5 Manfaat Nutritional Yeast, Penyedap Rasa dari Jamur yang Menyehatkan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 05/03/2018 . 5 menit baca
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah mendengar nutritional yeast alias kaldu jamur? Mungkin bagi sebagian orang nama ini masih terdengar asing. Nutritional yeast adalah produk campuran untuk makanan yang berbentuk seperti bubuk dengan bulir yang kasar. Produk ini digadang-gadang bisa menggantikan posisi MSG karena rasa gurih umaminya yang tak kalah dengan MSG. Hebatnya lagi, ternyata nutritional yeast memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Simak ulasan manfaat nutritional yeast di bawah ini.

Sekilas tentang nutritional yeast (kaldu jamur)

Nutritional yeast merupakan bentuk ekstrak ragi dari jamur Saccharomyces cerevisiae. Untuk menghasilkan ekstrak ragi jamur, Saccharomyces cerevisiae ditanam selama beberapa hari di media yang kaya gula, contohnya dalam tetesan tebu. Ragi kemudian dipanaskan, dipanen, dicuci, dikeringkan, dihancurkan, dan dikemas untuk didistribusikan di toko-toko. Inilah mengapa produk ini juga sering disebut penyedap jamur atau kaldu jamur.

Nutritional yeast juga merupakan produk campuran makanan yang sering digunakan para vegan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan juga sebagai penikmat rasa makanan. Kaldu jamur yang digunakan per hari biasanya sebanyak 1-2 sendok makan.

Nutritional yeast atau kaldu jamur sering digunakan dalam campuran makanan, contohnya:

  • Ditaburi di atas popcorn atau pasta
  • Dicampur dalam sup sehingga membuat munculnya rasa umami
  • Sebagai perasa kejunya para vegan
  • Dicampur dalam masakan apapun sebagai penyedap rasa

Apa saja manfaat kaldu jamur bagi kesehatan?

1. Penuh zat gizi penting untuk tubuh

Kaldu jamur mengandung 9 jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga sangat bergantung dengan asupan makanan sehari-hari yang mengandung asam amino esensial ini.

Dilansir dalam laman USDA, departemen pertanian Amerika Serikat, satu sendok makan kaldu jamur mengandung 2 gram protein. Nutrional yeast ini salah satu produk yang bisa membantu para vegan memenuhi kebutuhan proteinnya dengan mudah.

Selain itu, kaldu jamur mengandung banyak vitamin B. Apalagi pada jenis nutritional yeast yang diperkaya vitamin  B1, B2, B3, B6, dan B12. Nutritional yeast juga mengandung banyak mineral seperti zinc, selenium, dan mangan.

Tiap merek kaldu jamur mengandung jumlah vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Anda bisa membaca informasi gizinya terlebih dahulu untuk membandingkan jumlah vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

2. Mencegah kekurangan vitamin B12 

Bagi orang yang tidak mengonsumsi sumber makanan hewani (vegetarian dan vegan) biasanya akan rentan mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin B12. Vitamin B12 dibutuhkan untuk menjaga sistem saraf, produksi DNA, metabolisme energi dan pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 hanya ditemukan secara alami pada produk hewani, sehingga vegan harus menyiasati pola makan mereka agar tidak mengalami kekurangan vitamin B12.

Suatu penelitian yang melibatkan 49 vegan menemukan bahwa mengonsumsi satu sendok makan nutritional yeast yang diperkaya zat gizi setiap hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12.

Dalam penelitian ini, satu sendok makan nutritional yest yang mengandung 5 μg (mikrogram) vitamin B12, yang dua kali lipat lebih banyak jumlahnya dari yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

3. Kaya antioksidan

Setiap hari, tubuh terpapar radikal bebas yang berpotensi menimbulkan kerusakan sel di dalam tubuh. Antioksidan dari makanan membantu melawan kerusakan ini dengan cara mengikat radikal bebas agar tak diserap tubuh.

Kaldu jamur mengandung antioksidan kuat yakni glutathione dan selenomethioine. Antioksidan tersebut melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan logam berat, serta membantu tubuh menghilangkan racun.

Mengonsumsi nutritional yeast memberikan pertahanan diri juga terhadap terjadinya penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kaldu jamur mengandung alfa-mannan dan beta-glukan, yang menurut penelitian dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Serat beta glukan yang ditemukan dalam nutritional yeast membantu mempertahankan pertahanan tubuh terhadap bibit penyakit.

Dilansir dalam laman Nutrition Facts, risiko kambuhnya salah satu penyakit infeksi seperti flu bisa berkurang hingga 25 persen pada mereka yang mengonsumsi sekitar satu sendok makan nutritional yeast per hari. Bahkan, setengah sendok makan nutritional yeast per hari pun tetap dapat menurunkan kejadian flu dan mengurangi gejala yang terjadi berdasarkan penelitian.

5. Membantu menurunkan kolesterol

Dilansir dari laman Healthline , beta glukan yang ada di dalam kaldu jamur juga dapat menurunkan kolesterol darah. Penelitian menunjukan, sekumpulan responden laki-laki dengan kolesterol tinggi mengonsumsi 15 gram beta-glucan dari ragi setiap hari  selama 8 minggu dapat menurunkan total kolesterol hingga 6 persen.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat Minyak Bunga Kamboja, Minyak Esensial dengan Wangi yang Menenangkan

Minyak bunga kamboja mungkin tidak sepopuler minyak esensial lainnya. Padahal, minyak bunga kamboja memiliki beragam manfaat. Berikut contohnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 06/01/2020 . 3 menit baca

Psst, Tidur Minimal 7 Jam Semalam Bikin Kekebalan Tubuh Lebih Kuat!

Tahukah Anda tidur itu bisa pengaruhi kemampuan tubuh dalam melawan penyakit? Nyatanya, tidur yang cukup punya manfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 12/09/2019 . 4 menit baca

Mengenal Susu Organik, Sumber Antioksidan yang Kaya Manfaat Bagi Anak

Antioksidan adalah senyawa penting pada makanan dan minuman harian, termasuk susu sapi organik. Apa manfaat antioksidan pada susu organik ini untuk anak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 25/07/2019 . 4 menit baca

5 Jenis Sayur Terbaik untuk Anak yang Wajib Ibu Tahu

Beberapa jenis sayur dinilai terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak karena mengandung nutrisi yang paling dibutuhkan dalam proses tersebut.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Serat Anak, Parenting, Nutrisi Anak 07/07/2019 . 4 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

meningkatkan kekebalan tubuh meningkatkan daya tahan tubuh

4 Cara Alami Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020 . 4 menit baca
manfaat jus jambu biji

3 Kandungan Jambu Biji yang Ampuh Menjaga Imun Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 07/04/2020 . 4 menit baca
manfaat labu air

Tak Hanya Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Labu Air Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 21/02/2020 . 4 menit baca
cara membersihkan paru-paru perokok

5 Cara Mudah dan Efektif untuk Membersihkan Paru-Paru Perokok

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 24/01/2020 . 5 menit baca