Agar Tidak Sakit Saat Traveling, Catat 7 Kunci Sehat dan Bugar Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Saat Anda berencana melakukan perjalanan singkat atau dalam waktu yang lama, bukan hanya tempat rekreasi selama traveling yang harus Anda pikirkan. Kesehatan Anda harus tetap jadi prioritas nomor satu. Jangan sampai momen menyenangkan ini malah terganggu akibat kondisi Anda yang kurang sehat. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui tips-tips mencegah sakit saat traveling. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Menjaga kesehatan supaya tidak sakit saat traveling

1. Biasakan untuk selalu mencuci tangan

Cuci tangan merupakan salah satu hal penting yang dapat dengan mudah dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatan. Selama traveling Anda akan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, entah sudah berapa banyak hal yang Anda sentuh dan membuat kuman serta bibit penyakit menempel pada tangan Anda.

Cuci tangan dapat membunuh dan mengurangi kotoran yang hinggap pada tangan Anda. Terutama sebelum Anda makan atau minum. Biasakan juga untuk selalu mencuci tangan sesuai langkah yang tepat guna memaksimalkan kebersihan tangan.

Dr. Tieno dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan penggunaan pembersih tangan antiseptik sebagai alternatif jika tidak menemukan sabun dan air. Setidaknya jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan, Anda tidak dianjurkan untuk menyentuh daerah wajah. Hal ini bertujuan supaya kuman tidak masuk melalui mata, hidung, atau mulut.

2. Jangan lupa konsumsi vitamin

Salah satu cara untuk mencegah sakit saat traveling yaitu dengan rutin mengonsumsi vitamin. Pasalnya, tidak sedikit kegiatan yang Anda lakukan saat traveling sehingga kemungkinan Anda untuk terserang berbagai penyakit saat kondisi badan melemah semakin meningkat. Dengan rutin mengonsumsi vitamin, diharapkan daya tahan tubuh Anda bisa lebih terjaga.

Vitamin bisa didapatkan dari sumber makanan alami seperti buah dan sayur. Akan tetapi, bila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau hendak bepergian ke tempat yang minim akses kesehatan atau makanan sehat, tak ada salahnya minta suplemen vitamin ke dokter Anda sebelum berangkat.

3. Tidur yang cukup

Meskipun sedang seru jalan-jalan, penting bagi Anda untuk tetap mematuhi aturan tidur yang baik. Beberapa situasi bisa bikin jadwal tidur Anda berantakan. Mulai dari jadwal perjalanan yang padat, hotel atau tempat penginapan yang kurang nyaman, atau tidak bisa tidur karena tubuh terlalu lelah.

Namun, tetap pastikan Anda mendapat kesempatan tidur yang cukup. Jika tidak, hal ini akan memengaruhi kondisi kesehatan Anda.

4. Hati-hati dalam memilih makanan dan minuman

Berjalan-jalan mengunjungi berbagai tempat, memberi kesempatan Anda menemukan makanan baru yang menarik hati. Eits, tunggu dulu. Sebaiknya Anda memilah kembali makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi.

Setiap tempat-tempat baru pasti memiliki bermacam-macam makanan khas, tugas Anda adalah mencari tahu kandungan makanan atau minuman tersebut dan sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Terlebih jika Anda memiliki alergi terhadap suatu jenis bahan makanan atau minuman.

5. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh Anda saat traveling. Faktor perbedaan cuaca dan tingkat aktivitas Anda selama traveling juga perlu menjadi pertimbangan banyaknya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila Anda lebih banyak jalan kaki, bergerak, dan beraktivitas saat liburan, tingkatkan konsumsi cairan, lebih dari biasanya. 

6. Minum air kemasan bisa menjadi pilihan

Ketika Anda melakukan perjalanan ke luar negeri, sebagian besar masyarakat di sana melepas dahaga dengan minum air dari keran. Namun, jangan telan hal ini mentah-mentah. Bila Anda tidak yakin dengan kebersihan sumber air di sana atau daerah yang Anda kunjungi memiliki sanitasi yang kurang baik, minum air kemasan bisa menjadi pilihan.

Sebenarnya Anda boleh saja mencoba mencicipi rasa air yang langsung dari keran, tapi sebaiknya jangan terlalu sering. Dilansir dari Travel US News, ada dua kemungkinan yang dapat menyebabkan Anda sakit karena mengonsumsi air keran.

Pertama, air dari keran tersebut memang terkontaminasi oleh bakteri, virus, maupun bibit penyakit lainnya. Kedua, ada bakteri baik dalam tubuh Anda yang tidak terbiasa dengan sumber air ini. Mungkin kasusnya akan berbeda bila dibandingkan dengan masyarakat di daerah tersebut yang sudah terbiasa minum dari air keran. Maka dari itu, lebih dianjurkan untuk minum air kemasan guna menghindari terjadinya masalah kesehatan.

7. Selalu sediakan obat-obatan

Yang terakhir tapi tidak boleh dilupakan adalah selalu sedia obat-obatan selama traveling. Pasalnya, Anda tidak pernah tahu kapan hal-hal terburuk akan terjadi pada diri Anda. Dengan selalu menyediakan peralatan P3K beserta obat-obat yang Anda butuhkan, akan meminimalisir kemungkinan Anda jatuh sakit saat traveling.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca