Kaki Terlihat Kusam Karena Tumpukan Sel Kulit Mati? Yuk, Lakukan 3 Trik Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Tak cuma bagian kulit wajah yang perlu diperhatikan kebersihannya, area kaki juga perlu Anda rawat, lho. Mungkin saking jarang merawat kulit bagian kaki, di area tersebut sudah banyak sel kulit mati yang menumpuk. Tentu saja, hal ini akan membuat area kulit hitam dan menebal. Tak sulit kok, begini cara cepat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk tersebut dan mengembalikan kecerahan warna kulit.

Bagaimana caranya mengangkat sel kulit mati di kaki?

Bukan hanya wajah, tampilan kulit kaki akan terlihat buruk jika tidak rawat dengan baik. Misalnya saja, terlihat lebih kusam, kering, pecah-pecah, atau terasa tebal ketika disentuh. Jangan cemas, masalah pada kulit kaki tersebut sangat umum terjadi dan penyebab utamanya adalah penumpukan sel-sel kulit mati.

Setiap hari sel kulit yang rusak akan digantikan dengan sel kulit baru yang sehat. Nah, sel kulit yang mati ini jika tidak dibersihkan dengan benar akan terus menumpuk. Akibatnya, tampilan kulit kaki Anda jadi tidak sedap dipandang mata.

Untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kaki, ikuti beberapa tipsnya, antara lain:

1. Rendam dan gosok kaki

Merendam kaki dalam air hangat selama 20 menit sebelum tidur dapat melembutkan kulit mati yang menempel sehingga lebih mudah dibersihkan. Selanjutnya, gosokkan kaki Anda menggunakan batu apung dengan gerakan maju mundur.

Lakukan hal ini pelan-pelan supaya tidak menyebabkan goresan di kulit. Ingat, membersihkan kulit ini tidak hanya dilakukan satu dua kali saja, melainkan secara kontinu hingga tampilan kulit jadi lebih baik.

2. Bilas kaki hingga bersih

Setelah selesai digosok, langkah selanjutnya adalah membilas kaki. Gunakan air dingin yang mengalir supaya sel kulit mati yang masih menempel akan hilang terbawa air. Jangan lupa untuk menggosok kembali kulit kaki dengan tangan sembari menyiramkan air.

3. Keringkan dan oleskan pelembap

Selesai dibilas, keringkan kaki Anda dengan handuk lembut. Lakukan tepukan-tepukan ringan dengan handuk, kemudian lakukan pijatan ringan pada kaki supaya Anda lebih rileks dan sirkulasi darah jadi lebih lancar. Kemudian, oleskan pelembap pada kulit kaki supaya kulit tidak kering.

kulit belang

Pilihan bahan lain untuk mengangkat sel kulit mati di kaki

Selain batu apung, ada banyak pilihan bahan lainnya yang mudah Anda temukan di dapur untuk mengangkat sel kulit mati, seperti:

Cuka apel

Cuka apel dikenal sebagai bahan alam untuk perawatan kulit, salah satunya untuk mengangkat sel kulit mati.  Selain itu, cuka apel dapat melembutkan kaki dan menghindari tumit kaki pecah-pecah.

Caranya cukup mudah, campurkan air dingin dengan air cuka kemudian rendam kaki Anda selema 10 menit. Gosok dengan batu apung supaya hasilnya lebih maksimal, bilas, lalu keringkan dengan handuk. Kemudian, oleskan pelembap dan perawatan ini sebanyak dua kali seminggu.

Garam epsom

Garam epsom terbentuk dari magnesium sulfat, yaitu mineral yang membantu pengelupaskan kulit mati. Cara menggunakannya pun tidak berbeda dengan bahan lainnya. Campurkan satu baskom air dengan setengah cangkir garam epsom. Rendam kaki Anda selama 20 menit, kemudian gosok dengan batu apung.

Bisa juga dengan mencampur segenggam garam epsom dan sesendok minyak zaitun sebagai scrub kaki untuk mengangkat kulit mati. Lalu bilas dengan air bersih dan oleskan pelembap.

Oat

Selain scrub dari campuran garam epsom, Anda bisa membuatnya dari oat gandum. Caranya, campurkan oat dengan air mawar atau air susu, Kemudian, oleskan pada kaki dan diamkan selama 20 sampai 30 menit.

Selanjutnya, gosok menggunakan handuk basah dan bilas dengan air dingin. Keringkan kulit kaki oleskan pelembap. Lakukan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca