8 Masalah Kesehatan Akibat Sering Duduk Bungkuk

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19/11/2019
Bagikan sekarang

Postur tubuh adalah cara Anda memposisikan tubuh Anda saat duduk, berdiri, tidur, atau berjalan. Postur tubuh yang buruk akan memberikan kontribusi negatif bagi kesehatan kita. Posisi buruk tersebut termasuk posisi duduk bungkuk yang sering dilakukan orang. Selain itu, posisi duduk memang baik jika sesekali dilakukan, namun jika dilakukan terlalu sering dan dalam jangka waktu yang panjang, maka ini dapat mempengaruhi kesehatan. Pada dasarnya, tubuh manusia dirancang untuk bergerak, bukan untuk duduk di kursi dalam waktu yang lama. Untuk melihat apa saja masalah kesehatan yang diakibatkan oleh duduk bungkuk, mari kita simak di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Efek duduk bungkuk terhadap kesehatan

1. Mengubah bentuk tulang belakang

Salah satu efek negatif yang paling menonjol jika Anda berdiri atau duduk bungkuk adalah adanya perubahan kurva tulang belakang. Tulang belakang manusia memiliki bentuk alami yang seharusnya di jaga dengan baik. Namun, jika Anda menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk berdiri atau duduk dengan posisi yang buruk, maka tulang belakang Anda akan mendapat banyak tekanan. Ini karena Anda menempatkan tulang belakang dalam posisi yang tidak wajar. Perubahan kurva tulang belakang tidak hanya dapat menyebabkan rasa sakit jangka panjang dan ketidaknyamanan, tapi juga dapat mencegah tulang belakang Anda menyerap goncangan dan menjaga keseimbangan dengan tepat.

2. Mengganggu pencernaan

Dengan mempertahankan posisi duduk bungkuk dalam jangka waktu yang panjang, organ pencernaan Anda menjadi tersumbat, sehingga mengurangi efisiensi dan fungsi normal pencernaan. Karena pencernaan bekerja dengan lambat, maka ini memicu sembelit dan ketidaknyamanan. Ini juga dapat menyebabkan masalah pernapasan, sesak di dada, dan tekanan darah tinggi. Anda harus mengamati dengan seksama mengenai postur Anda saat duduk dan berapa lama Anda melakukannya.

3. Menumpuk lemak

Lemak yang menumpuk diakibatkan oleh buruknya pencernaan. Dan ini sering disebabkan oleh duduk dalam jangka panjang. Sekelompok kondisi yang meliputi peningkatan tekanan darah juga menyebabkan kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, dan juga kadar kolesterol tak normal.

BACA JUGA: Kenapa Sit Up Tidak Bisa Menghilangkan Lemak Perut

4. Menyebabkan depresi

Posisi duduk yang buruk, termasuk posisi duduk bungkuk terbukti memiliki efek negatif pada suasana hati Anda. Dan lebih parahnya lagi, orang-orang yang duduk seperti itu dalam waktu yang lama juga berisiko tinggi untuk terkena depresi.

5. Memicu kelelahan

Ini adalah salah satu gejala yang paling umum dari postur tubuh yang buruk. Untuk menahan tubuh dalam posisi yang tidak seharusnya, tubuh membutuhkan banyak energi yang dapat mengurangi kapasitas pernapasan Anda sebanyak 30 persen. Ini adalah alasan mengapa kebanyakan orang yang duduk dalam jangka waktu yang lama, akan mengeluh kelelahan setelah bangun. Pencegahan dapat dilakukan dengan mengurangi duduk dan memperbanyak bergerak. Anda juga bisa mencoba berdiri sambil berbicara di telepon atau Anda bisa mencoba meregangkan diri setelah duduk dalam beberapa jam.

BACA JUGA: 9 Penyakit yang Membuat Anda Cepat Lelah

6. Memicu nyeri punggung kronis

Jika Anda menghabiskan cukup waktu dengan posisi tubuh yang buruk, maka Anda dapat mulai mengalami sakit punggung kronis dan degenerasi cakram sendi. Banyak orang yang melakukan posisi duduk bungkuk dalam waktu yang lama, mengalami nyeri punggung dari hari ke hari, tanpa mengetahui penyebabnya dengan jelas. Secara keseluruhan, postur tubuh yang buruk dapat berakibat lebih buruk dari apa yang Anda kira. Jadi, luangkan waktu untuk bagun dan bergerak di siang hari. Meluangkan waktu untuk melakukan hal ini tidak hanya dapat membantu Anda memiliki postur tubuh yang lebih baik, tapi juga mencegah Anda dari beberapa masalah kesehatan yang serius di kemudian hari.

7. Meningkatkan stres

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, postur duduk yang buruk dan terlalu lama dapat menyebabkan pernapasan buruk. Ini dapat mempengaruhi sistem saraf dan meningkatkan stres. Mempertahankan posisi duduk tegak dengan bahu lebar dan dada terbuka memungkinkan Anda untuk bernapas lebih mudah dan meningkatkan kadar hormon yang membuat Anda merasa lebih berenergi.

8. Meningkatkan kemungkinan masalah kardiovaskular

Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa seseorang yang duduk sepanjang hari dengan postur tubuh yang buruk dapat memiliki kesempatan peningkatan masalah kardiovaskular. Selain Anda akan mengalami tingkat harapan hidup yang lebih pendek, Anda juga akan mengalami peningkatan penyakit kardiovaskular sebanyak 147 persen.

BACA JUGA:

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Bolehkah Kita Donor Darah Saat Puasa? Apa Saja Risikonya?

    Donor darah sebaiknya dilakukan teratur. Tapi bagaimana jika jadwal donor darah Anda selanjutnya jatuh di bulan Ramadan? Bolehkah donor darah saat puasa?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hari Raya, Ramadan 02/05/2020

    4 Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

    Sakit kepala saat puasa tentu sangat mengganggu. Nah, kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Ini dia jawabannya!

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hari Raya, Ramadan 27/04/2020

    7 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

    Bau mulut adalah masalah yang umum terjadi selama puasa. Tenang saja, Anda bisa menghilangkan bau mulut saat puasa dengan cara alami berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Hari Raya, Ramadan 24/04/2020

    Menyiasati Jadwal Minum Obat saat Puasa Ramadan

    Puasa di bulan Ramadan wajib bagi umat muslim. Keharusan minum obat secara rutin bisa disiasati agar tetap bisa menjalankan puasa dengan tenang.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Hari Raya, Ramadan 19/04/2020

    Direkomendasikan untuk Anda

    sakit perut setelah buka puasa

    Kenapa Saya Sakit Perut Setelah Buka Puasa?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020
    maag saat puasa obat Omeprazole

    4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 07/05/2020
    cara mengatasi tangan sakit mengetik

    Tangan Sering Sakit Karena Terlalu Sering Mengetik? Berikut Cara Mengatasinya

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 06/05/2020
    tekanan darah tinggi saat puasa

    5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020