan kaki di pagi hari selama 30 menit, tanpa membawa telepon genggam atau perangkat pemutar musik lainnya.

4. Menjaga kesehatan fisik

Selama liburan Anda memang tidak terikat dengan waktu dan pekerjaan sehingga lebih bebas melakukan aktivitas apapaun.

Hal ini dapat membuat jadwal harian Anda yang biasa berlangsung teratur menjadi tak menentu. Alhasil, pola makan dan jam tidur pun bisa ikut terganggu.

Merawat diri di saat liburan bisa dilakukan dengan tetap mendapatkan waktu tidur dan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan kesehatan fisik.

Jika Anda sedang dalam program diet, cobalah untuk tak terlalu ketat dalam menjalaninya selama liburan. Anda bisa mengonsumsi cemilan kesukaan Anda sesekali, namun tetap perlu diseimbangkan dengan konsumsi makanan yang kaya gizi.

Apabila khawatir pola makan selama liburan jadi berantakkan akibat makanan yang menggiurkan, biasakan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil sebelum berpergian atau berkunjung ke rumah kerabat. Dengan begitu, Anda tidak akan makan dengan berlebihan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 23, 2019 | Terakhir Diedit: Desember 20, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca