Saat seharian penuh melakukan aktivitas dan kurang tidur, tubuh bisa kelelahan. Sebagian orang mungkin akan memilih tidur agar tubuh kembali bugar. Namun, ada juga yang malah melampiaskan rasa lelah dengan banyak makan. Jika Anda berada pada situasi ini, bagaimana cara menghentikannya? Simak cara menghentikan makan berlebihan saat tubuh kelelahan berikut ini.

Kenapa Anda ingin makan terus saat tubuh lelah?

Kelelahan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Umumnya karena Anda tidak cukup tidur. Kondisi ini bisa membuat Anda malas, mengantuk, dan tidak produktif.

Tak hanya itu, bisa jadi Anda juga akan memiliki nafsu makan yang berlebihan saat kelelahan.

“Aduh, kayaknya enak makan soto, deh….”

“Makan biskuit ini juga enak.”

Sampai akhirnya, “Tapi, ini, ini, dan itu juga lezat….”

Mengapa hal ini bisa terjadi? Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kondisi tubuh yang lelah dengan nafsu makan.

Kelelahan yang disebabkan kurang tidur bisa memengaruhi kadar hormon leptin dan ghrelin. Hormon ghrelin akan meningkat dan leptin akan menurun.

Hormon ghrelin adalah hormon yang meningkatkan nafsu makan. Sementara hormon leptin adalah hormon yang bekerja sebaliknya, yaitu menekan nafsu makan.

Jika kadar ghrelin tinggi, Anda akan terus makan sehingga asupannya jadi berlebihan. Itulah sebabnya saat tubuh kelelahan Anda cenderung bisa makan berlebihan (overeating).

Cara menghentikan makan berlebihan saat kelelahan

mengatasi kecanduan makanan

Makan berlebihan saat kelelahan, tentu tidak akan baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya membuat perut sakit dan tidak nyaman, dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan obesitas.

Untuk menghentikan overeating saat tubuh lelah, Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Turuti keinginan tapi tetap kendalikan

Kelelahan biasanya membuat badan lemas. Kondisi ini kadang mendorong Anda untuk ngemil.

Boleh saja makan satu atau dua potong kecil bolu cokelat sebagai penambah energi. Namun ingat, porsinya jangan terlalu banyak.

Jangan pula memusatkan pikiran Anda dengan berbagai makanan yang rasanya enak. Ini akan membuat Anda semakin ngidam untuk makan ini dan itu.

2. Nikmati apa yang Anda makan

Supaya tidak kebanyakan makan saat lelah, Anda harus makan dengan tenang dan perlahan. Coba fokuskan tubuh dan otak untuk menikmati setiap gigitan makanan yang masuk ke mulut Anda.

Selain mengurangi keinginan untuk makan yang lain, cara ini juga bisa membuat Anda lebih memerhatikan porsi makanan. Setidaknya, ini akan membuat Anda sadar untuk tidak mengikuti nafsu makan lebih banyak.

3. Coba alihkan pikiran Anda dari makanan

Untuk menghentikan makan berlebihan saat kelelahan yang tiada henti ini, Anda perlu mengalihkan pikiran. Caranya mudah, Anda hanya perlu menenangkan pikiran Anda.

Menenangkan pikiran bisa membuat tubuh dan otak Anda jadi rileks. Tubuh Anda yang saat ini sedang kelelahan sebenarnya lebih membutuhkan waktu luang untuk beristirahat ketimbang mengunyah ini dan itu.

Cobalah untuk menarik napas panjang dan kemudian keluarkan secara perlahan. Lakukan latihan pernapasan ini setidaknya lima menit.

Bila pikiran sudah lebih tenang, Anda akan lebih berpikir jernih. Hal ini bisa membantu Anda mempertimbangkan dampak negatif yang dapat terjadi akibat makan berlebihan saat kelelahan.

4. Perbaiki tidur Anda

Selain meningkatkan pengendalian diri agar tidak makan berlebihan saat kelelahan, Anda juga perlu memperbaiki pola tidur.

Tidur yang cukup bisa membantu mengatasi kelelahan sehingga mencegah Anda menginginkan makan ini dan itu.

Cobalah untuk tidur lebih awal dan tidak melakukan berbagai hal yang bisa mengganggu tidur, seperti baca buku atau main ponsel sebelum tidur.

Supaya lebih nyenyak, posisikan bantal dan tubuh Anda senyaman mungkin. Jika tetap kesulitan untuk tidur, jangan sungkan untuk berkonsultasi pada dokter.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca