Teh Guayusa, Minuman Herbal yang Berkhasiat Menambah Energi Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 06/06/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Guayusa merupakan salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan di Amerika Selatan, khususnya negara Ekuador. Tanaman ini sering digunakan untuk minuman teh yang diminum sehari-hari yang katanya punya banyak khasiat bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat teh guayusa bagi kesehatan? Apa benar boleh dikonsumsi setiap hari?

Kandungan dalam manfaat teh guayusa

Guayusa disebut-sebut sebagai tanaman sumber utama antioksidan, vitamin, dan asam amino. Selain itu, manfaat teh guayusa juga dirasakan karena mengandung bahan kimia seperti theobromine yang ada di dalam kafein. Zat ini juga ditemukan dalam coklat dan dianggap bisa menghasilkan efek mood atau suasana hati agar lebih ceria.

Pasalnya, selama beberapa tahun terakhir, produk teh guayusa  mulai bermunculan di toko makanan alami dan di kafe-kafe di banyak daerah di Amerika Serikat. Namun di Ekuador, penduduk setempat telah lama menggunakan manfaat teh guayusa untuk meningkatkan fokus mereka agar tidak ngantuk saat bekerja. Bahkan, suku-suku asli tertentu menyebut guayusa sebagai “penjaga malam” , karena manfaat teh guayusa yang bisa membantu orang tetap terjaga sepanjang malam.

Meskipun mungkin paling sering digunakan sebagai minuman pembangkit energi, teh guayusa juga dikatakan menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Misalnya, beberapa pendukung menyarankan bahwa dengan menghirup guayusa secara teratur dapat mengurangi risiko Anda terkena diabetes dan penyakit jantung. Lalu, manfaat teh guayusa juga digadang-gadang dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat teh guayusa tersebut ditemukan pada jurnal Diabetes Research pada tahun 1989. Dalam penelitian ini para ilmuwan menguji efek dari 12 jenis ekstrak tumbuhan pada tikus diabetes. Hasil penelitian didapat dan menunjukkan bahwa pengobatan dengan ekstrak guayusa membantu mengatur kadar gula darah serta mengurangi berat badan pada tikus yang terkena diabetes.

Namun teh guayusa juga memiliki efek samping

Banyak klaim yang mengatakan bahwa teh guayusa tidak memiliki efek samping yang sama seperti mengonsumsi kafein. Namun Anda perlu tahu, bahwa tidak semua jenis produk herbal yang ada kandungan kafeinnya baik untuk Anda

Jika Anda mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak, ini dapat memperburuk kondisi Anda dengan muncul gejala kecemasan, insomnia, menyebabkan dehidrasi, sakit kepala, dan bahkan bikin irama jantung yang tidak normal.

Terlebih lagi, National Institutes of Health (NIH) memperingatkan, bahwa wanita hamil dan menyusui harus membatasi penggunaan kafein mereka. NIH juga memperingatkan,  obat-obatan dan suplemen tertentu dapat berinteraksi dengan zat kafein, tak terkecuali juga seperti guayusa.

Lalu, apa teh guayusa bisa menjadi sumber kafein yang baik?

Banyak orang yang sering menyebut bahwa manfaat teh guayusa sama dengan manfaat lebih kopi, namun dalam kadar yang lebih sehat dan aman. Padahal, tidak juga demikian.

Beberapa orang juga menganggap bahwa guayusa sevaga suber kafein tanpa efek samping yang menawarkan cadangan energi seimbang dengan cara melepas zat kafein sekaligus mencegah efek samping buruk terjadi.

Namun sayang, penjelasan tersebut belum didukung oleh bukti ilmiah yang cukup. Walaupun, kafein dalam kandungan teh guayusa sering dikatakan sebanding dengan 1 cangkir kopi, bukan berarti teh guayusa aman digunakan dengan sebebas mungkin.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kafein, silakan Anda gunakan bahan alami lain yang dapat memberikan Anda energi macam guayusa. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengonsumSi teh klasik seperti teh hitam, teh hijau, teh putih, dan teh oolong. Beda seperti guayusa, teh klasik tersebut lebih aman, sehat dan dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kesehatan jantung.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Lemak Paha Anda Sulit Dihilangkan? Ini Penyebabnya

Tahukah Anda bahwa lemak paha adalah lemak yang sulit dihilangkan dibandingkan dengan lemak yang ada di bagian tubuh lain? Lalu apa penyebabnya?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 30/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Tips Lari di Luar Ruangan saat Masa New Normal

Gemar berlari sebagai olahraga utama? Cek ragam tips meminimalisasi risiko terserang penyakit saat lari di luar ruang di masa new normal, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Keluar Rumah di Masa New Normal

Ada beragam persiapan yang perlu dibawa saat beraktivitas di luar ruangan pada masa New Normal. Cari tahu daftar perlengkapan yang perlu disediakan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
persiapan saat new normal
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Lindungi Diri Jalankan Hobi di Luar Ruang saat Adaptasi Kebiasaan Baru

PSBB memang mulai longgar, tetapi tetap ikuti tips lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari COVID-19, Sobat Sehat!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
lindungi diri di adaptasi kebiasaan baru
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

nafsu seks

Nafsu Seks Siapa yang Lebih Besar? Pria atau Wanita?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
mengatasi rambut kering

5 Ramuan Alami Terbaik untuk Mengatasi Rambut Kering

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
menghadapi kecemasan di new normal

Tips Menghadapi Kecemasan Kembali Beraktivitas di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 03/08/2020 . Waktu baca 5 menit
nutrisi untuk mencegah covid

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30/07/2020 . Waktu baca 9 menit