Apa Benar Minum Antibiotik Saja Cukup untuk Menyembuhkan Usus Buntu?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pada umumnya, usus buntu hanya disembuhkan lewat pembedahan.  Tapi kini sebuah penelitian baru menyebutkan kalau minum obat antibiotik bisa mengobati usus buntu tanpa Anda harus berbaring di meja operasi. Benarkah efektif? Simak ulasannya di bawah ini.

Sekilas tentang penyebab usus buntu

Penyakit usus buntu atau appendicitis adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada usus buntu. Usus buntu adalah sebuah struktur berbentuk selang kecil yang menempel pada bagian awal usus besar. Usus buntu terletak di perut bagian kanan bawah. Meski belum jelas apa sebenarnya fungsi usus buntu, beberapa teori meyakini bahwa usus buntu berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Apabila usus buntu meradang, sistem imun akan melemah sehingga dapat menyebabkan nyeri maupun penyakit yang lebih serius lagi

Penyebab utama radang usus buntu adalah penyumbatan. Penyumbatan ini dapat disebabkan oleh feses, benda asing, atau bakteri. Saat tersumbat, bakteri dapat bertumbuh dan berkembang. Hal ini menyebabkan usus buntu membengkak dan terisi nanah. Jika usus buntu pecah, bakteri dapat menyebar dan menyebabkan infeksi ke seluruh tubuh

Bagaimana usus buntu diobati?

Usus buntu yang meradang dapat diangkat lewat pembedahan yang disebut appendectomy, alias operasi usus buntu. Prosedur ini dilakukan dengan membuat sayatan di perut bagian kanan bawah. Ada 2 jenis appendectomy, yaitu:

  1. Laparoscopy Appendectomy: sebuah selang (scope) yang dimasukkan ke perut untuk melihat dan mengangkat usus buntu
  2. Open Appendectomy: sebuah operasi yang memotong perut kanan bawah untuk mengangkat usus buntu

Pada kasus yang ringan, kebanyakan orang dirawat selama 1 hari atau dapat pulang di hari yang sama dengan operasi. Untuk kasus yang berat di mana usus buntu sudah pecah, ini mengharuskan pasien dioperasi dan dirawat inap lebih lama dan akan diberikan suntikan antibiotik. Dokter selanjutnya akan memeriksa adanya komplikasi atau tidak.

Kalau saya tidak mau operasi, bisakah minum antibiotik saja untuk mengobati usus buntu?

Pada umumnya jika kondisi peradangan Anda cukup ringan dan usus buntu tidak pecah, dokter mungkin mengizinkan Anda untuk berobat sendiri di rumah tanpa harus operasi.

Namun, sebuah temuan penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Medical Association, meneliti 530 pasien penderita radang usus buntu akut. Selama 10 hari mereka diberikan antibiotik. Hasilnya pun mengejutkan, 99,6 persen pasien berhasil berkurang rasa sakit yang dialami. Hasil penelitian ini dilaporkan hanya berlaku untuk pasien yang berusia 15-50 tahun, pria ataupun wanita.

Selanjutnya juga ditemukan, bahwa 73 persen pasien yang selama 1 tahun menderita usus buntu dan dirawat dengan antibiotik menjadi tidak perlu dilakukan operasi. Periset juga menyatakan kalau kondisi usus buntu yang tidak darurat menjadi salah satu faktor keberhasilan mengobati usus buntu tanpa operasi.

Tapi jangan sembarangan minum antibiotik demi mengobati usus buntu tanpa operasi. Ada aturannya

Minum obat antibiotik adalah salah satu cara yang bisa ditempuh oleh pasien radang usus buntu kronis yang tidak mengalami komplikasi, terutama jika usus buntunya tidak pecah.

Tapi, bukan berarti dengan hanya mengonsumsi obat antibiotik radang usus buntu bisa sembuh begitu saja. Masih ada kemungkinan cukup besar untuk radang usus buntu kambuh kembali, bahkan setelah minum antibiotik sampai habis.

Bagi beberapa orang yang mengalami kondisi ini, satu-satunya jalan keluar adalah dengan cara operasi. Penting juga untuk diingat kalau hasil penelitian di atas masih tergolong eksperimen, dan perlu penelitian lebih dalam seputar efektivitas dan efek samping yang mungkin terjadi. 

Pasalnya belum tentu satu metode pengobatan yang ternyata cocok bagi teman atau pasangan Anda, juga pasti akan cocok untuk diri Anda sendiri. Untuk itu, selalu konsultasikan kondisi Anda pada dokter untuk menentukan pengobatan yang tepat bagi Anda — dan apakah dokter membolehkan Anda untuk mengobati usus buntu tanpa operasi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca