Mencegah Multiple Sclerosis Dengan Makan Ikan Setiap Minggu

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Ikan adalah sumber protein yang baik. Kandungan protein di dalamnya dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit, seperti multiple sclerosis. Namun, benarkah banyak makan ikan bisa mencegah penyakit tersebut? Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Banyak makan ikan bisa cegah multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi salah menyerang myelin atau lapisan yang melindungi sel-sel saraf dari zat asing.

Kondisi ini sering ditandai dengan kelelahan melemahnya otot, penglihatan terganggu, kesulitan dalam menjaga keseimbangan dan koordinasi. Penyebab dan obatnya hingga saat ini belum ditemukan secara pasti. Namun, perawatan akan difokuskan untuk mengurangi terjadinya gejala.

Ikan memiliki asam lemak tak jenuh ganda yang dikenal dengan omega 3, yang telah terbukti bersifat neuroprotektif atau menjaga kesehatan dan fungsi saraf).

Asam lemak omega 3 juga memiliki kemampuan untuk mencegah peradangan sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, sifat antiperadangannya juga diyakini untuk menurunkan risiko multiple sclerosis.

Dilansir dari Medical News Today, Dr. Annete Langer Gould, M.D, PhD, anggota America Academy of Neurology, menyelidiki hubungan antara asupan tinggi omega 3 dari ikan dan suplemen minyak ikan dengan risiko penyakit multiple sclerosis. Penelitian dilakukan pada 1.153 orang berusia rata-rata 36 tahun yang telah didiagnosis memiliki MS.

Dalam penelitian diketahui bahwa peserta yang makan ikan setidaknya satu porsi dalam seminggu, memiliki risiko multiple sclerosis yang lebih rendah ketimbang yang tidak makan ikan sama sekali. Para ahli juga menyebutkan bahwa suplemen minyak ikan dapat diandalkan untuk mencegah multiple sclerosis terjadi.

Hanya jenis ikan tertentu saja yang dapat mengurangi risiko penyakit ini

Sayangnya tidak semua ikan bisa telah diteliti dan terbukti dapat mengurangi risiko multiple sclerosis. Hanya ikan-ikan tertentu yang memang memiliki kandungan omega 3. Berikut jenis ikan dan makanan laut yang memiliki kandungan omega 3, seperti:

  • Makerel. Ikan ini mirip seperti tuna, namun dalam bentuk yang lebih kecil. Dalam 100 gram ikan makerel mengandung 5.134 omega 3 dan menyediakan vitamin B12 dan selenium.
  • Salmon. Ikan yang mengandung protein kualitas tinggi termasuk magnesium, kalium, selenium, dan vitamin B. Dalam 100 gram ikan salmon mengandung 226o mg omega 3.
  • Kerang. Makanan laut ini mengandung banyak zink di antara semua jenis makanan. Dalam 100 gram kerang mentah mengandung 672 mg omega 3 dan tembaga serta vitamin B12.
  • Sarden. Ikan ini sering ditemukan dalam bentuk makanan kaleng. Dalam 100 gram iakn sarden mengandung 1480 mg omega 3, vitamin B12, selenium, dan vitamin D.
  • Ikan teri kecil. Ikan ini mengandung selenium, niasin, dan kalsium. Dalam 100 gram ikan teri mengandung 2.113 mg omega 3.

Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa ikan yang di atas kemungkinan mengandung tinggi merkuri, contohnya ikan salmon atau tuna. Lagipula, masih dibutuhkan penelitian  lanjutan untuk mengetahui efek dan risiko yang ditimbulkan pada orang dengan multiple sclerosis.

Sumber omega 3 bisa juga ditemukan pada beberapa makanan lain, bukan hanya pada ikan atau makanan laut saja, seperti walnut, biji rami, bayam, kacang kedelai dan lain-lain.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca