3 Cara Alami Menghilangkan Varises di Kaki

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda melihat di kaki seseorang terutama di bagian betis terlihat seperti urat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua dan terkadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin, itu adalah tanda mudah yang bisa dilihat jika seseorang mengalami varises. Jika hal yang sama terjadi pada betis Anda, jangan tunggu sampai parah. Anda bisa coba cara alami yang ada di artikel ini untuk menghilangkan varises yang menganggu penampilan Anda.

Cara alami dan mudah untuk menghilangkan varises

Varises adalah pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Penumpukan darah di dalam pembuluh vena terjadi akibat melemahnya atau rusaknya katup vena. Pembuluh vena berfungsi mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

Di dalam pembuluh vena, ada katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah agar darah yang sudah melewatinya tidak dapat kembali lagi. Lemah atau rusaknya katup vena menyebabkan terjadinya arus balik darah dan penumpukan darah di dalam pembuluh vena. Penumpukan inilah yang kemudian menyebabkan pembuluh tersebut melebar dan menimbulkan varises.

Sebenarnya menurut penelitian, varises tidak hanya rentan dialami oleh wanita saja, pria juga memiliki peluang untuk mengalami hal yang sama terutama untuk mereka yang pekerjaannya memberikan tekanan besar pada kaki. Nah, ada cara alami dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan varises ini dari kaki Anda selamanya. Bagaimana caranya? Baca terus artikel ini.

1. Olahraga teratur

Olahraga secara teratur adalah cara yang direkomendasikan oleh Carolina Vascular Institute untuk menghilangkan varises dari betis indah Anda. Olahraga adalah cara terbaik untuk memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah vena.

Duduk terlalu lama dengan posisi duduk yang salah atau berdiri terlalu lama tanpa banyak bergerak dapat meningkatkan risiko varises. Bila Anda terlalu lama tidak bergerak, sulit bagi pembuluh darah untuk memompa darah dengan efisien ke jantung.

Olahraga merupakan cara yang paling baik untuk membantu menyeimbangkan hormon secara alami, menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat, dan menurunkan tekanan darah. Hormon yang tidak seimbang, berat badan yang berlebihan dan tekanan darah yang tinggi adalah penyebab varises Anda bisa muncul.

Jika Anda mengalami rasa sakit saat berolahraga, mulailah secara perlahan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan.

2. Menjaga berat badan

Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung akan mengalami varises, terutama untuk para wanita dan orang tua yang kegemukan. Kelebihan berat badan dapat memberi tekanan pada pembuluh darah lebih tinggi dan dapat menyebabkan pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena pada bagian kaki.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Huffington Post, varises pada mereka yang cenderung obesitas akan lebih sulit untuk dihilangkan karena sudah melebar dan menjadi lebih meradang dan lebih besar ukurannya (dengan panjang empat atau lima sentimeter, di dalam kaki).

3. Gunakan minyak esensial

Minyak esensial memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk melancarkan aliran darah sekaligus meredakan peradangan serta menyeimbangkan hormon yang tidak seimbang. Minyak esensial yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah varises Anda adalah minyak esensial cypress, yang diperoleh dari sejenis pohon cemara dengan nama ilmiah cupressus sempervirens.

Minyak esensial ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi dan memperlancar sistem peredaran darah. Anda bisa mencoba melakukan pijatan dengan lima tetes minyak esensial cypress di area varises Anda dua kali sehari selama beberapa minggu. Lakukan pijatan dari ujung kaki mengarah ke atas.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Pertolongan pertama saat stres: gunakan minyak esensial untuk meredakan stres. Apa saja jenis minyak esensial dan bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 5 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Mager Olahraga Saat Karantina? Ini 7 Tips Agar Anda Tetap Semangat

Masa karantina membuat badan jadi malas gerak. Padahal, olahraga penting agar tubuh tetap fit. Ini tips agar Anda tetap semangat olahraga saat karantina.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Coronavirus, COVID-19 30 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Bahaya Menggunakan Cairan Antiseptik pada Diffuser

Sebuah video tutorial yang viral menyebutkan kalau uap diffuser yang dihasilkan dari cairan antiseptik bisa membunuh COVID-19. Cek kebenarannya, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 17 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Manfaat Minyak Bunga Kamboja, Minyak Esensial dengan Wangi yang Menenangkan

Minyak bunga kamboja mungkin tidak sepopuler minyak esensial lainnya. Padahal, minyak bunga kamboja memiliki beragam manfaat. Berikut contohnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 6 Januari 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

urat menonjol pada orang muda

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat minyak mustard

Mengupas Manfaat dan Efek Samping Minyak Mustard

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
menyikat gigi bersama merupakan salah satu cara mendorong minat si kecil dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 16 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
minyak esensial

6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit