Susah Tidur? Coba 3 Herbal Ini untuk Membantu Tidur Lebih Baik

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Beberapa orang mungkin sangat mudah untuk tertidur di manapun, sampai-sampai ada sebutan “nempel-molor”. Namun, tak sedikit juga dari Anda yang mungkin mengalami kesulitan untuk tidur, padahal besok harus bangun pagi untuk memulai aktivitas kembali. Berbagai cara mungkin sudah Anda lakukan untuk bisa cepat tidur, seperti olahraga terlebih dahulu, baca buku, dan lainnya. Tapi, sudahkah Anda mencoba menggunakan herbal untuk membantu tidur lebih baik?

Jenis herbal untuk membantu tidur lebih baik

Sulit tidur biasanya disebabkan oleh kegelisahan atau kecemasan. Perasaan tidak tenang ini membuat tubuh sulit untuk memberi sinyal pada otak bahwa ini sudah waktunya tidur. Untuk itu, Anda mungkin butuh hal-hal yang bisa membuat Anda lebih tenang untuk bisa tertidur. Salah satunya, Anda bisa mendapatkannya dari herbal.

Berikut ini merupakan beberapa herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat tidur lebih baik. Daripada Anda mencoba untuk mengonsumsi obat tidur yang mungkin akan menimbulkan efek samping bagi Anda, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan herbal ini terlebih dahulu.

1. Chamomile

Chamomile, yang biasa tersedia dalam bentuk teh chamomile, merupakan herbal yang dapat membantu Anda tidur lebih baik. Selain itu, herbal ini juga dapat membantu mengurangi ketegangan otot, menenangkan pencernaan, dan mengurangi kecemasan. Chamomile juga memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri, sehingga herbal ini juga banyak digunakan untuk membantu mengurangi masalah kesehatan lainnya, seperti masalah pencernaan.

2. Valerian

Valerian (Valeriana officinalis) merupakan herbal yang telah dipercaya sejak zaman dahulu untuk meringankan insomnia. Herbal ini bisa dimanfaatkan untuk membantu tidur dengan cara diseduh sebagai teh atau diminum sebagai suplemen. Walau beberapa penelitian menemukan bahwa valerian dapat meningkatkan kedalaman tidur, kecepatan untuk bisa tidur, dan meningkatkan kualitas tidur, namun keefektifan valerian sebagai herbal yang membantu tidur sebenarnya belum terbukti.

Para peneliti memperkirakan bahwa valerian dapat memengaruhi kadar salah satu neurotransmiter yang membuat tenang, yaitu asam gamma aminobutirat (GABA). Sehingga, valerian dapat membuat tidur Anda lebih baik. Saat Anda menggunakan valerian, sebaiknya tidak menggabungkannya dengan suplemen atau obat lain untuk membantu tidur.

3. Lavender

Lavender terkenal sebagai aromaterapi yang dapat memberikan Anda ketenangan. Selain itu, lavender juga dapat membantu Anda mendapatkan tidur lebih baik. Anda bisa menggunakan pengharum ruangan lavender sebelum tidur atau cuci bantal dan selimut Anda dengan pewangi lavender untuk bisa menikmati wewangian lavender saat Anda tidur. Lavender juga aman dipakai dan tidak beracun.

Apakah herbal tersebut efektif untuk membantu tidur?

Walaupun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa herbal-herbal tersebut efektif dalam membantu Anda tertidur, namun bukan berarti herbal tersebut tidak dapat membantu Anda untuk tidur. Seperti yang dikatakan oleh Lisa Shives, spesialis tidur dari American Academy of Sleep Medicine, dikutip dari WebMD.

Beberapa orang mungkin merasa terbantu dengan menggunakan herbal tersebut sebelum tidur. Namun, beberapa orang lainnya mungkin tidak merasakan efek apapun. Efek herbal mungkin akan berbeda bagi tiap orang. Tapi, tidak ada salahnya Anda mencoba, dengan begitu Anda bisa menemukan cara yang tepat bagi Anda untuk bisa tidur lebih baik.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Mei 25, 2017 | Terakhir Diedit: Mei 22, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca