Ketombe sepertinya jadi keluhan umum banyak orang. Serpihan putih yang mengotori rambut dan sering jatuh ke bahu ini, tentu membuat seseorang jadi minder. Sebenarnya, siapa saja yang berisiko dengan rambut berketombe? Apakah Anda salah satunya yang rentan dengan kondisi ini? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Orang-orang yang berisiko memiliki rambut berketombe

Setiap sel kulit akan mati dan berganti dengan sel kulit yang baru, termasuk pada kulit kepala Anda. Sayangnya, pertumbuhan sel kulit terjadi lebih cepat, menumpuk di sela-sela rambut, dan membentuk serpihan yang disebut ketombe.

Pertumbuhan sel kulit kepala yang abnormal tersebut salah satunya dapat disebabkan oleh jamur Pityrosporum orbiculare . Jamur ini memang ada pada rambut setiap orang, namun bisa tumbuh tanpa kendali dan menyebabkan rambut berketombe.

Walaupun umum terjadi, ketombean biasanya sangat rentan terjadi pada orang-orang seperti berikut ini:

1. Anda sensitif dengan jamur

masker rambut kering

Pada tubuh Anda ada bakteri dan jamur yang menempel, hanya saja jumlahnya tidak banyak sehingga tidak mengganggu kesehatan Anda.

Sayangnya, ada beberapa orang yang sensitif dengan jamur dan juga memiliki kondisi kulit kepalayang berminyak. Kondisi tersebut membuat jamur tumbuh subur sehingga rentan dengan masalah ketombe pada rambut.

2. Jarang membersihkan rambut

kutu rambut susah hilang

Jarang keramas bukan penyebab ketombe. Namun, bisa membuat minyak yang dihasilkan kulit kepala terus menumpuk. Bukan itu saja, keringat juga membuat kondisi rambut jadi lembap.

Jika Anda jarang keramas untuk membersihkan “sampah”¬† pada rambut, tentu jadi sangat kotor, bukan? Nah, kondisi rambut seperti ini yang sangat disukai oleh jamur-jamur penyebab ketombe. Jadi, Anda yang malas membersihkan rambut, risiko ketombe jadi makin meningkat.

3. Pakai produk rambut yang berlebihan

pomade rambut

Rambut tertata rapi memang menunjang penampilan Anda. Untuk membantu menata rambut, Anda mungkin memilih menggunakan pomade atau minyak rambut.

Bukan hanya menimbulkan jerawat di sekitar garis rambut, tambahan minyak dari produk rambut yang berlebihan bisa membuat jamur berkembang biak lebih aktif. Lambat laun, rambut bisa berketombe jika kebiasaan ini terus Anda lakukan.

4. Stres dan makan sembarangan

stres mengakibatkan psoriasis

Ketombe bisa muncul, bukan hanya faktor dari luar tubuh saja. Stres dan sering makan makanan berlemak dan berminyak, bisa meningkatkan risiko rambut berketombe.

Apalagi jika Anda jarang keramas dan keliru menggunakan produk perawatan rambut. Minyak yang berlebihan dan stres membuat ketombe jadi semakin parah; semakin gatal dan bertambah banyak jumlahnya.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca