Banyak orang yang mengalami kram kaki saat yoga. Kondisi ini biasanya terjadi ketika Anda melakukan posisi tertentu secara intens tanpa melakukan pemanasan dan peregangan otot terlebih dahulu. Ketika kram menyerang, otot Anda mengalami kontraksi tiba-tiba sehingga Anda akan merasakan nyeri dan bagian tubuh yang diserang kram akan sulit digerakkan selama beberapa detik atau menit. Pelajari cara mencegah dan menangani kram kaki saat yoga di bawah ini.

Kenapa saya bisa mengalami kram saat yoga?

Kram adalah kontraksi otot yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disadari. Kram otot bisa terjadi di bagian tubuh mana pun. Namun, saat olahraga kram lebih sering dialami pada kaki. Termasuk ketika Anda melakukan yoga.

Biasanya kondisi ini disebabkan oleh gerakan meregangkan kaki yang tidak biasa Anda lakukan. Dehidrasi dan elektrolit tubuh yang tidak seimbang juga merupakan faktor umum penyebab kram otot. Terutama jika Anda melakukan hot yoga, yaitu yoga yang dilakukan di dalam ruangan panas yang suhunya bisa sampai 40 derajat Celsius.

Tubuh Anda akan banyak berkeringat dan kehilangan cairan, sehingga tubuh kekurangan elektrolit seperti natrium, kalsium, dan magnesium selama melakukan sesi yoga tersebut. Hal ini menyebabkan saraf otot menjadi sensitif dan terjadilah kontraksi di luar kendali Anda. Teori ini juga didukung oleh angka kejadian kram otot pada atlet profesional yang lebih sering terjadi di musim panas dibanding musim lainnya.

Tak hanya itu. Anda mungkin mengalami kram karena sengaja tidak makan sebelum berolahraga, pola makan Anda tidak baik, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang menguras elektrolit dalam tubuh Anda.

Mengatasi kram kaki saat yoga

Saat kram menyerang, usahakan jangan panik dan tetaplah tenang. Kemudian luruskan kaki dan gerakkan jari-jari kaki ke atas untuk meregangkan kaki Anda. Setelah itu pijat telapak kaki Anda dengan lembut atau sampai rasa sakit mereda. Anda juga meminta bantuan teman untuk menarik telapak kaki ke arah kepala. Setelah kram hilang, jangan langsung melanjutkan olahraga. Biarkan otot-otot Anda beristirahat dulu.

Perhatikan seberapa sering dan parahnya rasa sakit yang muncul. Jika cara di atas tidak membantu atau jika kram semakin memburuk, segera konsultasi ke dokter. Dalam kasus tertentu, kram bisa jadi gejala dari kondisi medis tertentu yang harus segera diobati. Biasanya dokter akan memberikan resep obat tertentu untuk membantu melemaskan otot Anda.

Cara ampuh mencegah kram kaki saat olahraga

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kram kaki selama yoga:

  • Lakukan peregangan kaki. Lakukan peregangan sebelum dan sesudah yoga. Peregangan dapat membuat otot Anda menjadi lebih fleksibel sehigga terhindar dari kram.
  • Cukupi kebutuhan cairan. Satu jam sebelum kelas yoga, minumlah segelas besar air putih. Selama kelas yoga, minumlah air ketika Anda haus. Siapkan botol minum di tempat yang mudah dijangkau agar Anda tak harus menunda minum ketika merasa haus.
  • Konsumsi makanan yang bergizi. Makanlah sekitar satu jam sebelum melakukan yoga untuk memastikan Anda mendapatkan asupan elektrolit yang cukup. Tak harus makanan berat, konsumsilah makanan ringan seperti pisang, oatmeal, roti gandum, smoothies, greek yogurt, atau salad sebelum olahraga.
  • Pakai bantuan alat. Anda juga dapat menggunakan bantal kecil atau handuk untuk menyangga pergelangan kaki saat Anda berada dalam posisi child pose (balasana) atau posisi lainnya yang mengharuskan bagian atas kaki menghadap ke lantai. Penggunaan penyangga kaki dapat membuat kaki Anda tidak menukik terlalu lama, sehingga mengurangi risiko kram.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca