Mungkin Anda sering dilema dan bingung, apakah harus mencuci bra yang dipakai hari ini ataukah tetap menggunakannya beberapa kali lagi. Toh bra tidak secara langsung tampak dari luar, karena masih dilapisi oleh pakaian yang Anda kenakan. Sebenarnya, kapan bra dinyatakan kotor dan sudah harus masuk ke dalam keranjang baju siap cuci?

Kapan sebaiknya harus mencuci bra?

memakai bra

Meski tertutup dipakai di dalam baju, bukan berarti Anda bisa meremehkan cara memilih, menyimpan, hingga merawat bra yang Anda miliki. Termasuk berapa kali harus mencuci bra setiap selesai dikenakan.

Pasalnya, bra punya fungsi penting untuk memberi bentuk sekaligus menopang payudara. Perubahan struktur maupun bentuk bra karena salah cara merawat dan menyimpannya bisa mengurangi tingkat kenyamanan bra saat dipakai. Apalagi bila Anda memakai bra yang belum dicuci selama beberapa hari, padahal telah lama digunakan.

Sebenarnya tidak ada aturan pasti yang mengatur berapa kali Anda harus mencuci bra. Namun, Josh Zeichner, M.D., seorang spesialis kulit di Mount Sinai Hospital New York, menjelaskan bahwa idealnya bra harus dicuci setelah dua atau tiga kali pemakaian.

Berbeda dengan pendapat yang diutarakan oleh Jené Luciani, seorang penulis buku The Bra Book: The Fashion Formula to Finding the Perfect Bra. Luciani justru menyarankan untuk mencuci bra setiap kali selesai dipakai. Dengan kata lain, Anda harus langsung mencucinya setelah selesai digunakan, walaupun baru satu kali pemakaian.

Memang, apa bahayanya kalau bra sudah terlalu lama tidak dicuci?

perubahan puting payudara

Bra yang telah dipakai, entah sekali, dua kali, atau lebih , tentunya sudah ditumpuki oleh banyak kotoran, keringat, hingga bakteri. Memang, terkadang bra terlihat masih bersih meskipun telah digunakan beberapa kali.

Faktanya dalam sehari, seseorang bisa menghasilkan sekitar 1 liter keringat, 10 gram sel kulit mati, serta 40 gram minyak setiap harinya, dituturkan oleh Mary Begovic Johnson, seorang spesialis kulit di Ohio, Amerika Serikat.

Nah, bayangkan bagaimana jadinya kalau semua bahan alami yang diproduksi oleh tubuh ini, menembus masuk ke dalam bra hingga kemudian mengendap di dalamnya. Itulah mengapa Anda sangat dianjurkan untuk rutin mencuci bra setelah 1-3 kali pemakaian. Sebab jika bra dipakai terus terlalu lama, bukan tidak mungkin bahwa akan ada banyak bakteri ataupun jamur yang berkembang di dalamnya.

Terlebih karena bra bersentuhan langsung dengan kulit tubuh sehingga hawa panas dan lembab dari produksi keringat akan semakin meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme ini. Anda tentu tidak ingin mengenakan pakaian dalam yang kotor dan mengandung banyak bakteri, bukan?

Malas mengganti atau mencuci bra kotor memang tidak serta-merta membawa Anda pada penyakit berbahaya. Hanya saja, Anda mungkin lebih rentan terkena beragam masalah kulit. Iritasi, gatal, kemerahan, infeksi jamur, hingga infeksi bakteri sebagai contohnya.

Yang harus diperhatikan sebelum mencuci bra

mencuci bra seberapa sering

Anda memang lebih disarankan untuk memasukkan bra ke dalam bak cucian setidaknya setelah 1-3 kali digunakan. Meski begitu, ternyata terlalu sering mencucinya juga berisiko merusak elastisitas dan struktur bra itu sendiri, ujar Lexie Sachs, selaku analis produk di Good Housekeeping Institute Textiles Lab.

Intinya, keputusan ini kembali lagi pada diri Anda. Pertimbangkan seberapa padat aktivitas yang Anda jalani, serta banyak atau sedikitnya keringat yang dihasilkan tubuh pada hari itu.

Jika memang Anda rasa setelah satu kali pemakaian bra sudah kotor karena aktivitas hari itu cukup padat, jangan menunda-nunda untuk memasukkannya ke dalam bak cucian.

Namun, jika aktivitas Anda tidak begitu padat, Anda bisa menggunakannya sampai 3 kali supaya bentuk bra tidak berubah.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca